Apa Itu ‘Capsule Wardrobe?’ Solusi Ubah Penampilan Jadi Lebih Stylish dengan Budget Minimalis, Kamu Wajib Coba!
Ilustrasi Capsule Wardrobe. (Freepik)
13:42
11 September 2024

Apa Itu ‘Capsule Wardrobe?’ Solusi Ubah Penampilan Jadi Lebih Stylish dengan Budget Minimalis, Kamu Wajib Coba!

 

Tampil stylish atau bergaya sering kali dipandang sebagai sesuatu yang merepotkan, terlebih lagi bagi laki-laki. Bahkan, sebagian besar kaum adam di Indonesia menganggap fashion sebagai kebutuhan tersier.

Karenanya, fashion kerap kali dianggap sebagai hal tabu, mahal, hingga sesuatu yang identik dengan wanita. Padahal, gaya busana stylish dapat meninggalkan kesan yang baik bagi diri kita di mata orang lain. Membuat kita lebih percaya diri dan juga presentable.

Dilansir dari Men Style Guide UK, penelitian juga telah membuktikan bahwa orang dengan pakaian bagus dianggap sebagai individu yang lebih berpenghasilan tinggi. Suka atau tidak, hal pertama yang orang lain lihat dari diri kita adalah penampilan. Maka dari itu, penting untuk meninggalkan kesan pertama yang baik.

Kamu laki-laki dan bingung untuk mulai dari mana? Capsule wardrobe bisa jadi solusinya, simak penjelasan berikut ini!

Apa itu ‘Capsule Wardrobe’?

Capsule wardrobe atau lemari kapsul didefinisikan oleh Cambridge Dictionary sebagai koleksi kecil pakaian yang dapat dipadupadankan.

Sementara itu, jika kita melansir dari Joseph Turner UK ‘capsule wardrobe’ diartikan sebagai koleksi pakaian cermat yang dapat dipadupadankan untuk menciptakan tampilan stylish di setiap kesempatan.

Serbaguna adalah kata kunci yang penting dalam membuat capsule wardrobe. Dengan kata lain, gaya klasik, tak lekang waktu, dan warna netral adalah hal yang harus diperhatikan dalam membuat lemari kapsul.

Meskipun demikian, sentuhan kepribadian tetaplah penting dalam menentukkan gaya pakaian. Pastikan setiap item dapat dipadupadankan satu sama lain.

Mengapa ‘Capsule Wardrobe’ Penting?

Dilansir dari the essential mancapsule wardrobe adalah cara terbaik untuk tampil stylish. Kebanyakan pria umumnya kebingungan menentukkan apa yang akan mereka pakai atau dalam kasus lain justru menggunakan pakaian seadanya tanpa perencanaan yang baik. Maka dari itu, lemari kapsul hadir sebagai solusinya.

Lemari kapsul dapat memudahkan kamu dalam perencanaan busana. Dengan lemari kapsul, kamu tidak akan kewalahan dengan pilihan yang terlalu banyak. Setiap item di dalamnya sudah dipilih dengan cermat disesuaikan dengan kebutuhan dan aktivitas sehari-hari.

Selain itu, capsule wardrobe juga dapat membuat kamu tampil lebih stylish dengan budget minimalis. Lemari kapsul sendiri disusun berdasarkan kebutuhan dengan pakaian yang dapat dipadupadankan. Dengan begitu, kamu dapat menciptakan berbagai kombinasi dengan item yang tersedia.

Penerapan kombinasi item pakaian juga dapat menghemat pengeluaran kamu. Dilansir dari Joseph Turner UK, penggunaan capsule wardrobe dapat mencegah kamu dari membeli pakaian secara impulsif, karena hampir setiap item fashion sudah tersedia dalam lemari.

Namun, agar tetap relevan dengan zaman. Kamu bisa menetapkan jadwal berbelanja pakaian pada musim-musim tertentu seperti, hari raya Idul Fitri, Natal hingga tahun baru.

Penerapan ‘Capsule Wardrobe’ dalam Kehidupan Sehari-hari

Untuk menerapkan capsule wardrobe dalam kehidupan sehari-hari. Kamu bisa memulainya dengan menentukkan kebutuhan pakaian disesuaikan dengan aktivitas yang dilakukan.

Dilansir dari media gazman, ada empat hal yang harus diperhatikan dalam menentukkan kebutuhan pakaian di lemari kapsul. Pertama, kamu bekerja dari rumah atau kantor? Apakah kamu sering melakukan aktivitas sosial? Di manakah kamu tinggal? Kegiatan atau hobi apa yang biasa dilakukan di akhir pekan?

Jawaban dari pertanyaan di atas dapat dipertimbangkan sebagai panduan dalam menyusun lemari kapsul. Misalnya, jika kamu bekerja di kantor dari Senin hingga Jumat, kamu akan membutuhkan lebih banyak pakaian formal dibanding casual.

Jika kamu memiliki banyak aktivitas sosial, intensitas dari pakaian santai juga tetap harus diperhatikan. Satu hal yang pasti, capsule wardrobe harus bisa menjawab kebutuhan berbusana kamu selama satu minggu penuh.

Setelah mengidentifikasi kebutuhan pakaian, kamu bisa melanjutkannya dengan memilih palet warna yang sesuai dengan karakter kamu. Dilansir dari Joseph Turner UK, tentukanlah warna pakaian dan item fashion yang sering kamu gunakan. Pastikan setiap item dapat dipadupadankan dengan baik.

Capsule wardrobe bagi pria sebaiknya dipenuhi dengan warna netral seperti putih, hitam, abu-abu, biru tua, zaitun, khaki dan cokelat. Penggunaan warna tersebut akan memudahkan kamu dalam mengombinasikan item fashion dan membuat kamu terlihat stylish.

Selanjutnya, kamu bisa menentukkan pakaian pokok yang akan dimasukkan ke dalam lemari kapsul. Berikut beberapa rekomendasi item fashion yang wajib masuk dalam ‘capsule wardrobe’ kamu.

  1. Dua jenis jaket (1 formal dan 1 casual)

Untuk acara resmi kamu bisa menggunakan jas hitam, sedangkan di acara santai kamu bisa menggunakan jaket kulit atau tartan.

  1. Kemeja formal (minimal 5 buah)

Sebagai seorang pekerja, kamu membutuhkan setidaknya lima kemeja berkerah untuk digunakan setiap hari. Penggunaannya dapat kamu kombinasikan dengan celana bahan atau chino. Pastikan warna atasan dan bawahan cocok.

  1. Celana bahan, chino, dan jeans

Celana bahan berwarna gelap adalah pilihan sempurna untuk bekerja, karena dapat menunjukkan kesan serius.

Sementara itu, untuk celana chino kamu bisa memilih warna zaitun atau khaki. Tujuannya agar penggunaannya bisa lebih fleksibel. Kamu bisa mengombinasikannya dengan kemeja untuk bekerja. Di sisi lain, kamu juga bisa memadupadankan chino dengan kaus untuk akhir pekan. Di samping itu, kamu bisa gunakan jeans untuk tampilan casual yang lebih berani.

  1. Atasan (Kaos Oblong, Polo, hingga Kemeja Flannel)

Untuk kamu yang suka bergaya santai dan minimalis, kamu bisa memilih kaos oblong sebagai item fashion andalan saat berkegiatan di akhir pekan. Pastikan kamu memiliki satu kaos oblong putih sehingga mudah dipadupadankan dengan outer seperti jaket atau pun flannel.

Sementara itu, untuk kamu yang suka bergaya santai tapi tetap elegan. Kamu bisa memilih polo sebagai item andalan kamu. Bahkan, beberapa tempat bekerja juga kini sudah memperbolehkan penggunaan polo.

  1. Sepatu (Formal dan Kasual)

Kamu setidaknya harus memiliki dua jenis sepatu. Untuk bekerja kamu bisa menggunakan pantofel atau pun loafers. Sementara itu, sneakers dapat menjadi pilihan dalam acara casual.

  1. Item Musiman

Capsule wardrobe jelas mengutamakan efisiensi. Maka dari itu, penting menyiapkan pakaian sesuai dengan musim. Untuk musim hujan kamu dapat menggunakan sweater, hoodie hingga jaket kulit, sedangkan untuk musim panas kamu bisa menyiapkan kaus berbahan tipis, topi, hingga kacamata hitam.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #capsule #wardrobe #solusi #ubah #penampilan #jadi #lebih #stylish #dengan #budget #minimalis #kamu #wajib #coba

KOMENTAR