Perbandingan Prestasi Timnas Indonesia vs Malaysia dalam Dua Tahun Terakhir, Garuda Unggul Segalanya
Pemain Timnas Indonesia menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum berhadapan dengan Timnas Australia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/9/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
20:42
28 September 2024

Perbandingan Prestasi Timnas Indonesia vs Malaysia dalam Dua Tahun Terakhir, Garuda Unggul Segalanya

Perbandingan prestasi Timnas Indonesia Vs Malaysia dalam dua tahun terakhir, Harimau Malaya masih berada di bawah skuad Garuda di semua level umur timnas.

Baru-baru ini Timnas Malaysia U-20 dipastikan gugur dari Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 usai kalah dari Tajikistan dengan skor 0-1.

Kekalahan itu membawa Malaysia mengoleksi 4 poin, dengan tambahan 3 poin jika berhasil mengalahkan Sri Lanka di matchday terakhir.

Meski begitu, poin kemenangan atas Sri Lanka tidak dihitung karena status tim lawan sebagai penghuni dasar klasemen Grup E.

Baca Juga: Media Jepang Peringkatkan Timnas Indonesia: Kami Kakak Sepak Bola Asia!

Maka dari itu, Malaysia hanya mampu mengoleksi 4 poin untuk bisa diandalkan dalam perebutan lima tiket runner-up terbaik.

Sementara nasib Malaysia sudah bisa dipastikan, Timnas Indonesia U-20 masih berpeluang lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2025.

Dengan catatan bisa mengalahkan Yaman di pertandingan terakhir fase Grup F, jika kalah, sulit bagi skuad asuhan Indra Sjafri memastikan lolos.

Akan tetapi, peluang meraih kemenangan ada di kubu Indonesia mengingat status tuan rumah di babak kualifikasi ini.

Jika Timnas Indonesia U-20 berhasil memetik kemenangan, sekali lagi skuad Garuda mengangkangi Malaysia dalam hal torehan prestasi.

Baca Juga: Siapa Hifni Hasan? Politikus yang Kritik Naturalisasi di Depan Shin Tae-yong Langsung

Tercatat dalam dua tahun terakhir, prestasi Malaysia selalu di bawah Indonesia di semua level kelompok tim nasional.

Timnas Senior

Dimulai dari skuad senior, masih teringat saat Malaysia dibantai Thailand di semifinal Piala AFF 2022 lalu dengan agregat 1-3.

Sementara itu Timnas Indonesia berhasil melaju ke final meski berakhir dengan kekalahan telak dari Thailand dengan agregat 2-6.

Berlanjut ke Piala Asia 2023, Malaysia berakhir sebagai penghuni dasar klasemen Grup E dengan torehan satu poin, hasil dua kekalahan sekali hasil imbang.

Timnas Indonesia sukses melaju ke babak 16 besar meski berstatus tim dengan peringkat FIFA terendah di turnamen ini.

Sebelum kalah 0-4 dari Australia, namun langkah ke babak 16 besar tentu lebih baik dari Malaysia yang tersingkir sebagai juru kunci.

Lalu di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia berhasil melaju ke putaran ketiga, sementara Malaysia terhenti di putaran kedua.

Ranking FIFA Malaysia pun dibalap Indonesia, dan saat ini berjarak tiga tangga, Harimau Malaya di peringkat ke-132, skuad Garuda di 129.

Timnas U-23

Dimulai dari Piala AFF U-23 2022, Malaysia berhasil melaju ke semifinal namun kalah dari Vietnam dengan skor telak 1-4.

Malaysia kembali kalah dalam perebutan tempat ketiga saat melawan Thailand lewat adu penalti dengan skor akhir 3-4.

Sementara Indonesia berhasil melaju ke final, namun kalah dari Vietnam lewat adu penalti dengan skor akhir 5-6.

Kemudian di Piala Asia U-23 2023, Malaysia berakhir menyedihkan di fase grup sebagai tim juru kunci dengan tiga kekalahan.

Sementara Indonesia berhasil melaju ke semifinal sebelum kalah dari Uzbekistan dan berakhir sebagai peringkat keempat turnamen.

Di tahun yang sama, Timnas Indonesia U-23 berhasil meraih medali emas SEA Games 2023, sementara Malaysia terhenti di fase grup.

Timnas U-19/U-20

Dimulai dari Piala AFF U-19 2022, Malaysia boleh bangga usai menyabet gelar juara di ajang ini saat Indonesia gagal lolos fase grup.

Namun seketika dibalas pada edisi selanjutnya, tepatnya di Piala AFF U-19 2024, Indonesia bekuk Malaysia di semifinal dengan skor 1-0.

Kemudian mengalahkan Thailand di final, Timnas Indonesia U-19 pun berhasil meraih gelar juara di turnamen ini.

Teranyar di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025, Malaysia dipastikan gugur, sementara Indonesia berpotensi besar lolos ke putaran final.

Kontributor: Eko

Editor: Irwan Febri

Tag:  #perbandingan #prestasi #timnas #indonesia #malaysia #dalam #tahun #terakhir #garuda #unggul #segalanya

KOMENTAR