Gara-Gara Ini Wulan Guritno Pilih Berhenti Konsumsi Gula Sejak Usia 35 Tahun
Potret Wulan Guritno jalan-jalan di new york. [Instagram @wulanguritno]
14:48
10 Mei 2024

Gara-Gara Ini Wulan Guritno Pilih Berhenti Konsumsi Gula Sejak Usia 35 Tahun

Artis Wulan Guritno rupanya sudah tidak lagi mengonsumsi gula sehari-sehari sejak usianya 35 tahun. Wulan mengatakan kalau berhenti konsumsi gula jadi langkah awal dirinya mengubah pola hidup lebih sehat, sehingga bisa memiliki paras awet muda seperti sekarang.

Keputusan untuk mengubah pola hidup itu diambil Wulan lantaran dulu merasa takut terhadap perubahan kulitnya seiring bertambah usia.

"Awalnya di umur 35 ke atas merasa kulit mulai berubah, cuma aku belum paham betul treatment apa yang tepat, masih takut. Aku baca-baca apa yang bisa cegah penuaan, menjaga elastisitas kulit kita. Aku baca banyak artikel, gula itu cepat buat kita aging, bukan cuma dari luar, tapi organ-organ tubuh kita dan sebagainya juga jadi cepat aging. Dari situ karena makanan utamaku yang manis, takut dong," cerita Wulan saat ditemui di Jakarta beberapa waktu lalu.

Artis 43 tahun itu mengaku awalnya tidak mudah untuk berhenti konsumsi gula. Apalagi dahulu makanan sehari-harinya terbiasa dengan cita rasa manis. Sehingga dia merasa kalau tubuhnya sudah 'kecanduan' dengan gula. Alhasil, Wulan pun pakai cara ketat untuk melatih tubuhnya agar tidak lagi konsumsi gula.

"Waktu itu aku punya cara drastis untuk berhenti gula. Aku tidak konsumsi gula sama sekali selama tiga bulan. Yang benar-benar manis natural dari buah pun enggak. Karena takutnya craving, manis-manis icip dari buah. Akhirnya setelah gak ada craving itu lagi, ya sudah sekarang gak konsumsi gula dan gak masalah," tutur Wulan.

Saat awal melakukan hal tersebut, ibu tiga anak itu mengaku kalau dirinya sempat alami berbagai gejala tidak nyaman, seperti lemas sampai mudah marah.

Akan tetapi, setelah berhasil selama tiga bulan melatih tubuhnya, Wulan pun berhasil mengatasi 'kecanduan' gula tersebut. Wulan mengatakan dirinya kini telah lebih longgar dalam memilih makanan karena tubuhnya telah bisa mengontrol konsumsi gula tersebut.

"Sekarang sesekali banget kalau diundang acara, atau ada cake enak, sesendok, dua sendok gak apa-apa. Tapi kalau untuk sehari-hari, aku gak konsumsi gula. Kalau buah otomatis aku makan. Jadi sesekali sekarang kalau saat tertentu makan gula, makan es krim lagi liburan, gak apa-apa," ujarnya.

Efek yang dia rasakan setelah delapan tahun konsisten tidak konsumsi gula, Wulan merasa kulitnya jadi lebih sehat. Bahkan kerutannya justru lebih berkurang dibandingkan ketika usianya masih 30-an.

"Dan apa yang aku rasakan, percaya gak percaya, kerutan aku lebih banyak di saat aku di bawah 40 dibanding aku sekarang di atas 40. Ya mungkin dibantu juga dengan perawatan, tetapi sejak gak konsumsi gula itu sangat membantu," pungkasnya.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #gara #gara #wulan #guritno #pilih #berhenti #konsumsi #gula #sejak #usia #tahun

KOMENTAR