Kenali 8 Situasi dalam Hidup Saat Anda Harus Menerapkan Boundaries atau Batasan yang Tegas, Menurut Psikologi
Ilustrasi dua orang teman yang berdiskusi di kedai kopi. /(Freepik)
13:40
3 April 2024

Kenali 8 Situasi dalam Hidup Saat Anda Harus Menerapkan Boundaries atau Batasan yang Tegas, Menurut Psikologi

– Pernahkah Anda merasa lelah secara mental dan emosional setelah berinteraksi dengan seseorang atau dalam situasi tertentu?

Psikologi klinis menyebut kondisi ini sebagai kebutuhan untuk menerapkan boundaries atau batasan tegas.

Boundaries ibarat pagar tak kasat mata yang melindungi kesejahteraan mental dan emosional Anda. Hal ini tampak sepele namun ternyata sangat penting untuk Anda.

Menerapkan boundaries membantu Anda menjaga energi dan kesehatan mental, membangun hubungan yang lebih sehat, dan meningkatkan kualitas hidup.

Berikut adalah delapan situasi dalam hidup yang mengharuskan Anda untuk menerapkan boundaries atau batasan yang tegas, dilansir dari laman Geediting, Rabu (3/4).

1. Anda Merasa Energi Anda Sering Terkuras

Pernahkah Anda merasa lelah secara emosional setelah bertemu dengan seseorang? Ini mungkin tanda bahwa energi Anda ‘disedot’ oleh orang tersebut.

Amati apakah interaksi dengan orang-orang tertentu membuat energi Anda menjadi begitu terkuras. Jika ya, ini sinyal untuk menerapkan boundaries yang lebih tegas.

2. Menghindar dari Orang atau Situasi Tertentu

Apakah Anda secara tidak sadar menghindari orang atau situasi tertentu? Ini bisa menjadi tanda bahwa boundaries Anda kerap dilanggar oleh orang tersebut.

Perhatikan pola penghindaran dan kenali siapa atau apa yang membuat Anda tidak nyaman. Dengan menetapkan batasan yang jelas dengan mereka, Anda akan lebih sejahtera.

3. Tidak Bisa Menolak dan Selalu Mengatakan ‘Ya’

Sulit untuk menolak permintaan orang lain? Meskipun menyenangkan membantu orang lain, kebiasaan selalu mengatakan ‘ya’ dapat merugikan diri sendiri. Jika Anda kewalahan dengan komitmen, pelajari untuk mengatakan ‘tidak’ dengan tegas dan santun.

4. Selalu Menjadi Penengah Konflik

Meskipun mediasi konflik dapat dilihat sebagai hal positif, terjebak dalam peran ini secara terus-menerus dapat menguras energi Anda.

Oleh karena itu, terapkan boundaries dengan tidak terjebak dalam setiap konflik dan fokus pada menjaga hubungan baik dengan kedua belah pihak.

5. Tidak Menyuarakan Kebutuhan dan Perasaan

Menyuarakan kebutuhan dan perasaan merupakan hal yang penting. Jika Anda terbiasa mendiamkan keinginan Anda, orang lain tidak akan pernah mengetahui apa yang Anda butuhkan.

Belajarlah untuk berkomunikasi secara tegas dan jujur tentang kebutuhan dan perasaan Anda.

6. Dibebani dengan Masalah Orang Lain

Wajar untuk berempati dan membantu orang lain melalui masa sulit. Namun, ada bedanya antara mendukung dan terlalu terlibat dalam masalah orang lain.

Batasi keterlibatan Anda dan jangan biarkan Anda terseret ke dalam masalah mereka.

7. Kompromi Prinsip

Prinsip adalah hal yang membentuk nilai-nilai Anda. Jangan mudah mengorbankan prinsip hanya untuk menyenangkan orang lain.

Tetap teguh pada pendirian Anda, tetapi sampaikan dengan cara yang tegas dan penuh rasa hormat.

8. Anda Merasa Dimanfaatkan

Pernahkah Anda merasa diperalat atau dimanfaatkan orang lain? Ini adalah tanda bahwa boundaries Anda sedang dilanggar secara serius.

Kenali orang-orang yang suka mengambil keuntungan dari Anda dan terapkan boundaries yang jelas untuk menghentikan pola ini.

Menetapkan boundaries membutuhkan latihan dan ketegasan. Namun, pada akhirnya, hal ini akan membawa dampak positif pada kesehatan mental dan emosional Anda.

Dengan menerapkan boundaries, Anda dapat menciptakan hubungan yang lebih sehat dan bahagia dengan orang lain. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #kenali #situasi #dalam #hidup #saat #anda #harus #menerapkan #boundaries #atau #batasan #yang #tegas #menurut #psikologi

KOMENTAR