Jangan Salah Kaprah! Ini Lho Hukum Menikah di Bulan Suro seperti Aaliyah dan Thariq Halilintar
Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid. (Instagram/morden.co)
20:03
25 Juli 2024

Jangan Salah Kaprah! Ini Lho Hukum Menikah di Bulan Suro seperti Aaliyah dan Thariq Halilintar

Thariq Halilintar akhirnya mengungkap tanggal pernikahan dengan Aaliyah Massaid. Dari sini diketahui kalau pernikahan Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid digelar pada bulan Muharram alias Suro.

Thariq Halilintar mengungkap tanggal pernikahan melalui Instagram Story pada Kamis (25/7/2024). Di sana tertulis bahwa akad dan resepsi Thariq Halilintar akan diselenggarakan pada 26 Juli 22024.

"H-1 akad dan resepsi Thariq Halilintar & Aaliyah Massaid. 16 Juli 2024, live," bunyi keterangan yang tertulis dalam unggahan Instagram Story Thariq Halilintar.

Seperti siraman dan pengajian, rangkaian akad hingga resepsi Thariq Halilintar akan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube pribadinya. Publik bisa menyaksikannya dengan gratis besok.

Baca Juga: Beda Tarif Endorse Aaliyah Massaid vs Fuji, Lebih Mahal Mana?

Tanggal pernikahan Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid. (Instagram/thariqhalilintar)Tanggal pernikahan Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid. (Instagram/thariqhalilintar)

Tanggal pernikahan Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid kemudian menarik perhatian. Sebab, tanggal 26 Juli 2024 bertepatan dengan 20 Muharram 1446 Hijriah atau 20 Suro.

Aaliyah yang masih memiliki darah keturunan Jawa keraton membuat netizen memperdebatkan tanggal ini. Pasalnya, masyarakat Suro menghormati adat larangan tidak menikah di bulan Suro.

Lantas kalau menurut agama Islam, bagaimana sebenarnya hukum menikah di bulan Suro atau Muharram? Simak ulasan Ustaz Khalid Basalamah berikut ini.

"Ada keyakinan sebagian orang, menurut mereka bulan yang panas. Ini saya pernah dengar sehingga mereka tidak mau menikah di bulan Muharram, tidak mau pindah rumah di bulan Muharram," buka Ustaz Khalid Basalamah, seperti dikutip dari YouTube bimbingansalaf3786 pada Kamis (25/7/2024).

Prewedding Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid. (Instagram/thariqhalilintar)Prewedding Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid. (Instagram/thariqhalilintar)

"Pokoknya tidak mau beraktivitas padahal positif secara syariat di bulan Muharram. Saya tidak tahu di suku-suku lain, tapi ini ada kebiasaannya. Padahal seharusnya ini tidak boleh ada," lanjut Ustaz Khalid Basalamah.

Baca Juga: Unggah Foto Latar Biru, Publik Duga Thariq dan Aaliyah Bakal Nikah 26 Juli

Berkaitan dengan kepercayaan tersebut, Ustaz Khalid Basalamah menjelaskan hukumnya menurut Islam. Ustaz kenamaan ini mengatakan bahwa Muharram adalah bulan yang mulia, jadi boleh-boleh saja kalau menggelar pernikahan.

"Di bulan ini justru paling mulia kalau Anda menikah. Bulan Muharram bulan yang mulia. Anda boleh menikah, Anda boleh pindah rumah, Anda boleh memulai usaha," kata Ustaz Khalid Basalamah.

"Yang tidak boleh sama sekali (adalah) thiyarah, menggantungkan nasib pada waktu (tertentu), ini yang tidak boleh ketika menganggap ada kesialan (pada bulan Muharram)," pungkasnya.

Dari penjelasan Ustaz Khalid Basalamah tersebut, dapat disimpulkan bahwa menikah di bulan Suro seperti Aaliyah dan Thariq Halilintar hukumnya boleh-boleh saja. Jadi jangan sampai salah kaprah, ya!

Editor: Nur Khotimah

Tag:  #jangan #salah #kaprah #hukum #menikah #bulan #suro #seperti #aaliyah #thariq #halilintar

KOMENTAR