Kasta Harvey Moeis dan Helena Lim Dibilang Paling Rendah di Kasus Korupsi Timah, Cuma Kaki Tangan?
Tersangka korupsi tata niaga timah yang rugikan negara Rp271 triliun, Harvey Moeis - Helena Lim. (Kejaksaan Agung RI)
08:24
3 April 2024

Kasta Harvey Moeis dan Helena Lim Dibilang Paling Rendah di Kasus Korupsi Timah, Cuma Kaki Tangan?

Keterlibatan Harvey Moeis dan Helena Lim di kasus korupsi komoditas timah dalam hal Izin Usaha Pertambangan (IUP) oleh PT Timah Tbk (TINS) disebut-sebut berada di kasta terendah.

Peran Harvey sebagai tersangka Harvey dalam kasus korupsi ini pun sempat diungkap oleh pihak Kejaksaan Agung (Kejagung). Suami Sandra Dewi itu merupakan kepanjangan tangan dari PT RBT.

Harvey kala itu sempat menghubungi Direktur Utama PT Timah, saudara RZ yang bertujuan untuk bekerjasama atas penambangan liar di wilayah IUP PT Timah.

Harvey pun juga sempat menemui RZ dan mencoba menutupi rencana penambangan liar tersebut dengan dalih kerjasama dalam sewa menyewa peralatan peleburan timah di wilayah IUP PT Timah. Kesepakatan antara keduanya ini pun membuat PT Timah akhirnya merugi hingga triliunan rupiah.

Harvey juga menghubungi petinggi Smelter di mana kerjasama antara Smalter dan PT Timah menghasilkan banyak keuntungan. Harvey kemudian meminta agar keuntungan tersebut disisihkan dan diserahkan kepadanya dengan dalih pemberian dana corporate social responsibility (CSR).

Sandra Dewi dan Harvey Moeis (Instagram/@sandradewi88)Sandra Dewi dan Harvey Moeis (Instagram/@sandradewi88)

Sementara itu, Helena Lim merupakan sosok yang membantu Harvey beserta rekannya membuat dana keuntungan ini dimanipulasi seolah-olah diterima sebagai dana CSR.
Helena membantu mengelola dana tersebut hingga diterima oleh Harvey dan para pemilik smelter lain sebagai keuntungan pribadi dan kelompok.

Atas peran tersebut, netizen menganggap bahwa baik Harvey dan Helena hanya tersangka di kasta rendah dalam pusaran korupsi timah.

"Intinya mereka berdua hanyalah kaki tangan dalam tipikor Timah ini, dan dalah atau otak kasus adalah RBS, Aliran uang tersebut kalau dilacak puncaknya akan sampai ke sosok RBS ini," tulis akun TikTok @gilbertlim8.

"Percayalah otak dari semua ini hanya 1 orang, jika orang ini benar-benar amanah dengan tugasnya, Indonesia akan merdeka dari kasus seperti ini," imbuh warganet lain.

"Tapi Helena dan Harvey pasti enggak berani nyanyi soalnya khawatr sama keluarga," tulis warganet di kolom komentar.

"Percayalah otak dari semua ini hanya 1 orang, jika orang ini benar-benar amanah dengan tugasnya, indonesia akan merdeka dari kasus-kasus seperti ini," timpal lainnya.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #kasta #harvey #moeis #helena #dibilang #paling #rendah #kasus #korupsi #timah #cuma #kaki #tangan

KOMENTAR