Haru, Menohok, dan Damai Jadi Satu: 4 Momen Kenangan Joko Pinurbo Baca Puisi yang Menggugah Batin
Suasana PUKY Sonosewu tempat Joko Pinurbo disemayamkan, Sabtu (27/4/2024). [Hiskia Andika Weadcaksana/Suarajogja.id]
06:17
29 April 2024

Haru, Menohok, dan Damai Jadi Satu: 4 Momen Kenangan Joko Pinurbo Baca Puisi yang Menggugah Batin

Dunia sastra Indonesia sedang dilanda kehilangan karena Penyair legendaris, Joko Pinurbo meninggal dunia. Kabar duka ini membuat para penggemar puisi kembali teringat dengan berbagai karya fenomenal penyair yang tutup usia di 62 tahun itu.

Kepergian penyair kelahiran Sukabumi, 11 Mei 1962 tahun ini membuat penggemarnya kembali merindukan momen Joko Pinurbo baca puisi, yang kerap membuat pendengarnya merenung hingga merasakan kedamaian.

Sebagai penawar kerinduan pada sang maestro syair yang meninggal pada Sabtu, 27 April 2024 di RS Panti Rapih Yogyakarta karena sakit paru-paru, berikut ini kumpulan video Joko Pinurbo baca puisi semasa hidup dirangkum , Senin (29/4/2024).

1. Puisi Doa Orang Sibuk yang 24 Jam Berkantor di Ponselnya

Puisi ini merupakan salah satu karya terbaru Joko Pinurbo yang tertulis dalam buku puisi Perjamuan Khong Guan yang dirilis pada 2020. Puisi yang sarat dengan pesan ketuhanan ini sangat relate atau sesuai dengan kehidupan masa kini di mana banyak orang sibuk dan asik dengan ponselnya untuk mencari hiburan maupun bekerja.

Momen Joko Pinurbo baca puisi kerap membuat pendengarnya terenyuh dan secara tidak sadar merenung hingga evaluasi diri. Simak melalui video yang dibagikan akun Twitter @andi_Andilaw sebagai berikut:

2. Puisi Kamus Kecil

Puisi ini terdapat dalam buku kumpulan puisi milik Joko Pinurbo yang berjudul Latihan Tidur yang dirilis pada 2017. Puisi ini sarat dengan makna keindahan bahasa Indonesia, dan kehidupan sehari-hari masyarakatnya.

Bahkan ada sedikit humor hingga makna mendalam tertuang dalam puisi. Simak melalui video yang dibagikan akun TikTok @menjagastara sebagai berikut:

3. Puisi Selepas Usia 60

Ini merupakan salah satu karya lampau Joko Pinurbo, tapi juga sekaligus sebagai sebagai puisi favorit yang dibuat pada 2004 tapi baru dimasukan dalam buku puisi Baju Bulan yang diterbitkan pada 2013 silam.

Puisi ini berisi hubungan anak dengan seorang ibu, termasuk juga makna mendalam tentang makna pakaian yang dipakai sehari-hari. Simak melalui video Joko Pinurbo baca puisi Selepas Usia 60 dibagikan akun TikTok @lekturiel.space berikut:

4. Puisi Malam Rindu

Syair ini berhasil dibuat Joko Pinurbo pada 2016 silam dan dimasukan dalam buku puisi Latihan Tidur yang dirilis pada 2017 silam. Puisi ini memberikan kesan romantis karena menggambarkan kerinduan, tapi juga mengandung semangat nasionalis karena menyinggung Sumpah Pemuda hingga negara demokrasi yang dianut Indonesia.

Simak melalui video Joko Pinurbo baca puisi Malam RINDU dibagikan akun TikTok @warungsastrajogja berikut:

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #haru #menohok #damai #jadi #satu #momen #kenangan #joko #pinurbo #baca #puisi #yang #menggugah #batin

KOMENTAR