5 Pernak Pernik Dekorasi Imlek Wajib di Rumah, Tambah Keberuntungan di Tahun Baru
Pengunjung mencari pernak-pernik Imlek di kawasan Glodok, Jakarta, Selasa (30/1/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
11:03
7 Pebruari 2024

5 Pernak Pernik Dekorasi Imlek Wajib di Rumah, Tambah Keberuntungan di Tahun Baru

Tahun baru China 2024 tinggal menghitung hari, tapi sudah tahu belum ada loh pernak pernik Imlek yang wajib tersedia saat dekorasi rumah.

Hari Raya Imlek 2024 jatuh pada 10 Februari mendatang, dan jadi tanda tahun Naga Kayu yang dipercaya punya nilai keberuntungan bagi shio tertentu.

Nah, untuk memaksimalkan keberuntungan bisa dengan memasang pernak pernik Imlek di rumah, yang punya makna dan pesannya tersendiri. Adapun daftarnya sebagai berikut, mengutip rilis yang diterima suara.com, Rabu (7/2/2024).

1. Kartu ucapan Imlek

Pengunjung mencari pernak-pernik Imlek di kawasan Glodok, Jakarta, Selasa (30/1/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Pengunjung mencari pernak-pernik Imlek di kawasan Glodok, Jakarta, Selasa (30/1/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

Mengirim kartu ucapan imlek kepada kerabat maupun keluarga menjadi salah satu tradisi yang biasa dilakukan untuk menjaga tali silaturahmi, dan membuat suasana menjadi lebih hangat.

Untuk itu, pemilihan desain, gambar, dan juga kalimat ucapan menjadi sangat penting karena akan memberikan makna tersendiri bagi yang menerimanya. Jadi sebaiknya desain dan custome sendiri deh kartu ucapan Imleknya agar lebih berkesan.

2. Angpao

Angpao adalah amplop merah kecil untuk diisi uang yang biasanya selalu ditunggu-tunggu oleh anak-anak dan orang dewasa yang belum menikah. Nah, biar tidak bosan bisa kok buat desain dan bentuk angpao dengan kreasi sendiri.

3. Lampion

Ilustrasi Imlek - 25 ucapan Imlek 2023 bahasa Inggris (Pixabay)Ilustrasi Imlek - 25 ucapan Imlek 2023 bahasa Inggris (Pixabay)

Salah satu tradisi yang dilakukan menjelang Imlek adalah memasang lampion sebagai dekorasi rumah. Biasanya selain bertuliskan harapan dan doa, lampion juga akan berisi gambar-gambar yang meriah seperti naga dan bunga.

Beberapa inspirasi lampion di rumah agar terlihat unik seperti membuat gambar bayi naga, pohon sebagai perwakilan kayu dengan kreasi sendiri sehingga lebih berkesan.

4. Bait musim semi

Orang Tionghoa percaya bahwa memasang bait akan membawa keberuntungan kepada si pemilik rumah. Berbeda dengan zaman dahulu, saat ini, bait sudah tersedia dengan berbagai desain yang menarik dan tentunya dengan canggihnya teknologi, juga bisa membuat bait versi sendiri di rumah loh.

5. Pohon mei hua

Sama halnya dengan perayaan Natal yang identik dengan pohon natal, Tahun Baru Imlek juga identik dengan Hiasan Pohon Mei Hua nya.

Pohon Mei Hua ini biasanya akan dilengkapi dengan berbagai hiasan tambahan, seperti amplop merah, lampion-lampion kecil, dan gambar-gambar yang mendeskripsikan tahun tersebut.

Perlu diketahui pohon mei hua adalah bunga nasional dari negara Tiongkok yang diresmikan pada tanggal 21 Juli 1964. Pohon ini melambangkan ketekunan dan kekuatan dalam menghadapi tantangan.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #pernak #pernik #dekorasi #imlek #wajib #rumah #tambah #keberuntungan #tahun #baru

KOMENTAR