Kaya akan Vitamin C! Selain Banyak Manfaat, Berikut Nutrisi yang Terkandung pada Buah Kelengkeng yang Wajib Kamu Ketahui
Buah Kelengkeng (Sumber foto: Freepik)
09:34
29 Januari 2024

Kaya akan Vitamin C! Selain Banyak Manfaat, Berikut Nutrisi yang Terkandung pada Buah Kelengkeng yang Wajib Kamu Ketahui

Jawapos.com – Buah kelengkeng memang banyak memiliki manfaat. Manfaat paling umum yang terkandung pada buah yang berbentuk seperti buah ceri ini, adalah Vitamin C.

Kelengkeng segar kaya akan vitamin C, seperti kebanyakan buah-buahan lainnya, yang
merupakan salah satu alasan mengapa buah sangat penting dalam pola makan sehat.

Dengan banyaknya Vitamin C, buah ini juga memiliki berbagai manfaat yang harus kamu ketahui.

Beragam manfaat untuk kesehatan juga terkandung didalam buah ini.

Buah kelengkeng juga sangat mudah didapatkan di pasar. Selain itu buah ini juga memiliki
nutrisi yang sangat bagus untuk kesehatan. Ahli gizi menekankan bahwa mengkonsumsi berbagai buah-buahan akan memberi Anda beragam nutrisi.

Dikutip Jawapos.com dari WebMD (28/1), bahwasannya selain Vitamin C yang bagus untuk imun, buah kelengkeng juga memiliki manfaat untuk kesehatan sebagai berikut :

1. Kesehatan pada Jaringan Tubuh

Ketika jari kita terluka, pasti dengan vitamin C luka kita cepat sembuh. Dikenal sebagai asam askorbat, vitamin C sangat penting untuk kesehatan jaringan dan mempercepat penyembuhan luka.

Ini juga membantu tubuh membuat kolagen, zat keras yang merupakan bagian dari otot, tulang rawan, kulit, tulang, dan hampir setiap bagian tubuh lainnya.

2. Kesehatan jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa karena vitamin C merupakan antioksidan, maka vitamin C dapat berkontribusi terhadap kesehatan jantung.

Hal ini dapat mengurangi kekakuan arteri, ciri khas penyakit kardiovaskular. Jika pada suplemen vitamin C tampaknya tidak memberikan efek ini.

Namun mendapatkan vitamin C dari sumber nabati, seperti kelengkeng, tampaknya merupakan cara yang lebih baik untuk kesehatan jantung.

3. Kontrol Tekanan Darah

Kelengkeng mengandung potasium dalam jumlah yang baik, yang membantu mengontrol tekanan darah.

Banyak ahli gizi menganggap potasium sebagai nutrisi yang kurang dikonsumsi, dan kebanyakan orang Amerika hanya mengonsumsi setengah dari jumlah yang disarankan.

Kelengkeng mengandung sejumlah kecil beberapa vitamin dan mineral yang merupakan sumber berharga.
Selain bermacam manfaat yang ada, berikut nutrisi yang terkandung pada buah kelengkeng yang wajib kamu ketahui seperti :

Kalori: 38
Protein: 1 gram
Lemak: 0 gram
Karbohidrat: 10 gram
Serat: 0 gram
Gula: 0 gram

Berikut tadi beberapa penjelasan tentang manfaat yang kita dapatkan dari buah kelengkeng.

Sering makan buah, dapat membantu menjaga kesehatan kita dan juga dapat kita ketahui tentang apa saja yang terkandung dalam buah kelengkeng.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #kaya #akan #vitamin #selain #banyak #manfaat #berikut #nutrisi #yang #terkandung #pada #buah #kelengkeng #yang #wajib #kamu #ketahui

KOMENTAR