7 Tanda Anda Sudah Siap Menikah Menurut Psikologi, Salah Satunya Bisa Mengatasi Perbedaan Pendapat
Ilustrasi pasangan yang sudah siap menikah karena mampu menerima kekurangan satu sama lain (pexels/PNW Production)
13:34
6 April 2024

7 Tanda Anda Sudah Siap Menikah Menurut Psikologi, Salah Satunya Bisa Mengatasi Perbedaan Pendapat

 

 – Menikah merupakan fase perjalanan hidup yang sangat dinantikan oleh sebagian besar orang. 

Namun, untuk menuju fase pernikahan tentunya harus mempertimbangkan banyak hal mulai dari persiapan hingga kematangan emosional.

Di era sekarang, banyak pasangan yang ingin segera menikah hanya karena saling mencintai. 

Padahal, untuk bekal menikah tidak hanya soal cinta melainkan ada beberapa hal yang menjadi parameter kesiapan untuk membina rumah tangga.

Setiap pasangan perlu mengidentifikasi pribadi masing-masing apakah sudah siap membina rumah tangga atau belum. Apabila tidak atau belum, maka bisa saja berujung penyesalan sudah menikah.

Tidak ada yang salah dengan pernikahan, namun pasangan saja yang kurang tepat menentukan waktu yang siap untuk membina rumah tangga.

Dilansir dari laman Ideapod, Sabtu (6/4), ada beberapa tanda bahwa Anda sudah siap untuk menikah diantaranya, yakni.

  1. Sudah mengetahui cara untuk mengatasi kebosanan

Sebuah fakta penelitian menemukan bahwa kebosanan sebenarnya bisa menjadi hal yang baik dalam suatu hubungan yang berfungsi sebagai sinyal untuk mencoba hal baru lagi.

Ketika Anda sudah mengetahui cara menangani kebosanan dalam hubungan artinya Anda sudah siap membina rumah tangga.

  1. Anda bisa membuat satu sama lain merasa dilihat dan didengar

Menurut Gottman Institute, prediktor terbesar menyatakan bahwa suatu hubungan akan bertahan lama adalah ketika Anda merespons “ tawaran untuk menjalin hubungan” satu sama lain.

Contoh sederhana, saat pasangan Anda sedang menonton film, Anda bisa bertanya tentang film yang dia tonton atau menawarkan untuk dibuatkan minuman. Dengan hal kecil seperti ini akan membuat pasangan Anda merasa dilihat dan dihargai.

  1. Bisa menerima kekurangan satu sama lain

Seorang Penasehat Ammanda Major menjelaskan bahwa cara Anda mengetahui bahwa Anda siap menikahi pasangan Anda adalah saat Anda merasa nyaman dan bisa sama-sama rentan satu sama lain, dan tidak memanfaatkan kerentanan satu sama lain.

Apabila Anda sudah nyaman dengan kekurangan pasangan Anda dan sebaliknya maka bisa ada tanda bahwa Anda sudah siap menikah.

  1. Memahami bahwa Anda dengan pasangan adalah teman serumah yang saling mengisi dan hebat

Tanda lain yang menunjukkan bahwa Anda siap menikah adalah mampu saling mengisi dalam satu rumah. Artinya dalam menyelesaikan pekerjaan rumah. Anda dan pasangan perlu bekerja sama dalam urusan beberes rumah.

Mulai dari memasak makanan, mencuci, hingga kerja dengan membagi waktu dan tugas membuat hubungan semakin awet dan saling mengisi satu sama lain.

Sebuah studi tentang keberhasilan pernikahan adalah 62% benar benar percaya bahwa berbagai pekerjaan rumah tangga adalah salah satu indikator terpenting keberhasilan rumah tangga.

  1. Anda sudah memahami cara mengatasi perbedaan pendapat

Dalam sebuah hubungan pernikahan tentu tidak bisa lepas dengan yang namanya masalah, konflik, perbedaan pendapat mulai dari yang kecil hingga besar.

Apabila Anda sudah memahami cara menangani perbedaan pendapat dengan pasangan Anda artinya Anda sudah siap membangun rumah tangga. Terlebih saat keduanya saling serang tentu diperlukan kebijakan yang baik untuk mengatasi masalah tersebut.

Menurut Gottman Institute, kemampuan untuk memperbaiki keretakan dan ikatan setelah pertengkaran adalah salah satu alasan beberapa pasangan memiliki kehidupan pernikahan yang sehat.

  1. Anda tidak memiliki fomo

Apabila Anda sudah tidak memikirkan pernikahan orang lain atau ketakutan seperti ditinggalkan dan sebagainya maka bisa menjadi tanda Anda sudah siap menikah.

Anda sudah tidak fokus dengan pernikahan tetangga atau kebahagiaannya karena Anda sadar bahwa itu bukan milik Anda.

  1. Memiliki keterampilan kepemimpinan yang baik

Tanda terakhir yang menunjukkan Anda sudah siap menikah adalah memiliki keterampilan kepemimpinan yang baik. Anda perlu belajar tentang banyak hal sebelum menikah mulai dari tagihan, pekerjaan rumah, anak-anak hingga liburan keluarga. ***

 

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #tanda #anda #sudah #siap #menikah #menurut #psikologi #salah #satunya #bisa #mengatasi #perbedaan #pendapat

KOMENTAR