Jadi Negara Pertama yang Memenangkan Perhelatan, Tim eFootball Indonesia Juara eAsian Cup Setelah Kalahkan Jepang di Final
Rizky Faidan, Elga Cahya Putra dan Mohamad Akbar Paudie Berhasil Membawa Tim eFootball Indonesia Juara Piala Asia Virtual. Sumber: X / @afcasiancup
13:48
6 Februari 2024

Jadi Negara Pertama yang Memenangkan Perhelatan, Tim eFootball Indonesia Juara eAsian Cup Setelah Kalahkan Jepang di Final

 

Kabar menggembirakan datang bagi gamers khususnya penikmat game sepakbola di Indonesia.

3 pemain eFootball asal Indonesia yakni Rizky Faidan, Elga Cahya Putra dan Mohamad Akbar Paudie berhasil meraih juara pertama pada ajang eAsian Cup 2023.

eAsian Cup 2023 merupakan gelaran Piala Asia yang dimainkan menggunakan game sepakbola eFootball 2024 di perangkat PlayStation 5.

Pada Senin (5/2), mereka menjalani babak semifinal melawan Thailand setelah tim garuda berhasil menaklukkan Korea Selatan dan Uni Emirat Arab pada Sabtu (3/1) kemarin.

Laga tersebut menjadi pertandingan pembuka yang ditayangkan langsung melalui channel YouTube resmi Piala Asia yakni AFC Asian Cup.

Pertandingan 16 besar hingga final di turnamen tersebut menggunakan sistem best of three, sehingga tim yang meraih dua kemenangan akan otomatis lolos ke babak selanjutnya.

Pada laga pertama, Indonesia berhasil mencuri poin setelah mengalahkan the white elephants dengan skor 1-0.

Dalam laga itu, Elga Cahya dan Rizky Faidan menjadi pemain yang mengendalikan tim nasional Indonesia dalam game sepakbola yang dikembangkan oleh Konami tersebut.

Gol dari timnas Indonesia hadir di menit ke 23, berawal dari kesalahan umpan yang dilakukan Ekanit Panya, Ramadhan Sananta berhasil memotong bola tersebut.

Kemudian ia memberikan umpan pada Witan Sulaeman yang berdiri bebas dan bola berhasil digiring ke area pertahanan lawan.

Bola tersebut kemudian diberikan pada Ricky Kambuaya yang berdiri bebas di depan lawan dan mencatatkan satu-satunya gol di laga pertama babak semifinal itu.

Pada laga kedua, Elga dan Faidan berhasil membawa keunggulan bagi Indonesia di menit-menit awal jalannya pertandingan.

Memanfaatkan situasi tendangan bebas, mereka berhasil mengendalikan Ricky Kambuaya untuk mencetak gol pertama dalam game eFootball itu.

Di menit ke 13, perwakilan tim garuda itu kembali mencetak gol. Hokky Caraka berhasil mengirimkan umpan pada Ramadhan Sananta di kotak penalti dan langsung menceploskan bola ke gawang tim Thailand.

Tim lawan berhasil memberi tekanan setelah mereka berhasil membuat Supachai Chaided mencetak gol spektakuler di menit 23.

Kedua tim terus berusaha untuk mencetak gol, namun hingga pertandingan usai, tim Indonesia berhasil unggul 2-1.

Kemenangan tersebut berhasil membuat mereka lolos ke babak final dengan meraih dua poin. Indonesia pada akhirnya kembali berhadapan dengan Jepang di babak final

The blue samurai sendiri berhasil mengalahkan tim Arab Saudi dengan 2 poin setelah memenangi laga pertama dan kedua dengan skor 1-0.

Jalannya Pertandingan Final

Pertandingan yang ditayangkan langsung pada pukul 11 malam itu menyajikan laga yang menarik bagi kedua negara.

Di laga pertama, tim eFootball Indonesia mendapatkan perlawanan sengit dari Jepang dan baru berhasil mencetak gol pada menit ke 70 melalui Ramadhan Sananta.

Namun, keunggulan tersebut harus sirna setelah tim lawan berhasil mencetak gol di waktu tambahan babak kedua melalui Takefusa Kubo.

Pertandingan tersebut kemudian dilanjutkan pada extra time, namun kedua tim gagal menambah keunggulan dan berlanjut pada adu penalti.

Kali ini Indonesia berhasil meraih poin pertama setelah memenangkan laga penalti tersebut dengan skor 3-2.

Di laga kedua, lagi-lagi Faidan dan Elga harus bersabar untuk meraih kemenangan atas Jepang sebab pada laga tersebut kedua tim bermain sama kuat hingga 90 menit berjalannya waktu normal.

Pada waktu normal tersebut kedua tim harus bermain imbang dengan skor 0-0 sehingga laga extra time harus kembali digelar.

Pada menit ke 101, tim eFootball Indonesia mendapatkan peluang tendangan bebas tepat di depan gawang Jepang.

Elga dan Faidan memutuskan untuk tidak melakukan tendangan langsung ke arah gawang, melainkan memberikan umpan pendek.

Mereka mengendalikan Saddil Ramdani untuk memberi umpan pada Dimas Drajad dan berhasil mencetak satu-satunya gol pada babak extra time itu.

Indonesia berhasil meraih penghargaan tertinggi pada gelaran Piala Asia virtual itu dan menjadi negara pertama yang membawa pulang trofi juara di kompetisi itu.

Piala Asia virtual atau eAsian Cup merupakan gelaran sepakbola berbasis esports pertama yang diselenggarakan oleh AFC.

Pada tahun ini mereka berkolaborasi dengan pengembang game asal Jepang yakni Konami yang membuat game sepakbola populer eFootball.

Dahulu video game tersebut dikenal dengan nama Pro Evolution Soccer (PES) untuk pasar global dan Winning Eleven untuk penjualan di Jepang.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #jadi #negara #pertama #yang #memenangkanperhelatan #efootball #indonesia #juara #easian #setelah #kalahkan #jepang #final

KOMENTAR