Jejak Politik Nafa Urbach, Caleg Nasdem Tapi Akan Pilih Ganjar Jika Anies Gagal Putaran Pertama
Nafa Urbach. [Instagram/nafaurbach]
12:34
26 Januari 2024

Jejak Politik Nafa Urbach, Caleg Nasdem Tapi Akan Pilih Ganjar Jika Anies Gagal Putaran Pertama

Nafa Urbach ikut buka suara terkait sosok calon presiden yang akan ia dukung. Artis yang kini juga aktif sebagai politisi Partai NasDem ini memilih Ganjar Pranowo, apabila Anies Baswedan gagal di putaran pertama Pilpres 2024.

"Saya pilih Ganjar (jika Anies tak lolos putaran pertama), punya respon hati yang benar, sikap hati yang benar, bisa menjaga emosinya dengan sangat luar biasa," ucap Nafa dalam acara bersama Uya Kuya, dikutip Jumat (26/1/2024).

Menurutnya, seorang pemimpin harus menjadi contoh untuk bangsa, sehingga perlu memiliki sikap yang baik. Adapun pernyataan soal capres itu lantas membuat rekam jejak politik Nafa Urbach turut menuai rasa penasaran. 

Rekam Jejak Politik Nafa Urbach

Nafa Urbach memulai karier politiknya pada tahun 2018 lalu dengan bergabung ke Partai NasDem. Ia lalu maju menjadi calon anggota legislatif (caleg), meski gagal terpilih, pada 2019 untuk daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah VI.

Daerah pemilihan tersebut mencakup Purworejo, Wonosobo, Magelang, dan Temanggung. Diketahui, Magelang merupakan tanah kelahiran Nafa Urbach. Di sisi lain, ia juga memiliki alasan mengapa memilih NasDem.

Menurutnya, partai tersebut mempunyai kesamaan dengan visi misinya. Lalu, alasannya terjun ke dunia politik karena ingin mengangkat sejumlah isu. Salah satunya isu soal anak dan perempuan yang seringkali dibiarkan begitu saja.

Nafa menjadi semakin 'melek' di dunia sosial dan politik usai putrinya menerima komentar berbau pedofilia di media sosial. Ia pun sudah bekerjasama dengan Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) dan Lembaga Pemberdayaan Perempuan. 

Ia menjadi tahu soal masalah yang menimpa anak serta perempuan, seperti perdagangan manusia, pelecehan, hingga pernikahan dini. Atas dasar itu, Nafa ingin ikut andil membantu mengatasi hal tersebut.

Menurutnya, kendaraan yang bisa menjangkau hal itu adalah partai politik. Oleh karenanya, Nafa memutuskan menjadi politisi. Kini, ia pun dikabarkan kembali maju dalam Pileg 2024 dengan dapil yang sama.

Profil Singkat Nafa Urbach

Nafa Urbach merupakan anak dari pasangan Ronald Walter Urbach dan Neneng Kusuma. Ia lahir pada 15 Juni 1980 atau saat ini berusia 43 tahun. Ia memiliki adik bernama Alam Anggara Urbach berprofesi sebagai penulis lagu. 

Ia terlahir dengan agama Kristen. Namun, saat menjalin hubungan dengan aktor Primus Yustisio, Nafa Urbach memilih pindah ke Islam. Lalu, usai putus pada tahun 2003, ia kembali pindah keyakinan menjadi Kristen.

Nafa pada 16 Februari 2007 pun dipinang oleh aktor sekaligus model blasteran bernama Zack Lee. Dari sini, keduanya dikaruniai anak perempuan yang diberi nama Mikhaela Lee Juwono dan lahir pada 8 Februari 2011 silam.

Sayangnya, pernikahan Nafa dan Zack tidak bertahan lama. Mereka resmi bercerai pada 23 Oktober 2017. Meski begitu, hubungan mereka diketahui masih akur hingga kini. Di sisi lain, Nafa Urbach merupakan lulusan Ilmu Politik.

Sementara kariernya di dunia hiburan dimulai dengan menjadi vokalis Kid Rock pada 1990. Lalu sebagai aktris, Nafa mengawalinya sekitar tahun 1994-1995 dengan membintangi sinetron yang cukup populer berjudul Deru dan Debu.

Sejak saat itu, Nafa Urbach mulai terlibat banyak proyek sinetron. Mulai dari Kembalinya Si Manis Jembatan Ancol, Terpikat, Kasih, Permaisuri Hatiku, Si Cecep, Misteri Toko Antik, Rahasia Aura hingga Nathan & Nadia.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #jejak #politik #nafa #urbach #caleg #nasdem #tapi #akan #pilih #ganjar #jika #anies #gagal #putaran #pertama

KOMENTAR