Jika Kamu Tidak Ingin Menua Tanpa Ada Rasa Penyesalan, Mulailah Lakukan 7 Hal Ini dari Sekarang
Ilustrasi menua tanpa penyesalan. (Foto : Unsplash.com/MatteoVistocco)
12:28
18 September 2024

Jika Kamu Tidak Ingin Menua Tanpa Ada Rasa Penyesalan, Mulailah Lakukan 7 Hal Ini dari Sekarang

- Ketika usia mulai menua, seringkali ada penyesalan dalam diri tentang hal yang kita lakukan di masa muda. Kalau saja waktu bisa diputar kembali, maka akan membenahi kehidupan masa lalu.

Tapi penyesalan yang kita rasakan tidak akan ada ujungnya bahkan semakin banyak pikiran, stres, dan akhirnya tidak bersyukur karena telah diberikan umur yang panjang.

Melansir dari laman Expert Editor pada (18/09) jika kamu tidak ingin menua tanpa ada rasa penyesalan, mulailah lakukan 7 hal ini dari sekarang:

1. Merangkul Perawatan Diri

Seiring bertambahnya usia, secara alami tubuh akan mengalami perubahan. Tapi dari cara kita menghadapi perubahan ini dapat membuat perbedaan besar di tahun-tahun berikutnya.

Oleh karenanya, terapkan konsep prawatan diri agar bersikap proaktif terhadap kesehatan dan kesejahteraan. Ini bukan hanya tentang makan dengan benar dan berolahraga secara teratur, meskipun itu adalah bagian besar darinya.

Melainkan tentang meluangkan waktu untuk bersantai dan menyegarkan diri, terlibat dalam aktivitas yang kamu sukai, dan yang membuat dirimu tetap sehat secara mental.

2. Membina Hubungan yang Bermakna

Jika sedang menilik kembali kehidupan dan merencanakan masa depan tanpa penyesalan, jangan abaikan pentingnya membina hubungan yang bermakna.

Tetaplah berhubungan baik dengan teman-teman sekolahmu, jalin hubungan mendalam dengan pasanganmu dalam waktu yang cukup lama. Meskipun semua itu butuh kesabaran dan tidak terlepas dari konflik, tapi momen-momen inilah yang paling bermakna.

Dengan kamu menemani mereka saat senang dan susah, cinta serta kasih sayang itu dapat dirasakan lebih dari adanya ikatan darah.

3. Belajar untuk Melepaskan

Mari kita hadapi kenyataan bahwa hidup selalu memberi kejutan. Kita semua membuat kesalahan, mengalami kekecewaan, dan memiliki cukup banyak penyesalan. Tapi, berpegang teguh pada hal-hal ini dapat membebani dan mencegah kita menikmati masa kini dan masa depan sepenuhnya.

Peneliti di Unit Kognisi dan Ilmu Otak Medical Research Council (MRC) menemukan bahwa individu yang lebih mampu melepaskan dan menekan pikiran negatif cenderung mengalami kesejahteraan yang lebih baik dan lebih sedikit masalah kesehatan terkait stres.

Melepas tidak berarti melupakan atau mengesampingkan pengalaman, melainkan untuk menerima hal yang telah terjadi, dan menjadikan pembelajaran untuk kedepannya. Meskipun itu sulit, tapi percayalah saat kamu menua nanti tidak tumbuh lagi rasa penyesalan.

4. Kejarlah Minatmu

Hidup ini penuh dengan tanggung jawab dan mudah untuk terjebak dalam rutinitas harian, sehingga melupakan hal yang benar-benar diinginkan dalam diri.

Dengan mengejar minat, kamu tidak hanya memperkaya hidup tetapi juga menciptakan kenangan indah yang akan berharga. Karena hal tersebut belum tentu bisa kamu lakukan saat di masa tua.

5. Berlatih untuk Bersyukur

Ada kalanya hidup itu tidak sesuai dengan hal yang direncanakan, alih-alih marah dan meluapkan emosi dengan cara negatif, maka lebih baik berlatih untuk bersyukur.

Bersyukur ini bukan tentang mengucap "terima kasih" melainkan adalah upaya sadar untuk mengakui dan menghargai hal-hal baik dalam hidup kita, tidak peduli seberapa kecil hal itu.

Di setiap malam sebelum tidur, cobalah untuk menuliskan 3 hal yang kamu syukuri dalam hari ini. Sehingga hati dan pikiran akan berisi hal-hal positif, serta tidak ada lagi penyesalan saat kamu menua nanti.

6. Terapkan Pembelajaran Seumur Hidup

Hidup di dunia yang terus berkembang ini selalu ada hal baru untuk dipelajari, indahnya pembelajaran adalah tidak terbatas pada ruang kelas atau buku teks.

Baik itu mempelajari keterampilan baru, menjelajahi budaya yang berbeda, atau sekadar membaca tentang topik yang menarik. Belajar akan membuat pikiranmu tetap tajam dan aktif.

Jangan menghindar dari kesempatan belajar ini lalu biasakan diri untuk menantang diri sendiri, mengajukan pertanyaan, dan mencari pengetahuan.

Seiring bertambahnya usia, kamu akan memiliki harta karun berupa pengetahuan dan pengalaman, bukan penyesalan. Bahkan hal tersebut bisa bermanfaat pada orang lain bahkan keturunanmu nanti.

7. Menikmati Hidup Saat Ini

Sering kali kita menghabiskan begitu banyak waktu mengkhawatirkan masa depan atau berkutat pada masa lalu sehingga lupa untuk hidup di masa kini.

Menyadari masa kini memungkinkan untuk terlibat sepenuhnya dengan pengalaman. Hal itu membuat kita lebih menyadari perasaan, pikiran, dan lingkungan sekitar.
Serta hal itu membantu kita menghargai kegembiraan hidup yang sederhana yang mungkin sempat diabaikan.

Jadi, fokuslah membuat momen berarti entah itu menikmati secangkir kopi di pagi hari, berjalan-jalan di taman, atau menghabiskan waktu berkualitas dengan orang-orang terkasih.

Mengutip dari laman Mindtera, selama penyesalan itu dikelola dengan baik maka dapat membantu kita untuk tahu letak kesalahan dan mengajarkan diri agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Saat menua nanti, harusnya mampu menikmati hidup dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat di sisa usia. Percayalah kualitas hidupmu nanti akan lebih baik jika sudah dilatih dari sekarang.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #jika #kamu #tidak #ingin #menua #tanpa #rasa #penyesalan #mulailah #lakukan #dari #sekarang

KOMENTAR