Siapa Ayah Jairo Riedewald? Ternyata Sosok Pesepakbola Level Teratas di Sini, Anaknya Pemain Keturunan Grade A
Jairo Riedewald santer dirumorkan membela timnas Indonesia. (Instagram/@royal_antwerp_fc)
12:54
15 September 2024

Siapa Ayah Jairo Riedewald? Ternyata Sosok Pesepakbola Level Teratas di Sini, Anaknya Pemain Keturunan Grade A

Mengupas latar belakang Jairo Riedewald, pemain keturunan Grade A yang kabarnya tengah dalam proses naturalisasi dan segera membela Timnas Indonesia.

Nama Jairo Riedewald menjadi perbincangan pecinta sepak bola Tanah Air setelah media Belanda, VoetbalPrimeur, membocorkan namanya tengah dalam proses naturalisasi.

Bocoran ini diberikan VoetbalPrimeur saat berbincang-bincang dengan pemain keturunan lainnya yang akan segera dinaturalisasi, Mauro Zijlstra.

“Ini cukup istimewa karena ada beberapa pemain lagi yang bisa bergabung dengan Indonesia selain kamu, Mauro. Saya tahu bahwa Jairo Riedewald adalah salah satunya, yang sedang dalam proses,” kata salah satu host VoetbalPrimeur.

Baca Juga: Bukan Cuma Pascal Struijk, Media Belanda Umumkan 4 Pemain Keturunan Ini Segera Perkuat Timnas Indonesia

Bocoran ini membawa kabar baik bagi Timnas Indonesia yang tengah berlaga di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Jika Jairo Riedewald resmi menjadi WNI, ia akan menjadi tambahan penting mengingat pengalamannya yang pernah bermain di Ajax Amsterdam dan Crystal Palace.

Jairo Riedewald, Pemain Keturunan Belanda yang Dirumorkan Akan Dinaturalisasi oleh Indonesia. (instagram.com/jairo_riedewald)Jairo Riedewald, Pemain Keturunan Belanda yang Dirumorkan Akan Dinaturalisasi oleh Indonesia. (instagram.com/jairo_riedewald)

Selain itu, pemain berusia 28 tahun itu dikenal sebagai pemain Versatile yang bisa bermain sebagai gelandang maupun bek.

Terlepas dari bocoran itu, menarik untuk mengupas latar belakang Jairo Riedewald. Banyak yang mengetahui bahwa dirinya punya darah Indonesia dari neneknya yang berasal dari Manado.

Tapi tak banyak yang tahu siapa orang tua Jairo Riedewald. Lantas, siapa ayah dari pemain yang kini membela Royal Antwerp tersebut?

Baca Juga: Kisah Alexander Pulalo: Dulu Bek Legendaris Timnas Indonesia Kini Jadi Sopir dan Kerja Serabutan di Masa Tua

Mantan Pesepak Bola

Mengenai informasi sang ayah, tak banyak keterangan yang bisa diambil termasuk dari nama ataupun pekerjaannya saat ini.

Jairo Riedewald sendiri terbilang tertutup untuk urusan keluarganya dan bahkan di setiap wawancara bersama media Belanda, ia tak menyebut detail nama sang ayah ataupun sang ibu.

Hanya saja, Jairo Riedewald pernah memberikan keterangan mengenai sang ayah yang ia sebut berasal dari Suriname.

“Ayah lahir dan besar di Suriname dan ibu saya separuh Indonesia separuh Belanda. Jadi saya sebenarnya campuran Suriname, Indonesia, dan Belanda,” katanya dilansir dari Indisch4ever.

Dalam wawancaranya bersama VoetbalPrimeur pada 2016 silam, Jairo pernah sedikit menceritakan soal sosok sang ayah yang jadi panutannya hingga kini menjadi pesepak bola

Eks Crystal Palace itu menyebut bahwa sang ayah adalah pesepak bola yang sempat bermain di level teratas. Sayangnya, sang ayah tak bermain di kancah profesional.

“Sebelum saya bermain sepak bola secara profesional, saya bermain di luar dan selalu sibuk dengan anak-anak di sekitar rumah. Menendang bola dan bersantai, apapun yang terjadi, kami selalu bersama,” ucap Jairo.

“Ayah saya juga bermain sepak bola di level teratas. Tak secara profesional, tapi ia dulu bagus. Saya benar-benar termotivasi olehnya,” lanjutnya.

Karena sosok ayahnya, Jairo tak pernah lupa dengan Suriname yang jadi tempat asal sang ayah.

Terbukti, ia pernah bermain di sebuah pertandingan amal bersama Suriprofs.

Sekadar informasi, Suriprofs adalah sebutan bagi pesepak bola profesional yang lahir atau memiliki orang tua asal Suriname.

Dilansir dari media NOS, Jairo pernah bermain di sebuah pertandingan amal dan satu tim dengan para pemain keturunan Suriname seperti Edgar Davids dan Clarence Seedorf.

Meski begitu menghargai tempat asal sang ayah, Jairo kabarnya lebih berminat membela Timnas Indonesia saat ini.

Hal ini terbukti dengan bendera Indonesia yang ia sematkan di bio Instagram-nya, yakni @jriedewald.

(Felix Indra Jaya)

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #siapa #ayah #jairo #riedewald #ternyata #sosok #pesepakbola #level #teratas #sini #anaknya #pemain #keturunan #grade

KOMENTAR