Sunat di Usia Dewasa: Aman atau Malah Bahaya? Ini yang Perlu Anda Ketahui
Ilustrasi penis / Mr P lelaki, sunat dewasa. (Shutterstock)
13:32
9 Juli 2024

Sunat di Usia Dewasa: Aman atau Malah Bahaya? Ini yang Perlu Anda Ketahui

Sunat atau sirkumsisi merupakan prosedur medis yang dilakukan kepada anak laki-laki. Sunat dilakukan dengan cara memotong sebagian kulit yang menutupi ujung penis, yang disebut sebagai kulup.

Prosedur ini bukan hanya umum pada anak-anak, tetapi juga banyak dilakukan oleh pria dewasa yang belum sempat menjalani sunat saat masih kecil. Lalu, apa saja manfaat dari sunat bagi pria dewasa? Mengutip Hello Sehat, Selasa (9/7/2024) berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan:

Menjaga Kebersihan Penis

Dengan sunat, kebersihan penis terutama di bagian kepala menjadi lebih terjaga. Ini karena area yang biasanya tertutup kulup akan lebih mudah dibersihkan.

Baca Juga: Profil-Pendidikan 3 Anak SYL, Ikut Pakai Uang Negara Buat Sunat dan Skincare

Ilustrasi penis / Mr P sunat dewasa. (Shutterstock)Ilustrasi penis / Mr P sunat dewasa. (Shutterstock)

Mengurangi Risiko Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Pria yang disunat memiliki risiko lebih rendah terkena infeksi saluran kemih. Ini adalah manfaat yang signifikan, mengingat infeksi ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan jika tidak ditangani dengan baik.

Mencegah Fimosis

Fimosis adalah kondisi di mana kulup tidak bisa ditarik ke belakang saat penis ereksi. Sunat dapat mencegah terjadinya masalah ini.

Mencegah Balanitis

Baca Juga: SYL Pakai Anggaran Kementan Untuk Sunat Cucu, Padahal Kisaran Harga Termahalnya "Cuma" Segini Lho

Balanitis adalah peradangan yang terjadi pada area kulup dan kepala penis. Dengan sunat, risiko terkena balanitis dapat berkurang secara signifikan.

Mengurangi Penularan Penyakit Kelamin

Penelitian menunjukkan bahwa sunat dapat membantu mengurangi risiko penularan beberapa penyakit kelamin, seperti HIV, HPV, herpes genital, dan sifilis.

Mengutip WebMD, sunat dapat dilakukan pada usia berapa pun. Jika Anda belum disunat saat anak-anak, Anda bisa memilih untuk melakukannya nanti karena alasan pribadi atau medis. Dokter mungkin menyarankan sunat dewasa jika Anda mengalami kondisi berikut:

Infeksi Berulang pada Kulup

Jika Anda sering mengalami infeksi pada kulup yang tidak kunjung sembuh meski sudah diobati, sunat bisa menjadi solusi yang efektif.

Fimosis

Jika Anda tidak bisa menarik kulup dari ujung penis, kondisi ini disebut fimosis dan sunat bisa membantu mengatasinya.

Pemulihan Pasca Sunat Dewasa

Sementara laman Medical News Today, pemulihan setelah sunat dewasa bisa memakan waktu hingga 6 minggu. Pada dua minggu pertama, penis mungkin akan terasa sangat sensitif. Jahitan yang digunakan biasanya dapat larut sendiri dalam waktu 2–3 minggu. Disarankan untuk menjaga area tetap kering selama 48 jam pertama dan menghindari berenang selama dua minggu.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu pemulihan:

Pakaian Longgar

Pakailah pakaian yang longgar selama beberapa hari pertama setelah prosedur untuk mengurangi gesekan dan iritasi pada area yang baru disunat.

Hindari Aktivitas Seksual

Sebaiknya hindari aktivitas seksual selama 4 minggu untuk memberikan waktu bagi area yang disunat untuk sembuh dengan baik.

Mengurangi Rasa Nyeri

Mengoleskan petroleum jelly bisa membantu mengurangi rasa gatal dan nyeri, serta mencegah jahitan menempel pada pakaian. Jika mengalami ketidaknyamanan, obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) bisa digunakan untuk meredakan rasa sakit.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #sunat #usia #dewasa #aman #atau #malah #bahaya #yang #perlu #anda #ketahui

KOMENTAR