Asah Kemampuan Bersaing Global, Sederet Siswa SMA Ini Ikut Harvard Model United Nations di AS
Siswa SMA Ikut Harvard Model United Nations di AS. (Dok. Istimewa)
13:26
29 Januari 2024

Asah Kemampuan Bersaing Global, Sederet Siswa SMA Ini Ikut Harvard Model United Nations di AS

Siswa-siswi SMA Islam Al Azhar 1 Jakarta belum lama ini baru saja terlibat dua acara skala internasional, yaitu Harvard Model United Nations (HMUN) 2024 di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, pada tanggal 25-28 Januari 2024, dan Yale Model United Nations (MUN) 2023 di Seoul, Korea Selatan, pada November 2023.

Kepala SMAI Al Azhar 1 Jakarta, Bahron Fathin, MA, menyatakan bahwa partisipasi dalam HMUN adalah kesempatan yang penting bagi siswa-siswi untuk mendapatkan pengalaman internasional, membangun kepercayaan diri, dan memperluas wawasan global mereka.

Program ini merupakan implementasi dari visi SMA Islam Al Azhar 1 untuk bersaing secara global sambil mempertahankan nilai-nilai dan adab islami.

"Mereka juga belajar mengasah kemampuan negosiasi dan sosialisasi dengan wakil delegasi negara lainnya. Program ini merupakan implementasi konkret dari pengembangan visi SMA Islam Al Azhar 1 untuk dapat bersaing secara global dengan tetap membawa nilai-nilai dan adab islami," katanya dalam keterangan tertulis baru-baru ini. 

Siswa SMA Ikut Harvard Model United Nations di AS. (Dok. Istimewa)Siswa SMA Ikut Harvard Model United Nations di AS. (Dok. Istimewa)

HMUN 2024, sebagai sidang PBB skala internasional tahunan yang diadakan oleh Universitas Harvard di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, menarik peserta dari 250 sekolah dari 50 negara, dengan total 3600 siswa-siswi.

Setelah melalui seleksi ketat dari Universitas Harvard, SMAI Al Azhar 1 mendapatkan kesempatan luar biasa untuk berpartisipasi dengan membawa 19 delegasi siswa yang didampingi oleh guru pembimbing, Siti Rahayu, S.Pd, dan M. Rohmat, S. Pd.

Selain mengikuti kegiatan utama HMUN, siswa-siswi SMA Islam Al Azhar 1 juga mengambil bagian dalam Extravaganza HMUN 2024. Dalam acara ini, mereka memperkenalkan produk makanan khas Indonesia seperti minuman herbal, kopi, dan mi instan. Dengan memakai kostum batik yang ikonik dari Indonesia, booth SMA Islam Azhar 1 berhasil menarik perhatian peserta HMUN.

Bahron berharap bahwa melalui kegiatan ini, siswa-siswi dapat menunjukkan dan menyebarkan nilai-nilai keislaman yang beradab dan berakhlakul karimah, sambil memperkenalkan budaya Indonesia kepada peserta lainnya.

Sebelum berkompetisi, calon delegasi menjalani latihan intensif selama 4-5 bulan untuk mengasah keterampilan berbahasa Inggris secara lisan dan tertulis. Selain kemampuan berfikir kritis, berdiplomasi, dan bernegosiasi mengenai berbagai permasalahan global, mereka juga diminta untuk menyusun karya tulis (position paper) sebelum sidang PBB dimulai.

Persiapan panjang ini memberikan pengalaman berharga dan wawasan yang mendalam bagi para siswa dan siswi.

Partisipasi SMA Islam Al Azhar 1 dalam HMUN 2024 dan Yale MUN 2023 bukan hanya meraih prestasi, tetapi juga menjadi bagian dari perjalanan menjadi warga dunia global. Dengan melibatkan siswa-siswi dalam kegiatan ini, sekolah ini mendorong pengembangan kemampuan berpikir kritis, diplomasi, dan kolaborasi, serta menanamkan rasa peduli terhadap isu-isu global yang saat ini mengemuka di dunia.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #asah #kemampuan #bersaing #global #sederet #siswa #ikut #harvard #model #united #nations

KOMENTAR