Karier Politik Maruarar Sirait, Teman Baik Ganjar Hengkang dari PDIP Demi Ikuti Jokowi
Politikus Maruarar Sirait resmi meninggalkan PDI Perjuangan untuk mengikuti arah politik Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Suara.com/Dea)
10:33
16 Januari 2024

Karier Politik Maruarar Sirait, Teman Baik Ganjar Hengkang dari PDIP Demi Ikuti Jokowi

Politikus senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Maruarar Sirait akhirnya memutuskan hengkang dari partai berlambang banteng itu.

Pria yang akrab dipanggil Ara itu menyebut bahwa keputusannya hengkang dari PDIP terkait dengan Presiden Joko Widodo. Menurutnya ia mengikuti langkah Jokowi dalam hal politik.

Hengkangnya Ara sontak mengundang perhatian, pasalnya dirinya merupakan teman dekat Ganjar Pranowo dan sudah malang melintang bersama PDIP. Memilih beda jalur dari Megawati, seperti apa karier politik Ara?

Karier Politik Muarar Sirait

Maruarar Sirait merupakan orang lama di PDIP, ia merupakan putra dari Sabam Sirait, politikus senior yang ikut bersama Megawati Soekarnoputri membesarkan PDIP.

Ara juga pernah menjadu anggota Komisi XI DPR tiga periode, yakni di periode 2004-2009, 2009-2014, 2014-2019 dari fraksi PDIP.

Politisi Maruarar Sirait mengembalikan KTA PDIP ke Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Utut Adianto di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (15/1/2024). (IG @/maruararsirait)Politisi Maruarar Sirait mengembalikan KTA PDIP ke Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Utut Adianto di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (15/1/2024). (IG @/maruararsirait)

Pria yang lahir pada 23 Desember 1969 itu juga pernah menjabat sebagai Wakil Bendahara Fraksi PDIP di DPR. Ara juga sempat menjabat sebagai Ketua Bidang Pemuda, Mahasiswa, dan Olahraga DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan masa bakti 2005-2010.

Riwayat Jabatan

Ara juga sempat menduduki beberapa jabatan di organisasi hingga lembaga, antara lain:

- Manajer KKBM Unpar Bandung Komisaris Utama

- PT. Potenza Sinergi Pengalaman

- Organisasi GMKI Cab.Bandung

- Resimen Mahasiswa Unpar Bandung Wakil

- Bendahara PDIP Jabar 1999-2000

- Bendahara DPD PDIP Jabar 2000-2005

- Wakil Bendahara Fraksi PDIP di DPR

Foto Ara Bareng Ganjar Menghilang

Foto Ganjar Pranowo berpelukan dengan Maruarar Sirait. Foto ini menjadi buah bibir karena mendadak dihapus dari akun Instagram Ganjar. [Instagram/@maruararsirait]Foto Ganjar Pranowo berpelukan dengan Maruarar Sirait. Foto ini menjadi buah bibir karena mendadak dihapus dari akun Instagram Ganjar. [Instagram/@maruararsirait]

Calon presiden (capres) Ganjar Pranowo sempat membuat publik bertanya-tanya usai menghapus foto dirinya bersama Ara di Instagram.

Dalam hal ini, Ara menduga mungkin Ganjar memiliki pertimbangan sendiri sampai harus menghapus foto.

"Mungkin dia punya pertimbangan-pertimbangan sendiri, ya," kata Ara saat dihubungi Suara.com, Senin (9/10/2023).

Soal foto tersebut Ganjar sendiri mengaku bahwa dirinya tak sadar fotonya bersama Ara menghilang dari Instagram.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #karier #politik #maruarar #sirait #teman #baik #ganjar #hengkang #dari #pdip #demi #ikuti #jokowi

KOMENTAR