Kemandirian untuk Berpikir, 6 Kualitas Unik Orang yang Ekstrovert Secara Online Namun Introvert Secara Pribadi
Ilustrasi perempuan yang introvert. (Freepik)
20:52
21 Oktober 2024

Kemandirian untuk Berpikir, 6 Kualitas Unik Orang yang Ekstrovert Secara Online Namun Introvert Secara Pribadi

– Pada dasarnya Anda pernah mengira bahwa di balik layar mereka adalah pusat perhatian yang disebabkan karena sifat berani, terus terang dan selalu siap bergabung dalam percakapan.

Namun saat berhadapan langsung, mereka membaur dengan latar belakang, lebih menyukai pengamatan yang tenang daripada menjadi pusat perhatian. Mereka adalah individu yang tampak ekstrovert saat daring tetapi menunjukkan sisi yang sangat berbeda saat berinteraksi tatap muka.

Hal menarik ini bukanlah suatu kontradiksi namun suatu keterampilan. Mereka yang ekstrovert saat daring tetapi introvert saat bertatap muka memiliki kualitas unik yang membuat mereka unggul.

Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai beberapa kualitas unik orang yang ekstrovert secara online namun introvert secara pribadi sebagaimana dilansir dari laman Global English Editing, Senin (21/10) sebagai berikut :

1. Kenyamanan dalam ekspresi digital

Dunia digital telah merevolusi cara kita berkomunikasi. Dunia digital telah membuka jalan bagi kaum introvert untuk mengekspresikan diri mereka tanpa tekanan interaksi tatap muka.

Orang yang ekstrovert saat daring tetapi introvert saat tatap muka menemukan rasa nyaman dan kebebasan dalam ekspresi digital. Mereka mampu mengeluarkan pikiran, ide dan terhubung dengan orang lain dengan cara yang mereka anggap menantang.

Mereka dapat berpartisipasi dalam perdebatan yang menarik, berbagi sudut pandang dan bahkan mampu memimpin diskusi.

2. Seorang pemikir yang mendalam

Orang yang ekstrovert saat daring tetapi introvert saat luring memiliki kedalaman pemikiran yang datang dari menghabiskan waktu sendirian.

Ini bukan tanda kesepian melainkan indikasi kemampuan mereka untuk menikmati kebersamaan dengan diri mereka sendiri dan membenamkan diri dalam pikiran dan ide-ide mereka.

Secara daring, kedalaman ini diterjemahkan menjadi komentar yang berwawasan, diskusi yang bijaksana dan pemahaman bernuansa tentang berbagai topik.

3. Kemampuan beradaptasi antara ruang sosial yang berbeda

Salah satu kualitas yang mencolok dari orang-orang yang ekstrovert saat daring tetapi introvert saat tatap muka adalah kemampuan mereka untuk beradaptasi dengan lancar diantara ruang sosial yang berbeda.

Mereka menunjukkan fleksibilitas dan ketahanan yang luar biasa, mampu beradaptasi dengan nyaman antara sifat ekstrovert di dunia maya dan sifat introvert di dunia nyata.

Kemampuan beradaptasi ini bukan sekadar sifat kepribadian tetapi keterampilan yang diasah melalui pengalaman dan kebutuhan. Di dunia digital mereka dapat berkembang dalam diskusi, berbagi ide dan terhubung dengan orang lain di seluruh dunia.

Sebaliknya, dalam situasi dunia nyata, mereka mungkin mengambil langkah mundur, mengamati dan mendengarkan, menarik energi dari saat-saat yang lebih tenang.

4. Nilai-nilai yang kuat dan keinginan untuk keaslian

Kualitas yang menonjol pada individu yang ekstrovert saat daring tetapi introvert saat tatap muka adalah rasa nilai yang kuat.

Mereka tidak berpura-pura menjadi orang yang ekstrovert di dunia maya atau berpura-pura menjadi orang yang introvert di kehidupan nyata. Sebaliknya mereka mengekspresikan berbagai bagian dari diri mereka yang sebenarnya dalam konteks yang berbeda.

Mereka juga cenderung menghargai hubungan yang tulus dan percakapan yang bermakna baik daring maupun luring. Mereka memilih untuk berbagi pemikiran dan ide mereka pada platform digital karena mereka untuk mengekspresikan diri sepenuhnya tanpa tekanan tanggapan langsung.

5. Kemandirian dalam berpikir dan bertindak

Walaupun perilaku daring ekstrovert dari orang-orang ini menunjukkan ketergantungan yang mendalam pada persetujuan sosial yang terjadi justru sebaliknya.

Orang yang ekstrovert saat daring tetapi introvert saat hidup cenderung menunjukkan tingkat kemandirian yang tinggi dalam berpikir dan bertindak.

Ekstroversi daring mereka berasal dari keinginan untuk berbagi ide dan terlihat dalam diskusi yang bermakna daripada mencari validasi dari orang lain. Mereka lebih tertarik pada pertukaran pikiran dan sudut pandang daripada mendapatkan like atau pengikut.

6. Penggunaan platform digital sebagai alat untuk perubahan positif

Orang yang ekstrovert di online cenderung memperjuangkan hal-hal yang mereka minati. Sifat introvert mereka tidak menghentikan menggunakan platform digital untuk menyoroti isu-isu penting, mempromosikan kebaikan sosial atau menginspirasi orang lain.

Mereka tahu bahwa setiap unggahan,setiap komentar dan setiap pembagian dapat memiliki tujuan lebih dari sekadar interaksi sosial.

Ini dapat menjadi alat untuk perubahan positif, menyebarkan kesadaran tentang isu-isu penting atau mengadvokasi masa depan yang lebih adil dan berkelanjutan.***

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #kemandirian #untuk #berpikir #kualitas #unik #orang #yang #ekstrovert #secara #online #namun #introvert #secara #pribadi

KOMENTAR