Penderita GERD Wajib Tahu! 5 Buah-buahan Ini Bisa Dijadikan Pilihan untuk Menurunkan Asam Lambung yang Kerap Mengganggu
5 buah yang bisa Anda makan untuk menurunkan asam lambung (herminahospitals.com)
08:42
12 Mei 2024

Penderita GERD Wajib Tahu! 5 Buah-buahan Ini Bisa Dijadikan Pilihan untuk Menurunkan Asam Lambung yang Kerap Mengganggu

 

 

 Asam lambung merupakan salah satu penyakit yang membuat seseorang merasa tidak nyaman untuk beraktivitas, apalagi saat kambuh.

Mungkin Anda bertanya-tanya, adakah buah-buahan yang bisa mencegah asam lambung? Jawabannya tentu saja ada.

Namun, sebelum mengetahui lebih jauh, yang pertama-tama harus diketahui terlebih dulu adalah, penderita penyakit refluks asam lambung atau GERD perlu berhati-hati saat mengonsumsi buah.

Pasalnya, ada sejumlah buah-buahan yang tinggi asam dan berpotensi membuat asam lambung kambuh.

Lantas, apa saja buah-buahan untuk asam lambung yang aman dikonsumsi?

Dilansir dari Hermina Hospital, Minggu (12/5), dari pisang hingga kelapa, berikut beragam buah-buahan yang bagus untuk mengatasi penyakit asam lambung atau GERD.

1. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang enak dan baik untuk asam lambung. Buah ini dinilai aman untuk asam lambung karena memiliki sifat basa (basa).

Selain itu, buah ini juga dinilai dapat membantu menyeimbangkan asam lambung sehingga gejala penyakit asam lambung atau GERD dapat dicegah.

2. Melon

Sama seperti halnya buah pisang, manfaat buah melon untuk asam lambung juga berasal dari sifat basanya.

Menurut laporan dari Johns Hopkins Medicine, buah dengan rasa manis ini dipercaya dapat meredakan asam lambung dan mencegah iritasi akibat refluks asam lambung.

Ada berbagai jenis buah melon yang aman untuk dikonsumsi penderita refluks asam lambung, diantaranya melon madu, melon (cantaloupe), dan semangka (semangka).

3. Apel

Apel untuk asam lambung dipercaya aman karena mengandung mineral alkali, seperti kalsium, magnesium, dan potasium. Kandungan-kandungan ini diklaim dapat meredakan gejala refluks asam lambung.

4. Pir

Karena tidak mengandung asam sebanyak buah jeruk dan tomat, Anda bisa mengonsumsi buah pir untuk permasalahan asam lambung Anda. Berkat kandungan asamnya yang rendah tersebut, buah pir dinilai tidak memicu kambuhnya gejala naiknya asam lambung.

5. Kelapa

Kelapa bisa menjadi pilihan yang aman bagi penderita asam lambung karena dianggap sebagai salah satu buah dengan kandungan asam paling rendah.

Terlebih lagi, buah yang banyak mengandung air ini dipercaya dapat meningkatkan fungsi otak, berpotensi mencegah penyakit jantung, dan menurunkan risiko stroke.

 

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #penderita #gerd #wajib #tahu #buah #buahan #bisa #dijadikan #pilihan #untuk #menurunkan #asam #lambung #yang #kerap #mengganggu

KOMENTAR