Simak Faktanya! Ini 5 Bahaya Rumput Fatimah Bagi Ibu Hamil, Berisiko Pendarahan hingga Keguguran
Rumput Fatimah (ebay.ch)
15:20
17 Mei 2024

Simak Faktanya! Ini 5 Bahaya Rumput Fatimah Bagi Ibu Hamil, Berisiko Pendarahan hingga Keguguran

 

 – Rumput Fatimah atau Labisia Pumila adalah tanaman herbal yang sering dimanfaatkan sebagai obat di beberapa negara Asia Tenggara seperti Indonesia dan Malaysia.

Berdasarkan riset menunjukkan bahwa tanaman ini memiliki kandungan zat yang menyerupai hormone estrogen serta anti radang dan antioksidan, sehingga sering dianggap untuk mengobati berbagai penyakit.

Bahkan di masyarakat, telah banyak kaum hawa yang menggunakan rumput Fatimah ini untuk meningkatkan libido, meredakan gejala pasca menopause dan meringankan nyeri saat menstruasi hingga melancarkan persalinan.

Bagaimana faktanya terkait rumput Fatimah yang manjur untuk melancarkan persalinan?

Sebenarnya anggapan bahwa rumput Fatimah bisa melancarkan persalinan adalah hal yang keliru dan harus diluruskan. Rumput Fatimah bisa merangsang aktivitas hormone oksitosin sehingga menimbulkan kontraksi dan mempercepat proses persalinan.

Jika dikonsumsi sebelum waktu perkiraan lahir, rumput Fatimah ini bisa meningkatkan risiko terjadinya persalinan prematur bahkan keguguran.

Dilansir dari laman Alodokter dan Hello Sehat, Jumat (17/5), berikut bahaya rumput Fatimah untuk ibu hamil.

  1. Meningkatkan risiko terjadinya keguguran

Rumput Fatimah dapat memicu terjadinya kontraksi. Jika ibu hamil mengonsumsi ini sebelum waktu perkiraan lahir atau di usia kandungan yang masih sangat dini maka bisa meningkatkan risiko terjadinya keguguran.

Selain itu, mengonsumsi rumput Fatimah juga bisa meningkatkan risiko terjadinya kematian janin di dalam rahim.

  1. Menyebabkan persalinan prematur dan kecacatan janin

Selain meningkatkan risiko keguguran, konsumsi rumput Fatimah bisa menyebabkan terjadinya persalinan prematur. Hal ini disebabkan tanaman ini bisa merangsang hormon oksitosin sehingga proses persalinan bisa terjadi lebih cepat sebelum HPL.

Karena lahir terlalu cepat sebelum HPL, bayi prematur bisa memiliki berbagai masalah kesehatan atau dikenal dengan komplikasi mulai dari gangguan fungsi organ hingga risiko terkena infeksi.

Tidak hanya itu, komplikasi tersebut juga bisa menyebabkan bayi mengalami SIDS atau kematian mendadak. 

  1. Mengakibatkan keracunan pada janin

Mengonsumsi tanaman rumput Fatimah ini bisa berdampak pada janin. Sebab, tanaman ini bisa saja mengandung zat beracun yang dapat membahayakan janin dan membuatnya mengalami penyakit bawaan lahir atau terlahir cacat.

Jika tanaman ini dikonsumsi perempuan yang tidak hamil bisa untuk mengatasi masalah kesehatan seperti meringankan gejala menopause. Sebaliknya, tanaman ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil dan menyusui.

  1. Merusak hati dan ginjal

Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa air rendaman rumput Fatimah dapat merusak organ hati dan ginjal karena di dalamnya terdapat kandungan zat aktif yang menimbulkan efek racun.

  1. Pendarahan

Ibu hamil yang mengonsumsi rumput Fatimah ini bisa menyebabkan pendarahan dan menghambat aliran oksigen ke janin sehingga bisa menyebabkan keguguran. ***

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #simak #faktanya #bahaya #rumput #fatimah #bagi #hamil #berisiko #pendarahan #hingga #keguguran

KOMENTAR