Momen Presiden Jokowi Jadi Pasoepati, Imajinasi Publik Suporter seusai Pilpres 2024
Kaesang Unggah Foto Bareng Ayah dan Kader PSI, Publik: Kakak Tertua, Ipar dan Paman Gak Diajak? [Instagram Kaesang]
18:00
15 Februari 2024

Momen Presiden Jokowi Jadi Pasoepati, Imajinasi Publik Suporter seusai Pilpres 2024

Penyelenggaraan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 turut memunculkan deretan guyonan yang menarik berkaitan nasib Presiden Joko Widodo alias Jokowi selepas mengakhiri masa jabatannya.

Pasalnya, momen ini sekaligus melambungkan imajinasi publik mengenai masa depan Presiden Jokowi yang bakal menjadi warga negara biasa. Dia bahkan diasosiasikan dengan kelompok suporter pendukung Persis Solo.

Imajinasi publik ini tak terlepas dari pernyataan Presiden Jokowi soal rencananya setelah meninggalkan kursi RI 1 pada tahun ini. Momen itu disampaikan Jokowi setelah menuntaskan tugasnya.

Saat diwawancarai jurnalis The Economist, Jokowi mengatakan bahwa dirinya memilih memutuskan untuk pulang kampung ke Kota Solo dan menghabiskan waktunya sebagai aktivis lingkungan.

“Saya akan kembali ke kota Saya, Solo, sebagai rakyat biasa. Saya akan aktif di bidang lingkungan hidup,” ujar Jokowi saat menjalani sesi wawancara bersama media asing, The Economist, pada medio 2022.

Pernyataan Jokowi inilah yang memantik kreativitas netizen, terutama pendukung Persis Solo. Mereka mengaitkan statemen tersebut sebagai momen Jokowi kembali menjadi pendukung Laskar Sambernyawa.

Dalam sebuah foto yang diunggah oleh akun Twitter @PenontonUmumSka yang menjadi salah satu fans Persis, misalnya, Jokowi terlihat mengenakan jersey Laskar Sambernyawa berwarna merah lengkap dengan syal dan topinya.

Momen itu ditangkap di Stadion Manahan, Solo. Venue yang biasa menjadi kandang Persis Solo saat menggelar laga kandang. Dalam momen tersebut, Jokowi masih menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Meme lainnya yang turut muncul di tengah postingan ini ialah mengaitkan Presiden Jokowi sebagai hooligans surakartans. Kelompok suporter ini identik dengan Surakartans yang berada di tribune B6.

Dalam beberapa unggahan, meme ini menyunting pernyataan Presiden Jokowi dalam wawancara tersebut menjadi, “Saya akan kembali ke kota saya, Solo, sebagai hooligans surakartans.”

Presiden Jokowi memang cukup spesial di kalangan masyarakat Kota Bengawan. Selain sudah pernah menjabat sebagai Wali Kota Solo dalam dua periode, dia juga menjadi sosok yang membanggakan karena pernah menjadi Presiden RI selama dua periode.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #momen #presiden #jokowi #jadi #pasoepati #imajinasi #publik #suporter #seusai #pilpres #2024

KOMENTAR