Seseorang yang Mengecek Ponsel Setelah Bangun Tidur di Pagi Hari, Sering Menunjukkan 8 Ciri Ini Menurut Psikologi
Potret seseorang yang mengecek ponsel bangun tidur. (Foto : freepik.com/diana.grytsku)
11:46
14 Oktober 2024

Seseorang yang Mengecek Ponsel Setelah Bangun Tidur di Pagi Hari, Sering Menunjukkan 8 Ciri Ini Menurut Psikologi

- Di era saat ini, ponsel atau telfon genggam sudah menjadi bagian hidup manusia karena di dalamnya terdapat beberapa informasi serta hal yang menyangkut pekerjaan dan sebagainya.

Bahkan terkadang kita lebih panik jika pergi tidak membawa ponsel, karena akan menyulitkan untuk terhubung dengan orang lain atau melakukan pembayaran melalui online. Hingga pada akhirnya kita banyak menggantungkan diri kepada telfon genggam tersebut dan tidak kenal waktu dalam menggunakannya.

Mulai dari pagi hingga malam hari, tangan ini tidak lepas dari genggaman ponsel dan selalu dibawa kemanapun kita pergi. Melansir dari laman Ge Editing pada (14/10) seseorang yang mengecek ponsel setelah bangun tidur di pagi hari, sering menunjukkan 8 ciri ini menurut psikologi :

1. Kebutuhan Konektivitas yang Terlalu Tinggi

Jika kamu adalah tipe orang yang pertama kali memeriksa ponsel di pagi hari, salah satu ciri yang mungkin ditunjukkan adalah kebutuhan tinggi akan konektivitas.

Ini tidak hanya berarti kamu menginginkan akses internet, tapi lebih tentang menjaga hubungan sosial. Kebutuhan ini bisa begitu kuat sehingga memaksamu untuk memulai hari dengan membaca sekilas pesan, email, dan pembaruan media sosial.

Psikologi menunjukkan bahwa sifat ini juga bisa mengisyaratkan rasa takut ketinggalan (FOMO). Ketakutan ini dapat mendorong kita untuk terus-menerus memeriksa ponsel sebagai upaya untuk tetap ‘mengikuti perkembangan’.

2. Tingkat Produktivitas yang Lebih Besar

Kamu mungkin mengira memulai hari dengan mengecek ponsel bisa membuat menunda-nunda pekerjaan. Tapi menariknya, itu bisa menjadi tanda seseorang yang sangat produktif.

Bagi sebagian orang, pemeriksaan telepon di pagi hari berfungsi sebagai gambaran awal tentang tugas hari itu. Mereka membaca email, pembaruan, dan pengingat, secara mengatur daftar tugas.

Namun meskipun sifat ini dapat menunjukkan produktivitas, penting juga untuk menjaga keseimbangan. Terus-menerus ‘aktif’ dan tersedia dapat menyebabkan kelelahan dan penurunan produktivitas dalam jangka panjang.

3. Cenderung Impulsif

Kebiasaan ini terkait dengan kebutuhan akan kepuasan sesaat, sebuah perilaku yang umumnya dikaitkan dengan impulsif dan sejujurnya, itulah cara media sosial dirancang.

Di era digital, ponsel pintar kita berfungsi sebagai pusat kepuasan instan. Baik itu menerima pesan, mendapatkan suka di postingan, atau membaca berita menarik. Semua aktivitas ini mengirimkan dopamin, zat kimia yang membuat otak merasa nyaman, mengalir melalui sistem dalam tubuh.

Serangan dopamin yang cepat ini sangat menarik, membuat banyak orang mengembangkan kebiasaan memeriksa ponsel mereka terlebih dahulu di pagi hari.

4. Sensitif Terhadap Afirmasi Eksternal

Jika harimu dimulai dengan mengecek ponsel, ini mungkin menunjukkan kepekaan terhadap penegasan eksternal. Sifat ini bukanlah suatu yang buruk, melainkan bagian dari sifat manusia.

Kita semua menghargai pengakuan dan persetujuan sampai tingkat tertentu. Di era digital saat ini, pengakuan dan persetujuan sering kali datang dalam bentuk suka, komentar, dan berbagi.

Menerima umpan balik positif di media sosial dapat memberikan rasa validasi dan membuat kita merasa dilihat dan dihargai. Tapi penting untuk diingat bahwa meskipun menikmati interaksi ini boleh-boleh saja tanpa menghilangkan harga diri kita yang terikat pada validasi eksternal.

5. Cenderung Multitasking

Jika kamu menekan tombol tunda dengan satu tangan dan menggulir ponsel dengan tangan lainnya, mungkin kamu adalah seorang multitasker alami. Pemeriksaan ponsel di pagi hari diantara seteguk kopi, sarapan, dan bersiap-siap untuk beraktivitas adalah suatu kemampuan luar biasa.

Meskipun melakukan banyak tugas bukanlah hal yang buruk, perlu diingat bahwa terkadang memberikan perhatian penuh pada satu tugas dapat memberikan hasil yang lebih baik.

6. Rasa Tanggung Jawab yang Kuat

Kebiasaan memeriksa ponsel terlebih dahulu di pagi hari mungkin merupakan tanda rasa tanggung jawab yang kuat. Kamu ingin memastikan bahwa berada di puncak untuk siap mengatasi tantangan apapun yang mungkin menghadang.

7. Ketergantungan Pada Perangkat Digital

Kebiasaan memeriksa ponsel segera setelah bangun tidur di pagi hari, mungkin merasa tidak lengkap tanpanya. Ponsel menjadi penopang yang kamu andalkan sepanjang hari, mulai dari saat membuka mata hingga menutupnya kembali di malam hari.

Meskipun ponsel cerdas kita menawarkan kenyamanan, hiburan, dan koneksi dengan orang tersayang. Tapi cobalah untuk tahan sejenak, luangkan waktu untuk bernapas dan mengapresiasi hari baru sebelum terjun ke dunia digital.

8. Ingin Mengendalikan Segala Hal

Jika harimu dimulai dengan memeriksa telepon, itu bisa menandakan perlunya pengendalian. Mungkin kamu memiliki ketakutan jika ketinggalan informasi mengenai pekerjaan atau lainnya.

Tapi pemeriksaan telepon pagi hari sebanyak apapun tidak akan mengubah hal itu. Ada baiknya untuk tetap mendapat informasi dan terorganisir.

Namun penting juga untuk menerima bahwa kita tidak bisa mengendalikan segalanya, ada beberapa hal yang membuat kita lengah, ada email yang tiba secara tak terduga, dan ada tweet yang hilang saat kita offline.

Pada saat-saat yang tidak direncanakan inilah kita seringkali menemukan kegembiraan dan pertumbuhan terbesar. Alih-alih mencoba mengendalikan segalanya, fokuslah untuk mengendalikan reaksimu terhadap apa yang terjadi dalam hidup.

Mengutip dari laman Hello Sehat, orang yang terus menerus mengecek handphone memiliki tingkat stres yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang menghabiskan waktu lebih sedikit dengan handphone.

Hal yang menjadi pemicu stres saat mengecek ponsel adalah dengan beredarnya isu politik, budaya, serta berita negatif lainnya. Apalagi jika itu semua kita serap saat akan memulai hari.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #seseorang #yang #mengecek #ponsel #setelah #bangun #tidur #pagi #hari #sering #menunjukkan #ciri #menurut #psikologi

KOMENTAR