Melihat Peluang Wakil ASEAN di Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia Bisa Apa?
Selebrasi timnas Indonesia U-23 dalam Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 (pssi.org)
05:24
10 Februari 2024

Melihat Peluang Wakil ASEAN di Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia Bisa Apa?

Timnas Indonesia dan wakil-wakil ASEAN lain tengah bersiap menatap Piala Asia U-23 2024 yang dijadwalkan bergulir pada 15 April hingga 3 Mei 2024 di Qatar. Berikut peluang negara-negara Asia Tenggara di ajang ini.

Timnas Indonesia U-23 berada di Grup A pada Piala Asia U-23 2024 bersama tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania.

Ini adalah kesempatan pertama Garuda Muda mencapai putaran final ajang akbar level kelompok umur itu setelah lolos sebagai juara Grup K dalam kualifikasi.

PSSI memberi pelatih Shin Tae-yong target untuk membawa Timnas Indonesia U-23 setidaknya lolos ke fase gugur atau babak delapan besar.

Meski demikian, Shin Tae-yong punya target lebih tinggi yakni membawa Garuda melangkah ke babak semifinal yang merupakan syarat untuk lolos ke Olimpiade 2024 Paris.

Target tinggi itu diusung Shin Tae-yong dengan syarat para pemain terbaik Timnas Indonesia U-23 bisa tampil seperti Marselino Ferdinan, Ivar Jenner, Justin Hubner, hingga Elkan Baggott.

Merujuk Piala Asia U-23 2024 tak masuk kalender jeda internasional FIFA, Timnas Indonesia diprediksi akan kesulitan memanggil pemain andalan baik yang tampil di kancah domestik maupun luar negeri.

Andai para pemain yang diinginkan Shin Tae-yong gagal bergabung ke skuad, bukan tak mungkin Timnas Indonesia U-23 akan kesulitan untuk mendapat hasil mentereng di ajang ini.

Peluang Tim ASEAN Lainnya

Para pemain Timnas Vietnam U-23. [doc. web SEA Games]Para pemain Timnas Vietnam U-23. [doc. web SEA Games]

Selain Timnas Indonesia, wakil ASEAN yang tampil dalam ajang ini adalah Vietnam, Malaysia, dan Thailand. Seberapa besar peluang mereka untuk meraih prestasi di ajang ini?

Vietnam menjadi salah satu tim ASEAN yang dianggap punya kekuatan untuk tampil jauh di ajang ini. Catatan masa lalu membuktikannya di mana mereka bahkan mampu menjadi runner-up pada 2018 silam.

Meskipun mengalami tantangan pada 2020 dan 2022, Vietnam U-23 tetap menjadi kekuatan yang patut diperhitungkan.

Mereka lolos ke putaran final Piala Asia U-23 Qatar 2024 setelah memimpin Grup C dengan tujuh poin.

Sementara Malaysia U-23 akan tampil untuk ketiga kalinya di ajang Piala Asia U-23 pada edisi 2023 ini.

Pada 2018, bersama Vietnam, mereka menjadi negara ASEAN pertama yang mencapai fase delapan besar, meski kalah di perempat final dari Korea Selatan.

Meskipun tampil buruk pada 2022, hasil positif di 2018 mungkin jadi motivasi Harimau Malaya untuk tampil baik tahun ini.

Khusus Thailand U-23, mereka bersama Vietnam merupakan negara ASEAN yang paling sering tampil di Piala Asia U-23 dengan edisi tahun ini akan menjadi kesempatan kelimanya.

Thailand selaku host pada 2020, mampu melangkah ke fase gugur setelah finis kedua di bawah Australia pada fase grup.

Sayangnya, langkah mereka langsung terhenti di perempat final setelah takluk 1-0 dari Arab Saudi.

Pada Piala Asia U-23 2024, Thailand berada dalam grup bersama Irak U-23, Arab Saudi U-23, dan Tajikistan U-23.

Melihat peta persaingan, ini akan menjadi tantangan berat untuk tim Gajah Perang dalam misi kembali lolos ke fase gugur Piala Asia U-23.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #melihat #peluang #wakil #asean #piala #asia #2024 #timnas #indonesia #bisa

KOMENTAR