Profil Nasrullo Kabirov, Wasit Qatar vs Indonesia dari Negara Mana? Bikin Shin Tae-yong dan Warganet Ngamuk
Wasit laga Qatar vs Indonesia, Nasrullo Kabirov. (Dok. Asiaplustj.info)
11:02
16 April 2024

Profil Nasrullo Kabirov, Wasit Qatar vs Indonesia dari Negara Mana? Bikin Shin Tae-yong dan Warganet Ngamuk

Laga kualifikasi grup A Piala Asia U-23 yang mempertemukan timnas Qatar vs Indonesia diwarnai kontroversi. Hal ini terkait dengan sejumlah keputusan wasit Nasrullo Kabirov dalam laga Qatar vs Timnas Indonesia yang dinilai tidak adil.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Jassim bin Hamad, Doha pada Senin (15/4/2024) malam, timnas Qatar berhasil menang 2-0 melawan anak asuhan Shin Tae-yong. Namun, kemenangan Qatar ini tak lepas dari kontroversi Kabirov yang mengeluarkan dua kartu merah kepada dua pemain timnas Indonesia, Ivar Jenner dan Ramadhan Sananta.

Kabirov sendiri memberikan kartu merah pertama pada Jenner di menit ke-46. Sedangkan kartu merah kedua diberikan ke Sananta di babak injury time. Sementara itu, Kabirov hanya memberikan hukuman ringan kepada para pemain Qatar yang melakukan pelanggaran.

Tak hanya itu, Kabirov juga memberikan penalti atas pelanggaran yang dilakukan oleh Rizky Ridho kepada pemain Qatar di kotak penalti. Alhasil, Ridho diganjar kartu kuning Qatar berhasil menjebol gawang timnas Garuda Muda.

Keputusan-keputusan itu tentu membuat Kabirov jadi sasaran kritik. Tak cuma digeruduk ratusan ribu netizen Indonesia di akun Instagramnya, wasit asal Tajikistan itu juga dikritik keras pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Lalu, siapa sebenarnya Nasrullo Kabirov? Simak inilah profil selengkapnya.

Profil Nasrullo Kabirov

Wasit Nasrullo Kabirov yang memimpin laga Timnas Indonesia U-23 vs Qatar U-23 dalam matchday pertama Grup A Piala Asia U-23 2024 di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Senin (15/4/2024) malam WIB. [Dok. tangkapan layar]Wasit Nasrullo Kabirov yang memimpin laga Timnas Indonesia U-23 vs Qatar U-23 dalam matchday pertama Grup A Piala Asia U-23 2024 di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Senin (15/4/2024) malam WIB. [Dok. tangkapan layar]

Nasrullo Kabirov merupakan wasit asal Tajikistan yang lahir pada tanggal 5 Mei 1985 dan terdaftar sebagai wasit resmi FIFA sejak tahun 2013.

Pengalamannya sebagai wasit FIFA selama satu dekade ini terbilang cukup cemerlang. Kabirov banyak terlibat dalam ajang besar di bawah FIFA, seperti berperan dalam pertandingan internasional, termasuk babak kualifikasi Piala Asia AFC U-23.

Sosoknya juga memiliki beberapa pengalaman di turnamen AFC seperti Liga Champions AFC, Piala AFC, dan Piala Asia U17. Kabirov tercatat pula menjadi salah satu wasit top di liga bergengsi Tajikistan Higher League.

Nama Nabirov pun sempat harum saat dirinya memimpin pertandingan pertandingan besar Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang dan SEA Games 2021 di Vietnam.

Kabirov juga pernah disanjung oleh netizen Indonesia saat dirinya memimpin laga Kualifikasi Piala Asia 2023 saat Indonesia melawan Kuwait. Saat itu, Kabirov dianggap sebagai wasit yang sangat fair dan tidak tebang pilih meskipun mendapat banyak tekanan dari pemain Kuwait.

Sayangnya, laga grup A Piala Asia U-23 2024 Indonesia vs Qatar seolah membuat citra Kabirov yang semula cemerlang menjadi menuai banyak hujatan dari warganet. Keputusannya dalam memberikan kartu dan menentukan pelanggaran di lapangan dianggap berpihak kepada Qatar.

Qatar pun dinyatakan menang atas Indonesia dengan skor 0-2 buntut dari keputusan kontroversial Kabirov. Kini, PSSI melayangkan protes ke pihak AFC atas dugaan kecurangan yang dilakukan Kabirov terhadap Timnas Indonesia.

Kontributor : Dea Nabila

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #profil #nasrullo #kabirov #wasit #qatar #indonesia #dari #negara #mana #bikin #shin #yong #warganet #ngamuk

KOMENTAR