7 Kebiasaan Buruk yang Dapat Membuat Pribadi Menua Labih Cepat, Mulai dari Stres hingga Kurangnya Jam Tidur
Ilustrasi orang menikmati hidup (Freepik)
13:34
28 Oktober 2024

7 Kebiasaan Buruk yang Dapat Membuat Pribadi Menua Labih Cepat, Mulai dari Stres hingga Kurangnya Jam Tidur

Kebiasaan buruk atau gaya hidup yang tidak baik akan membuat tampang seseorang menjadi terlihat lebih tua dari usianya.

Kebiasaan gaya hidup dan pilihan makanan bukanlah satu-satunya hal yang dapat mempercepat penuaan , namun hal tersebut tentu saja merupakan beberapa faktor yang paling penting.

Meskipun beberapa aspek penuaan tidak dapat dihindari, ada beberapa kebiasaan tidak sadar yang dapat mempercepat prosesnya.

Berikut tujuh kebiasaan buruk yang dapat membuat pribadi menua lebih cepat daripada usianya seperti dilansir dari Nutrisense.

1. Pola makan yang tidak sehat

Pola makan yang sehat adalah langkah pertama menuju kesehatan secara menyeluruh. Namun, pilihan pola makan yang Anda buat sepanjang hidup juga dapat memengaruhi seberapa cepat Anda menua serta risiko kesehatan Anda terhadap penyakit yang berkaitan dengan usia.

Mengonsumsi makanan olahan dan mencoba terlalu banyak diet ketat dapat mempercepat laju penuaan sel-sel Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa pola makan yang tinggi gula dapat mempercepat proses penuaan tubuh Anda.

2. Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol

Konsumsi alkohol meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular, stroke, penyakit hati, tekanan darah tinggi, dan kanker, tetapi tahukah Anda bahwa hal itu juga dapat menyebabkan penuaan dini? Ada banyak pembicaraan tentang manfaat kesehatan (atau kekurangannya) alkohol.

Ada beberapa jenis minuman beralkohol yang berpotensi memberikan manfaat, seperti anggur merah dengan sifat antioksidannya. Akan tetapi, banyak penelitian telah menunjukkan bahwa diperlukan konsumsi anggur merah dalam jumlah yang signifikan untuk memperoleh manfaat potensial, dan risikonya lebih besar daripada manfaatnya.

Selain itu, hal itu juga memengaruhi gula darah dan merusak materi genetik dalam sel , yang menyebabkan percepatan penuaan.

3. Stress atau kecemasan yang berlebihan

Stres yang terlalu sering dan berlebihan dapat menyebabkan penuaan dini. Saat Anda stres, tubuh melepaskan hormon yang disebut kortisol. Jika kortisol meningkat secara kronis, hal itu dapat memengaruhi kesehatan kulit, usus , dan mental. Stres kronis juga menciptakan radikal bebas dalam tubuh, yang merusak sel dan menyebabkan tanda-tanda penuaan dini. Untungnya, ada cara untuk mengatasi stres dan menjaga diri Anda tetap muda dan bersemangat.

4. Kurang tidur

Kurang tidur atau kurang tidur nyenyak. Ini adalah masalah umum, terutama di antara mereka yang sudah lanjut usia. Menurut ahli bedah tulang belakang ortopedi, Dr. Carl Giordano, "Tidur sangat penting untuk kesehatan fisik dan kesejahteraan secara keseluruhan, dan sangat penting seiring bertambahnya usia. Bila Anda tidak cukup tidur, tubuh Anda memproduksi lebih banyak hormon stres, yang dapat memperburuk resistensi insulin dan meningkatkan risiko sejumlah kondisi kesehatan."

5. Kebiasaan merokok

Merokok merupakan faktor risiko yang umum diketahui untuk mengembangkan banyak penyakit, seperti kanker dan penyakit jantung koroner. Merokok juga dapat memengaruhi seberapa cepat Anda menua. Merokok dapat menyebabkan keriput , bintik-bintik penuaan, dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Merokok dapat meningkatkan kemungkinan Anda terkena penyakit seperti katarak dan degenerasi makula. Dan menurut Dr. Giordano, "merokok juga dapat merusak tulang dan sendi, serta menyebabkan peradangan."

6. Kurang cukup meminum air

Minum air yang cukup penting untuk kesehatan yang baik, tetapi banyak dari kita tidak minum air sebanyak yang seharusnya. Anda mungkin tidak langsung menyadari dampak dehidrasi pada tubuh Anda, terutama seiring bertambahnya usia. Namun, sangat penting untuk tetap terhidrasi agar tetap sehat.

7. Kadar glukosa yang tinggi

Kadar gula darah tinggi bukan hanya masalah bagi penderita diabetes. Kadar gula darah tinggi juga dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan yang berkaitan dengan usia. Glikemia yang diakibatkan oleh kadar glukosa tinggi sebenarnya merupakan biomarker untuk persepsi usia wajah . Semakin sering hiperglikemia terjadi, semakin tua usia yang dipersepsikan.

Percaya atau tidak, mengurangi asupan glukosa bisa jadi salah satu solusinya! Tubuh Anda memproduksi glukosa dari makanan berkarbohidrat, dan karbohidrat yang cepat dicerna dari makanan olahan dan olahan, khususnya, dapat meningkatkan kadar glukosa. Jadi, mengonsumsi lebih banyak makanan utuh adalah cara yang baik untuk mulai menyeimbangkan asupan glukosa Anda.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #kebiasaan #buruk #yang #dapat #membuat #pribadi #menua #labih #cepat #mulai #dari #stres #hingga #kurangnya #tidur

KOMENTAR