Jangan Terburu-buru Keramas! Ini Adalah 7 Hal yang Harus Anda Lakukan Setelah Mewarnai Rambut
Ilustrasi rambut yang diwarnai. (Freepik)
19:04
25 Oktober 2024

Jangan Terburu-buru Keramas! Ini Adalah 7 Hal yang Harus Anda Lakukan Setelah Mewarnai Rambut

Mewarnai rambut sudah menjadi hal yang umum dilakukan oleh orang-orang. Sebagian dari mereka menggunakannya untuk menutupi uban, dan beberapa diantaranya sebagai sarana mengekspresikan diri.

Meskipun memiliki rambut warna-warni terkesan menyenangkan, nyatanya ada beberapa proses yang seharusnya lebih kita perhatikan.

Penting untuk kita tahu, bahwa perawatan ini tidak hanya cukup sampai Anda meninggalkan salon, melainkan juga harus menjadi rutinitas harian.

Dilansir dari laman Real Simple pada Jumat (25/10), berikut adalah tujuh hal yang harus Anda lakukan setelah mewarnai rambut:

1. Hindari keramas selama 48 jam

Beberapa orang mungkin memiliki kebiasaan keramas setiap hari, namun untuk membantu pigmen menyerap ke dalam rambut, Anda harus menghindarinya dulu selama minimal dua hari kedepan, termasuk membasahinya di kolam renang atau di pemandian air panas. Jika Anda melakukannya setelah baru saja mewarnai rambut, kemungkinan ini akan merusak warnanya.

2. Kurangi frekuensi keramas

Cukup cuci rambut Anda dua sampai tiga kali dalam seminggu untuk mempertahankan warnanya lebih lama. Terlalu sering keramas justru akan semakin memudarkan warnanya, bahkan pewarna rambut permanen sekalipun akan memudar seiring waktu.

3. Gunakan shampoo yang benar

Kebanyakan orang kurang memperhatikan pemilihan shampoo yang benar, padahal rambut yang sudah diwarnai cenderung menjadi lebih kering, untuk itu gunakan shampoo yang kaya kelembapan agar bisa menghidrasi rambut dan mencegah warnanya memudar.

4. Bilas dengan air dingin

Mencuci rambut dengan air panas dapat mempercepat pemudaran warna, terutama untuk warna yang terang. Sebaliknya, cucilah rambut Anda dengan air dingin atau sejuk agar membantu meminimalkan pemudaran, serta menjaga kelembapan kulit kepala dan rambut.

5. Lindungi rambut dari sinar matahari

Kita tahu, bahwa sinar matahari bisa menjadi berbahaya bagi manusia. Selain merusak kulit, sinar matahari juga bisa merusak rambut, terlebih jika kita memiliki rambut yang diwarnai.

Paparan lama terhadap sinar matahari akan memudarkan pewarna rambut kita. Lindungi rambut Anda dengan cara mengenakan topi, tetap di tempat teduh, dan menggunakan produk perlindungan UV.

6. Gunakan pelindung panas

Rambut yang diwarnai sudah mengalami sedikit kerusakan, sehingga penting untuk kita melindunginya sebelum menggunakan catok pelurus ataupun pengeriting, ini bertujuan untuk mencegah kerusakan dan kepudaran warna.

Pastikan untuk selalu menggunakan heat protectant, karena panas tambahan dari alat tidak hanya memudarkan pewarna rambut, tetapi juga membuat rambut yang telah dirawat secara kimia menjadi lebih rapuh dan kering.

7. Jadwalkan perawatan toning

Meskipun sudah mengikuti semua saran di atas, warna rambutmu akan tetap memudar seiring waktu. Pertimbangkan untuk menjadwalkan perawatan toning/glazing di antara sesi kunjungan salon Anda, untuk menyegarkan warna dan mengurangi kekuningan.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #jangan #terburu #buru #keramas #adalah #yang #harus #anda #lakukan #setelah #mewarnai #rambut

KOMENTAR