Puji Gibran Bernyali Lawan Cak Imin, Hotman Paris Ternyata Teman Satu Almamater Anak Jokowi
Hotman Paris Hutapea di kawasan Tendean, Jakarta, Selasa (14/11/2023) [Suara.com/Adiyoga Priyambodo]
18:01
25 Januari 2024

Puji Gibran Bernyali Lawan Cak Imin, Hotman Paris Ternyata Teman Satu Almamater Anak Jokowi

Hotman Paris Hutapea menambah panjang daftar public figure yang memuji penampilan Gibran Rakabuming Raka di Debat Cawapres hari Minggu (21/1/2024). Bahkan Hotman menyamakan Gibran layaknya anak Medan yang bernyali besar.

Ini sama saja seperti Anak Medan!!! Nyali,” tulis Hotman di kolom caption unggahan Instagram-nya, dikutip pada Kamis (25/1/2024).

Hotman terlihat mengunggah video saat Gibran mendebat Cawapres 01, Muhaimin Iskandar, terkait kebijakan pengelolaan nikel yang menjadi salah satu sumber daya andalan Indonesia. Diketahui kubu Gibran mendukung keberlanjutan hilirisasi nikel, sementara pihak Cak Imin berdiri di posisi berseberangan.

Sikap Hotman jelas menuai pro dan kontra di kalangan warganet. Namun Hotman juga diduga berpihak terhadap kubu 02 karena selama ini menjadi kuasa hukum keluarga Prabowo Subianto.

Riwayat Pendidikan Hotman Paris Hutapea

Hotman Paris. [Suara.com/Tiara Rosana]Hotman Paris. [Suara.com/Tiara Rosana]

Sepak terjang Hotman Paris Hutapea sebagai pengacara memang tak perlu lagi diragukan. Diketahui Hotman merupakan jebolan jurusan hukum di beberapa universitas bergengsi, dan bahkan telah mendapatkan gelar doktor di bidang tersebut.

Dikutip dari akun LinkedIn-nya, Hotman tercatat menempuh pendidikan tinggi di bidang Ilmu Hukum di Universitas Katolik Parahyangan. Pengacara kelahiran 20 Oktober 1959 itu lantas dinyatakan lulus sebagai Sarjana Hukum pada tahun 1981.

Hotman kemudian melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 Ilmu Hukum di University of Technology Sydney (UTS) Australia. Hotman tampak menyelesaikan pendidikannya pada periode 1990-1991.

Selain di UTS Australia, Hotman juga mengenyam pendidikan pascasarjana bidang hukum di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada tahun 2005-2006. Kemudian Hotman melanjutkan studi ke jenjang doktoral, lebih tepatnya di bidang hukum internasional, di Universitas Padjajaran pada tahun 2007-2010. Hotman dinyatakan lulus dengan predikat cumlaude.

Teman Satu Almamater Gibran Rakabuming Raka

Gibran dalam sesi debat keempat Pilpres 2024 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024). (Istimewa)Gibran dalam sesi debat keempat Pilpres 2024 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024). (Istimewa)

Riwayat Hotman Paris Hutapea pernah berkuliah di UTS Australia tentu mengingatkan publik akan rekam jejak pendidikan Gibran Rakabuming Raka yang kini menjadi pasangan Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Diketahui anak sulung Presiden Joko Widodo itu sempat berkuliah S1 di Management Development Institute of Singapore (MDIS) dan tamat dengan gelar B.Sc (Hons.). Setelahnya Gibran melanjutkan pendidikan ke University of Technology Sydney (UTS) Australia, lebih tepatnya di bawah naungan program Insearch.

Menurut informasi dari Study at Australia, program Insearch adalah program premium untuk pelajar mendapat fasilitas studi dari UTS. Dikutip dari laman resmi UTS, program tersebut memberi kesempatan untuk mahasiswa internasional menempuh studi di bidang Bisnis Internasional.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #puji #gibran #bernyali #lawan #imin #hotman #paris #ternyata #teman #satu #almamater #anak #jokowi

KOMENTAR