Simak 4 Permainan untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Anak, Tertarik untuk Mencobanya?
Ilustrasi permainan bingo yang mampu meningkatkan kemampuan Bahasa inggris anak (freepik)
21:22
30 Maret 2024

Simak 4 Permainan untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Anak, Tertarik untuk Mencobanya?

Di era teknologi yang modern sekarang ini, memang peran bahasa inggris dalam kehidupan sehari-hari sangat penting. Bahkan sangat diperlukan dalam mengembangkan kemampuan bahasa inggris sejak usia dini.

Dalam lembaga pendidikan tidak sedikit yang sudah menerapkan pendidikan bahasa inggris untuk usia dini. Pembelajaran bahasa inggris memang sangat bermanfaat untuk menghadapi persaingan di masa mendatang.

Untuk memperkenalkan bahasa inggris ke anak terdapat berbagai cara mulai dari metode pembelajaran, video pembelajaran hingga permainan yang bisa mengasah kemampuan bahasa inggris anak.

Dilansir dari laman Apple Tree, terdapat 4 permainan untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan bahasa inggris anak diantaranya :

1. Scrabble

Scrabble merupakan salah satu permainan papan klasik yang membutuhkan strategi dan tentunya kemampuan bahasa inggris. Tidak perlu khawatir karena cara bermainnya pun sangat mudah dan sederhana.

Cara bermainnya adalah setiap pemain mendapatkan tujuh keping huruf dan harus membuat satu kata dari beberapa atau semua keping tersebut.

Kata tersebut ditempatkan di atas petak-petak papan dan harus dihubungkan dengan kata yang sudah dibuat pemain sebelumnya.

Permainan ini bisa dilakukan dengan multipemain yang bisa berfungsi sebagai media untuk mengembangkan kemampuan Bahasa inggris anak.

2. Dixit

Dixit merupakan salah satu permainan kartu yang dirancang oleh Jean-Louis Roubira yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2008.

Permainan ini terdiri atas satu set kartu yang menampilkan ilustrasi yang sifatnya unik, dan imajinatif. Sebagai contoh kucing yang sedang mendekap di planet bumi.

Selain unik, permainan ini membutuhkan kemampuan bercerita dan imajinasi yang luas. Untuk memperkenalkan kota kata baru ke anak.

Orang tua bisa menunjuk objek yang ditampilkan dan menyebutkan nama objek dalam bahasa inggris.

Selain bisa menambah kosa kata baru bahasa inggris, permainan ini bisa mendorong anak untuk belajar bercerita dalam Bahasa inggris sehingga mampu menumbuhkan rasa percaya diri pada anak.

3. Bingo

Permainan bingo ini identik dengan kartu dan angka yang tersusun dalam petak berukuran 5x5.

Namun orang tua bisa mengkreasikan kartu yang digunakan sebagai media pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan bahasa inggris yang menyenangkan.

Cara bermain bingo ini adalah orang tua menyebutkan nama objek dalam bahasa inggris sementara si kecil harus melingkari atau menyilang ilustrasi dan objek sesuai yang ada di kartunya.

4. Simon Berkata

Permainan simon says bisa menjadi permainan yang menyenangkan untuk mengembangkan kemampuan bahasa inggris anak.

Cara bermain simon says ini sangat sederhana. Orang tua hanya mengucapkan kalimat “Simon said… “ yang diikuti oleh perintah tertentu dalam bahasa inggris. Setelah itu, anak mengikuti apa yang “simon” katakan.

Apabila anak mengikuti kalimat dengan benar maka mendapatkan poin jika tidak maka akan mendapatkan hukuman seperti bernyanyi atau menari.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #simak #permainan #untuk #meningkatkan #kemampuan #bahasa #inggris #anak #tertarik #untuk #mencobanya

KOMENTAR