Puput Novel Sakit Apa? Keluarga Ungkap Firasat dan Detik-Detik Meninggalnya
Puput Novel Sakit Apa? (Ig/@puputnovel_)
13:08
9 September 2024

Puput Novel Sakit Apa? Keluarga Ungkap Firasat dan Detik-Detik Meninggalnya

Mantan penyanyi cilik, Puput Novel meninggal dunia di usia 50 tahun saat menjalani perawatan di Rumah Sakit MMC Kuningan, Jakarta Selatan, pada hari Minggu (8/9/2024) malam. Diketahui, Puput memang sempat jatuh sakit dan dilarikan ke rumah sakit sebelum akhirnya menghembuskan napas terakhirnya. Tak sedikit yang penasaran dan mencari tahu Puput Novel sakit apa?

Penyakit yang menjadi penyebab meninggalnya Puput Novel tersebut terjawab sudah. Adik kandung Puput, Baginda Jaya, menjelaskan jika mendiang sang kakak meninggal lantaran mempunyai riwayat penyakit kanker payudara yang sudah dideritanya sejak tahun 2021 lalu.

Saat didiagnosa kanker, Puput mulai menjalani pengobatan dan perawatan di rumah sakit. Kondisinya bahkan sempat membaik antara tahun 2022-2023. Dalam kurun waktu itu, Puput terbilang sangat aktif, salah satunya ia terjun ke dunia politik.

“Sudah dari 2021. Sudah terdiagnosa langsung kanker payudara. Nggak lama sih, sebulan kemudian langsung ambil tindakan medis,” kata Baginda Jaya kepada awak media di rumah duka, kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Minggu (8/9/2024) malam.

Baca Juga: Puput Novel Meninggal Dunia, Sahabat Artis Ungkap Penyebabnya

“Tahun 2022-2023 itu sempat membaik. Bahkan kan kemarin beliau sempat ikut Pemilu ya. Karena beliau juga politisi,” sambungnya.

Sayangnya, pada bulan Agustus lalu, kesehatan Puput Novel tiba-tiba menurun drastis. Menurut Baginda Jaya, hal ini karena sang kakak mengalami sejumlah komplikasi, mulai dari penyakit paru-paru hingga jantung.

“Kita pikir akan semakin baik. Cuma pas 2024 itu, bulan Agustus sudah langsung drop. Mendadak drop, karena ada komplikasi. Jadi memang keadaan memburuk dengan cepat. Beliau itu ada komplikasi di paru-paru, liver, dan jantung. Terutama yang paru-paru ya. Karena kan nggak bisa napas. Dan mungkin karena dari nggak bisa napas itu, kerja jantungnya jadi lebih berat,” tutur Baginda.

Firasat Keluarga

Menurut Baginda Jaya, kondisi kesehatan sang kakak memang semakin hari semakin melemah. Hal ini terjadi sejak seminggu sebelum kepergian Puput yang bertepatan dengan ulang tahunnya ke 50 tahun. Mendiang juga sempat tidak mau makan. 

Baca Juga: Kabar Duka, Penyanyi Lawas Puput Novel Meninggal Dunia di Usia 50 Tahun

"Sebelum collapse dan dibawa ke rumah sakit, saya sudah melihat (firasat kepergian Puput), misalnya beliau sudah gak mau makan, baru seminggu yang lalu," ungkap Baginda.

Baginda sempat membujuk Puput agar tetap mau makan, agar kesehatannya tidak semakin lemah. Namun, Puput tidak memenuhi permintaan sang adik.

"Kayaknya memang keadaan badannya sudah gak memungkinkan untuk makan dan minum. Napasnya pun semakin lama semakin menghilang. Dari sana kami putuskan buat bawa ke rumah sakit," terang Baginda. 

Detik-Detik Meninggalnya Puput Novel

Selama dirawat 4 hari di rumah sakit MMC Jakarta, artis yang lahir pada 31 Agustus 1974 itu mengalami masa-masa kritis. Hingga ia mengembuskan napas terakhirnya usai dinyatakan mengalami gagal jantung.

“Dan memang saya lihat di angka-angka di monitor yang ada di ICU, tekanan jantungnya tinggi banget. Pada akhirnya bisa dibilang ya gagal jantunglah. Saya lihat saturasinya terus turun, turun,” terang Baginda.

Sebagai tambahan informasi, penyanyi Puput Novel dinyatakan meninggal dunia sekitar pukul 18.24 WIB di rumah sakit MMC Kuningan, Jakarta Selatan. Kabar duka ini pertama kali disampaikan oleh perwakilan dari pihak manajemen Puput, Ruli Siahaan.

"Telah meninggal dunia artis cantik dan baik hati Mbak Puput Novel dalam usia 50 tahun," tulis Ruli dalam keterangannya.

Itu tadi informasi seputar Puput Novel sakit apa, mantan penyanyi cilik ini meninggal dunia di usia ke-50 tahun.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Vania Rossa

Tag:  #puput #novel #sakit #keluarga #ungkap #firasat #detik #detik #meninggalnya

KOMENTAR