Bisa Meringankan Gejala Depresi hingga Memperbaiki Kualitas Tidur, Berikut Ini Deretan Manfaat Memelihara Kucing yang Wajib Diketahui
Seseorang sedang bermain dengan kucing peliharaannya.(Freepik)
17:28
13 September 2024

Bisa Meringankan Gejala Depresi hingga Memperbaiki Kualitas Tidur, Berikut Ini Deretan Manfaat Memelihara Kucing yang Wajib Diketahui

kucing merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang umum dipelihara di Indonesia. Tingkah laku yang lucu dan terkesan jinak menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang memelihara kucing.

Apakah kamu juga salah satu dari orang yang ingin memelihara kucing? Tapi kamu masih ragu? Dikutip dari vet.cornell.edu, pada Jumat (13/9),berikut deretan manfaat yang akan kamu dapatkan jika kamu memelihara kucing di bawah ini:

Menurunkan level stres

Kalian mungkin pernah mendengar bahwa memelihara kucing dapat meredakan stres. Khususnya dengan cara mengelus kucing.

Penelitian juga menemukan bahwa meluangkan waktu bersama kucing dan mengelusnya dapat mengurangi stress, meredakan kecemasan, dan bahkan meringankan gejala depresi.

Menurut penelitian yang dilakukan Cornell University College of Veterinary Medicine pada mahasiswa yang cenderung stres, menemukan bhawa mengelus kucing dan anjing selama 10 menit dapat menurunkan jumlah kortisol (hormon stres).

Meningkatkan kesehatan fisik

Selain baik bagi kesehatan mental, kucing juga baik bagi kesehatan fisik. Sebuah penelitian menemukan bahwa pemilik kucing memiliki resiko penyakit jantung dan stroke yang lebih rendah.

Pemilik kucing memilki resiko darah tinggi yang lebih rendah disbanding dengan orang yang tidak memiliki kucing. Hal ini menunjukkan bahwa kucing tidak hanya baik untuk Kesehatan mental, tapi juga Kesehatan fisik.

Meningkatkan interaksi sosial

Memiliki kucing dapat meningkatkan interaksi sosial antar pemilik. Pemilik kucing dapat menghadiri event tertentu yang menyebabkan terjadinya interaksi sosial antar pemilik kucing. Percakapan ringan antar pemiliki kucing itu dapat membangun hubungan sosial.

Hal sesederhana menemani kucing berkeliling di daerah sekitar rumah akan meningkatkan interaksi sosial. Hal ini dapat terjadi karena orang-orang cenderung suka melihat kelucuan kucing dan menyapa mereka.

Meningkatkan tanggung jawab

Memiliki dan merawat kucing dapat meningkatkan tanggung jawab pemilik kucing. Memiliki peliharaan untuk dirawat dapat memberikan rasa tanggung jawab dan motivasi baik bagi pemilik kucing.

Pemilik kucing akan merasa bertanggung jawab atas kucing yang dipeliharanya, rasa tanggung jawab itu akan muncul perlahan seiring dengan berjalannya waktu dalam merawat kucing.

Mengurangi kesepian

Bagi mereka yang hidup sendirian, misalnya anak kos, atau perantau yang jauh dari keluarga, akan sangat rentan merasa kesepian karena tidak memiliki teman di rumah. Maka memelihara kucing dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat dipertimbangkan.

Jika kamu sekarang sedang berada di prantauan, memelihara kucing mungkin akan menjadi salah satu jawaban untuk mengurangi rasa kesepianmu. Kucing akan menemanimu di rumah atau kos dan memberimu hiburan karena tingkah laku lucu mereka.

Meningkatkan kualitas tidur

Kehadiran kucing dapat menenangkan dan membantu membangun suasana tidur yang baik. Suara purring yang dihasilkan oleh kucing saat merasa nyaman juga membantu meningkatkan ketenangan. Hal-hal tersebut dapat meningkatkan kualitas tidur.

Baik bagi mental health

Tingkah laku yang lucu, reaksi yang menggemaskan, dan kehadiran yang dapat menenangkan dari seekor kucing dapat menambahkan efek positif bagi kesehatan mental.

Pada point sebelumnya, telah dijelaskan bahwa kucing akan menurunkan rasa kesepian. Masalah kesehatan mental yang muncul akibat rasa kesepian itu dapat dikurangi dengan kehadiran kucing di rumahmu.

Meningkatkan umur

Dari semua hal positif yang didapat berkat memelihara kucing, tentunya akan memberikan kualitas hidup lebih  baik sehingga meningkatkan tingkat panjang umur. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pemiliki kucing memiliki resiko kematian akibat serangan jantung lebih rendah disbanding yang tidak memiliki kucing.

Apakah deretan manfaat di atas mampu membuat kamu lebih yakin untuk membuat kamu yakin memelihara kucing?

Sederetan manfaat di atas diharapkan akan membuat para pemilik kucing menyayangi kucing mereka karena kucing memberikan begitu banyak kebahagiaan.

Editor: Kuswandi

Tag:  #bisa #meringankan #gejala #depresi #hingga #memperbaiki #kualitas #tidur #berikut #deretan #manfaat #memelihara #kucing #yang #wajib #diketahui

KOMENTAR