7 Hal dalam Hidup yang Tidak Boleh Anda Tinggalkan Menurut Psikologi, Salah Satunya Pertumbuhan Pribadi
Pertumbuhan pribadi adalah salah satu hal dalam hidup yang tidak boleh kita tinggalkan (freepik)
20:10
16 Oktober 2024

7 Hal dalam Hidup yang Tidak Boleh Anda Tinggalkan Menurut Psikologi, Salah Satunya Pertumbuhan Pribadi

 

 – Ada perbedaan tipis antara menyerah dan tahu kapan sudah cukup. Namun psikologi menunjukkan ada beberapa hal dalam hidup yang tidak boleh Anda tinggalkan tidak peduli betapa sulitnya hal itu.

Pasalnya di dunia ini serba cepat, kita sering mengabaikan hal-hal yang menuntut ketekunan. Namun dengan terus melakukannya, kita dapat mencapai pertumbuhan dan kebahagiaan yang mendalam.

Berikut beberapa hal yang tidak boleh Anda tinggalkan dalam hidup Anda sebagaimana dilansir dari laman Global English Editing, Rabu (16/10) :

  1. Pertumbuhan pribadi

Psikologi menunjukkan bahwa salah satu hal paling bermanfaat yang tidak boleh Anda tinggalkan adalah pertumbuhan pribadi. Pertumbuhan pribadi bisa menjadi jalan yang sulit.

Pasalnya mungkin Anda harus menghadapi ketakutan, mengakui kesalahan dan keluar dari zona nyaman. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang terlibat dalam pembelajaran seumur hidup dan pengembangan diri memiliki kepuasan hidup dan ketahanan yang lebih besar.

Jadi, ketika dihadapkan dengan peluang untuk pengembangan diri maka jangan mundur. Terimalah tantangannya meskipun itu sulit dan membuat Anda tidak nyaman.

  1. Hubungan yang sehat

Psikologi memberi tahu kita untuk tidak pernah meninggalkan hubungan yang sehat. Hubungan yang sehat terlalu berharga dan sayangnya terlalu langka.

Hubungan yang sehat memberikan dukungan, cinta dan persahabatan. Hubungan tersebut memperkaya hidup kita dengan cara yang tak terhitung banyaknya.

  1. Perawatan diri

Merawat diri sendiri adalah aspek lain dari kehidupan yang menurut psikologi tidak boleh kita tinggalkan.

Perawatan diri melibatkan aktivitas dan praktik yang kita lakukan secara teratur untuk mengurangi stres dan menjaga serta meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan jangka pendek dan jangka panjang.

Jadi, saat hidup terasa sibuk maka jangan abaikan perawatan diri. Ini pasalnya bukan kemewahan namun sebuah kebutuhan.

  1. Mimpi dan cita-cita

Mimpi pada dasarnya adalah visi dan aspirasi yang memberi kita harapan, motivasi dan tujuan hidup. Psikologi memberi tahu kita untuk tidak pernah melepaskannya.

Entah itu impian untuk meraih kesuksesan dalam karir, memulai bisnis sendiri, berkeliling dunia atau menulis novel. Impian ini mewakili hasrat dan ambisi terdalam Anda.

  1. Kepercayaan diri

Hal lain yang tidak boleh Anda tinggalkan adalah kepercayaan diri. Psikologi menegaskan kembali pentingnya kepercayaan diri. Pasalnya kepercayaan diri adalah sesuatu yang memang tidak boleh kita lepaskan tidak peduli betapa beratnya perjalanan yang harus ditempuh.

  1. Integritas

Integritas adalah landasan karakter yang menurut psikologi tidak boleh kita tinggalkan. Integritas berarti tetap setia pada nilai-nilai kita, bersikap jujur dan melakukan apa yang benar bahkan saat sulit atau tidak ada yang melihat.

Mempertahankan integritas terkadang berarti mengambil keputusan yang sulit. Mungkin berarti berdiri sendiri, melawan arus atau mempertaruhkan keuntungan jangka pendek.

Namun, imbalan jangka panjang dari mempertahankan harga diri dan kompas moral Anda sangatlah berharga. Intinya Anda harus pegang teguh integritas Anda sebab integritas Anda menentukan siapa Anda dan bagaimana Anda memengaruhi orang lain.

  1. Harapan

Hal lain dalam hidup yang tidak boleh Anda tinggalkan adalah harapan. Pasalnya harapan bukan sekadar angan-angan namun tentang keyakinan akan kemungkinan dan keyakinan bahwa hari-hari yang lebih baik akan datang.

Pola pikir yang kuat ini tidak hanya dapat mengubah kehidupan pribadi kita tetapi juga komunitas dan dunia kita.***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #dalam #hidup #yang #tidak #boleh #anda #tinggalkan #menurut #psikologi #salah #satunya #pertumbuhan #pribadi

KOMENTAR