5 Tips Membuat Kesan Pertama dan Menarik Perhatian Lawan Bicara dalam Hitungan Menit, Salah Satunya Lakukan Kontak Mata
ilustrasi tips membuat orang lain menyukaimu. /Sumber foto: Freepik
17:22
20 April 2024

5 Tips Membuat Kesan Pertama dan Menarik Perhatian Lawan Bicara dalam Hitungan Menit, Salah Satunya Lakukan Kontak Mata

 

Kebanyakan orang tertarik dengan lawan bicara berdasarkan kesan pertama.

Namun, adakah tips agar orang yang kamu temui menyukai Anda? Adakah cara membuat kesan pertama bertahan lama?

Dilansir dari buku berjudul ‘How to Make People Like You in 90 Seconds or Less’ karya penulis Nicholas Boothman, berikut cara menarik minat seseorang yang baru Anda temui.

Dikutip Your Tango pada Sabtu (20/4), berikut 5 tips membuat orang menyukai Anda dalam waktu kurang dari dua menit.

  1. Buka tubuh dengan sikap terbuka

Bahasa tubuh berbicara banyak, memengaruhi lamanya serta kualitas interaksi pribadi. Ketika Anda menyampaikan soal tanda tubuh tidak tertarik dengan apa yang orang lain katakan, mereka akan segera menyadarinya, sehingga menjadikan sosialisasi tersebut sebagai pengalaman negatif.

Di sisi lain, memimpin dengan watak terbuka dapat membantu Anda bertemu orang baru dan memberikan kesan pertama yang baik.

Bahasa tubuh yang mengekspos bagian hati merupakan pendekatan positif. Jadi, jangan menutupi bagian dadamu dengan tangan, sebaliknya, arahkan langsung ke orang yang Anda temui.

Mengenai sikap terbuka dan positif, menurut Boothman, "Saat pertama kali bertemu seseorang, Anda bisa jadi memiliki rasa ingin tahu, antusias, menarik, atau hangat."

Intinya adalah menjaga hal-hal positif dan membangkitkan semangat, terapkan pola pikir ini pada sikap dan gerakan tubuh Anda.

  1. Jadilah orang yang memulai kontak mata

Menatap mata orang lain mungkin sulit terutama jika Anda sedikit pemalu. Meski menghindari kontak mata dengan seseorang mungkin menunjukkan bahwa Anda tertarik padanya atau ingin mengenal lebih dalam, bagi orang lain sepertinya Anda sama sekali tidak tertarik padanya.

Namun, memulai kontak mata secukupnya atau tidak terlalu membuat orang lain merasa tidak nyaman adalah keterampilan berharga untuk dimiliki. Hal ini dapat membuat orang merasa lebih diterima dan tertarik untuk berbicara dengan Anda.

  1. Jangan lupa tersenyum

Boothman menyarankan untuk menjadi orang pertama yang tersenyum, mengirimkan pesan bahwa Anda tulus. Tersenyum terlebih dahulu membuat Anda tampil percaya diri juga.

Tersenyum memberi kesan kepada orang lain kalau Anda dapat dipercaya dan apakah Anda memilih untuk tersenyum dengan atau tanpa gigi, kesannya tetap sama.

  1. Mulailah menyapa

Banyak orang yang merasa malu dan canggung saat bertemu orang baru. Tapi tidak apa-apa! Namun mempelajari cara membuat orang menyukai Anda dalam waktu kurang dari dua menit berarti keluar dari zona nyaman.

Namun, itu tidak berarti Anda harus melakukan tindakan besar untuk menarik perhatian seseorang, sebaliknya, ini berarti memulai dengan sesuatu yang sederhana.

Dalam situasi sosial baru apa pun, akan melegakan jika seseorang mencairkan suasana dengan sapaan ramah seperti ‘hai’, ‘apa kabar’, atau ‘halo’.

Setelah menyapa, jabat tangan mereka dan sebutkan namanya. Nama menjadi identitas seseorang dan rasanya menyenangkan ketika orang nama memanggilmu. Selain itu, menyebutkan nama seseorang akan meningkatkan kemungkinan Anda mengingatnya.

  1. Bersandarlah

Meskipun Anda dapat bersandar secara metaforis, ini dalam arti fisik dan literal. Mencondongkan badan saat seseorang sedang berbicara menunjukkan bahwa Anda tertarik dengan apa yang mereka katakan. 

Sebaliknya, saat Anda bersandar, ini menunjukkan bahwa Anda hanya setengah mendengarkan.

Untuk membuat orang menyukai Anda, bukan berarti Anda harus terlalu condong ke depan hingga kehilangan keseimbangan dan terjatuh. 

Namun, bersandarlah secukupnya untuk menunjukkan ketertarikan pada apa yang dikatakan orang lain dan apa yang dibicarakannya.

Anda tidak perlu waktu lama untuk membuat kesan pertama yang baik, namun jika Anda menggunakan bahasa tubuh demi keuntungan, Anda bisa mendapatkan teman baru hanya dalam beberapa menit.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #tipsmembuat #kesan #pertama #menarik #perhatian #lawan #bicara #dalam #hitungan #menit #salah #satunya #lakukan #kontak #mata

KOMENTAR