Syahrini Lulusan Mana? Ternyata Pernah Teliti Soal Kawin Kontrak di Puncak untuk Skripsi
Fakta Outfit Lebaran Syahrini Seharga Ratusan Juta (Instagram/@princessyahrini)
12:32
19 April 2024

Syahrini Lulusan Mana? Ternyata Pernah Teliti Soal Kawin Kontrak di Puncak untuk Skripsi

Riwayat pendidikan Syahrini mendadak jadi perbincangan warga X. Hal ini bermula dari salah satu akun X yang menyinggung soal penelitian yang dilakukan Syahrini untuk skripsinya. Istri Reino Barack itu disebut pernah meneliti tentang nikah kontrak untuk keperluan tugas akhir kuliahnya.

"Jadi ingat  @PrincesSyahrini meneliti nikah kontrak di Puncak utk kebutuhan skripsinya. Ya…Syahrini itu lulusan Hukum Universitas Pakuan Bogor angkatan 2001 dan lulus pada 2007. Artinya 'kejahatan' ini sudah membudaya bahkan bisa jadi Career Criminal sejak lebih 17 tahun lalu," tulis akun X @RidhaIntifadha pada Kamis (18/4/2024).

Simak penjelasan tentang riwayat pendidikan Syahrini yang kini penelitian skripsinya jadi perbincangan warga X.

Pendidikan Syahrini

Kondisi Terkini Syahrini (Instagram/@princessyahrini)Kondisi Terkini Syahrini (Instagram/@princessyahrini)

Syahrini adalah penyanyi kelahiran Sukabumi pada 1 Agustus 1980. Dia menghabiskan masa remaja di kampung halamannya. Syahrini menempuh pendidikan di SDN I Begeg, SMPN 3 Sukabumi kemudian SMAN 2 Sukabumi. 

Pada tahun 2001, Syahrini kemudian mengambil jurusan hukum di Universitas Pakuan, yang merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Bogor Jawa Barat. Syahrini berhasil menamatkan kuliahnya pada tahun 2007. 

Melansir dari laman BANPT, tempat berkuliah Syahrini sejak tahun 2021 itu memiliki akreditasi B. Sayangnya, tak diketahui bagaimana akreditasi kampus itu saat Syahrini masih berkuliah di sana. 

Syahrini sempat berkunjung ke Universitas Pakuan Bogor pada tahun 2017 lalu. Sebagai alumni, dia bersilaturahmi dengan para dosen yang pernah mengajarnya di bangku kuliah.

"Saya kan Fakultas Hukum dulunya, lulusan tahun 2007. Jauh sebelum aku jadi penyanyi harus sarjana hukum, memang background education-ku Sarjana Hukum," beber Syahrini mengungkap latar belakang pendidikannya. 

Syahrini lalu dengan bangga membeberkan pencapaiannya semasa kuliah. Ddia mendapatkan nilai bagus dari skripsinya. 

Tak hanya itu, Syahrini juga mengaku berhasil mendapat nilai tersebut hanya dalam waktu studi yang singkat.  "Aku dapat akreditasi A skripsiku dan termasuk salah satu yang cepat kuliahnya," ucap dia.

Skripsi Syahrini Soal Kawin Kontrak

Syahrini (Instagram/@princessyahrini)Syahrini (Instagram/@princessyahrini)

Permasalahan kawin kontrak menjadi rahasia umum yang terjadi di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Masalah sosial ini memang pernah dijadikan bahan penelitian skripsi oleh Syahrini.

Hal itu pernah diungkap sendiri oleh Syahrini pada tahun 2015 lalu saat menjadi bintang tamu di kanal Youtube Najwa Shihab yang mengangkat tema, 'Pencuri Perhatian'. Syahrini yang merupakan jebolan Universitas Pakuan, Bogor jurusan hukum perdata mengatakan bahwa kawin kontrak menjadi tema besar yang dia angkat dari skripsinya. 

Menurut Syahrini, isu itu dia ambil juga disebabkan faktor lokasi yang dekat dengan rumahnya. Dia mengaku turun langsung ke lapangan untuk mengamati wanita-wanita yang menjalani kawin kontrak. 

"Skripsiku tentang kawin kontrak yang banyak terjadi di Puncak. Aku berkunjung ke sana dan mewawancarai wanita-wanita yang kawin kontrak karena rumahku kebetulan di Bogor, jadi dekat (Puncak)," ungkap Syahrini seperti dikutip pada Kamis (18/4/2024). 

Kawin kontrak saat ini tengah jadi perhatian publik. Terbaru, pihak kepolisian menangkap 2 orang perempuan berusia 21 tahun (RN) dan 51 tahun (LR) terkait dugaan tindak pidana perdagangan orang dengan modus kawin kontrak. 

Kontributor : Trias Rohmadoni

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #syahrini #lulusan #mana #ternyata #pernah #teliti #soal #kawin #kontrak #puncak #untuk #skripsi

KOMENTAR