Jangan Tertipu! Ketahui 8 Tanda Orang yang Bermuka Dua di Depan Anda, Salah Satunya Suka Bikin Konflik
Ilustrasi perempuan yang berusaha mencari tahu privasi secara diam-diam mengintip isi chat temannya sebagai tanda bahwa dia adalah orang yang bermuka dua. (Freepik/drobotdean)
09:22
21 April 2024

Jangan Tertipu! Ketahui 8 Tanda Orang yang Bermuka Dua di Depan Anda, Salah Satunya Suka Bikin Konflik

– Dalam kehidupan sosial tentu banyak sekali hal-hal yang terjadi mulai dari yang mudah hingga rumit. Salah satunya ketika Anda bertemu dengan orang yang bersikap ramah di depan Anda, namun telah bergosip di belakang Anda.

Perilaku tersebut lebih dikenal dengan bermuka dua. Perilaku ini tidak mudah dikenali sehingga banyak orang yang tertipu dengan segala sikap ramahnya. Namun, jika Anda sangat teliti, orang yang bermuka dua sering menunjukkan beberapa tanda.

Anda tidak perlu cemas untuk mengetahui apakah orang yang Anda hadapi benar-benar tulus atau hanya bermuka dua. Perlu cara mengenali orang seperti itu melalui tanda-tanda yang mudah Anda kenali. Dengan memahami tanda-tanda tersebut maka Anda menjadi lebih kenal siapa saja orang yang tulus dan mengutamakan kepentingan Anda.

Dilansir dari laman The Vessel, terdapat beberapa tanda orang yang bermuka dua di depan Anda sehingga perlu diwaspadai:

1. Terlalu ramah

Orang yang bermuka dua cenderung sedikit berlebihan dalam hal keramahan. Pasalnya keramahan yang berlebihan sering kali dianggap tidak tulus artinya di balik semua itu mereka mengumpulkan informasi atau mengukur Anda untuk disajikan nanti.

Ketika Anda merasa mereka memberikan pujian terlalu berlebihan, menunjukkan tingkat antusiasme yang tidak wajar atau terlalu mencampuri kehidupan pribadi Anda maka Anda perlu berhati-hati karena ada kemungkinan mereka tidak tulus.

2. Menghindari kontak mata

Orang yang cenderung bergosip cenderung memiliki kebiasaan menghindari kontak mata langsung. Menghindari kontak mata merupakan cara bawah sadar untuk mengatasi rasa bersalah.

Memang tidak semua orang yang menghindari kontak mata merupakan orang yang bermuka dua namun jika secara terus-menerus maka perlu diwaspadai.

3. Seringkali tidak ada saat Anda membutuhkannya

Menurut penelitian, individu yang suka bergosip cenderung kurang empati yang sering mengakibatkan kurangnya dukungan ketika Anda sedang mengalami masa-masa sulit.

Jika seseorang terus-menerus absen saat Anda membutuhkan, hal ini menunjukkan bahwa dia lebih tertarik pada cerita yang bisa mereka ceritakan tentang Anda daripada berada di samping Anda saat Anda membutuhkannya.

4. Sering mengubah topik pembicaraan

Tanda lain yang bisa menunjukkan Anda sedang berhadapan dengan orang bermuka dua di depan Anda adalah cepat mengubah topik pembicaraan di saat Anda mengangkat topik sensitif.

Mereka melakukan hal itu karena merasa tidak nyaman atau bersalah membicarakan topik tertentu secara terbuka dengan Anda terutama saat topik tersebut berkaitan dengan gosipnya.

5. Jarang terbuka tentang kehidupan pribadinya

Ini adalah sifat klasik para penggosip yang artinya mereka mendengarkan cerita orang lain namun tetap menjaga kehidupan mereka tetap aman. Mereka bergosip di belakang Anda sambal tetap bersikap ramah sering kali menghindari berbagi hal-hal pribadi.

Pada intinya mereka akan bersandar dengan penuh semangat untuk mendengar tentang cobaan dan kemenangan Anda namun tetap bungkam atau dengan cepat mengubah topik pembicaraan mengenai kehidupan mereka sendiri.

6. Mereka sepertinya tahu terlalu banyak tentang orang lain

Apabila seseorang secara konsisten mengetahui lebih banyak dari yang seharusnya tentang orang lain itu pertanda baik bahwa dia tidak menjaga kerahasiaan namun bisa berbagi bisnis Anda di belakang Anda.

Pada dasarnya orang yang bergosip kepada Anda kemungkinan besar akan bergosip tentang Anda di belakang Anda.

7. Cepat membagikan rahasia orang lain

Indikator utama dari seorang penggosip adalah kesediaan mereka untuk berbagi rahasia orang lain. Jika seseorang cepat membocorkan informasi yang seharusnya dirahasiakan maka tandanya dia tidak bisa dipercaya dengan rahasia Anda sendiri.

Jika Anda melihat seseorang sering membagikan informasi rahasia tentang orang lain maka itu sebagai tanda bahaya. Karena perilaku ini menunjukkan bahwa mereka mungkin melakukan hal yang sama terhadap detail pribadi Anda saat Anda tidak ada.

8. Suka menciptakan perpecahan antarteman

Aspek yang paling merusak dari bergosip adalah menimbulkan perpecahan yang tidak perlu di antara teman-teman. Orang yang bergosip di belakang Anda sering kali menabur benih keraguan dan ketidakpercayaan dalam lingkaran pertemanan Anda.

Seiring waktu hal tersebut dapat menyebabkan kesalahpahaman, konflik, dan rusaknya hubungan. Pada dasarnya teman sejati menyatukan orang bukan memisahkan.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #jangan #tertipu #ketahui #tanda #orang #yang #bermuka #depan #anda #salah #satunya #suka #bikin #konflik

KOMENTAR