10 Lokasi Camping Sekitar Medan yang Asyik Dikunjungi Saat Akhir Pekan
Ilustrasi camping, [freepik.com/freepik]
11:34
14 Juli 2024

10 Lokasi Camping Sekitar Medan yang Asyik Dikunjungi Saat Akhir Pekan

Menepi sejenak dari hiruk pikuk perkotaan dengan rekreasi camping di akhir pekan, tentu menjadi sesuatu yang mengasyikkan. Bagi Anda warga Kota Medan sekitarnya tentu tidak perlu bingung mencari tempat rekreasi yang menawarkan keindahan dan kesejukan wisata alam.

Ada berbagai tempat wisata alam yang bisa Anda kunjungi untuk berkemah bersama teman, sahabat dan keluarga. Lokasi berkemah di sekitar Medan sangat beragam dan menawarkan berbagai pilihan nuansa alam yang berbeda.

Berikut adalah beberapa rekomendasi lokasi berkemah di sekitar Medan:

1. Bumi Perkemahan Sibolangit

Bumi Perkemahan Sibolangit berada di Jalan Jamin Ginting-Jalan Pramuka, Desa Bandar Baru, Kecamatan Sibolangit. Deli Serdang. Lokasinya tak begitu jauh dari Medan, dengan jarak waktu sekitar 1 jam 30 menit saja.

Dengan suasana sejuk udara pegunungan, Bumi Perkemahan Sibolangit menjadi tempat favorit untuk camping karena memiliki lapangan datar, dengan pemandangan bukit dan pohon pinus. Di sana, juga terdapat air sungai yang jernih dan menyegarkan.

2. Gunung Sibayak

Gunung Sibayak berada di Berastagi, Kabupaten Karo, dengan jarak dari Medan sekitar 63 km dan memakan waktu 2 jam perjalanan. Gunung Sibayak memiliki ketinggian sekitar 2.212 ini menawarkan keindahan panorama indahnya alam yang sangat menakjubkan didatangi untuk rekreasi camping.

3. Pantai Muara Indah

Jika Anda bersama sahabat ingin merasakan camping di pinggir pantai, Pantai Muara Indah di Kecamatan Pantai Labu, Deli Serdang menjadi pilihan tepat.

Pantai Muara Indah berjarak sekitar 45 km dari Kota Medan, dan memakan waktu sekitar 1 jam 10 menit. Anda dan teman-teman dapat mendirikan tenda di bawah pohon rimbun di pinggir pantai dengan pemandangan yang eksotik.

4. Leuser Park Batu Kapal Camping Ground

Lokasi wisata alam ini berada di Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, berdekatan dengan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL).

Lokasi ini dapat ditempuh dengan waktu sekitar 4 jam dari Medan. Cukup jauh, namun dengan keindahan bentang alam di sana, lokasi ini patut dikunjungi.

5. Bukit Indah Simarjarunjung

Bukit Indah Simarjarunjung berada di Nagori Parik Sabungan, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Bukit ini dikenal juga sebagai tempat wisata alam dengan latar Danau Toba dan Pulau Samosir. Bukit Simarjarunjung memiliki ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Di sini, para pengunjung dapat camping dengan menggunakan tenda sendiri atau sewa tenda di tempat.

Juga terdapat berbagai fasilitas seperti kamar mandi dan warung. Selain camping, para pengunjung juga dapat menikmati wahana selfie. Disini banyak sekali spot foto keindahan alam, yang dapat dinikmati para pengunjung.

6. Air Terjun Sikulikap

Air Terjun Sikulikap berada di perbatasan Deli Serdang - Karo, persis di Penatapan Doulu, Berastagi. Selain indahnya air terjun, lokasi berhawa sejuk khas pegunungan juga menjadi pilihan bagus untuk berkemah. Jaraknya juga dekat dengan Medan hanya memakan waktu sekitar 1 jam 40 menit saja.

7. Paropo

Lokasi camping Paropo ini berada di tepian Danau Toba, dengan pemandangan danau, perbukitan hijau yang memanjakan mata.

8. Taman Herbal Bunga Ncole

Lokasi camping yang satu ini berada di Desa Sibolangit dan memakan waktu jarak tempuh hanya 1 jam 30 menit. Taman Herbal Bunga Ncole ini terasa sangat sejuk karena banyaknya tumbuhan dan aneka bunga warna-warni.

9. Sikabung-kabung

Berjarak sekitar 1 jam dari Medan, Tranding Camp Sikabung-kabung berada di Kecamatan Kutalimbaru, Deli Serdang.

Sikabung-kabung menawarkan konsep berkemah di hutan dengan menghadap ke arah sungai. Selain berkemah, pengunjung dapat menikmati segarnya air sungai.

10. Taman Wisata Pamah View

Pamah View terletak di jalan alternatif Langkat-Karo Dusun Pamah Simelir Desa Telaga, Kabupaten Langkat. Perjalanan sekitar 2 jam dari Medan.

Pemandangan disini dipercantik dengan deretan hutan hijau dan sejuknya udara. Disini kita merasakan suasana pedesaan yang tenang dan damai.

Pengelola juga menyediakan penginapan dan area camping lengkap dengan tendanya. Kolam besar berada di tengah-tengah area wisata, dilengkapi dengan pemandian air panas, joging trek dan tempat bersantai.

Demikian 10 lokasi camping asyik di Medan. Semua lokasi ini menawarkan pengalaman berkemah yang berbeda-beda, dari pemandangan pantai hingga pegunungan, dan dari fasilitas yang lengkap hingga nuansa alam bebas.

Editor: Suhardiman

Tag:  #lokasi #camping #sekitar #medan #yang #asyik #dikunjungi #saat #akhir #pekan

KOMENTAR