Catat! Ini 6 Manfaat Pisang Merah untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Mengatur Kadar Gula Darah
Pisang merah (pharmeasy.in)
12:15
11 Mei 2024

Catat! Ini 6 Manfaat Pisang Merah untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Mengatur Kadar Gula Darah

 

 – Pisang merah merupakan bagian dari lebih 1.000 varietas pisang berbeda yang ditemukan di seluruh dunia. Pada umumnya, sebagian orang yang hanya mengenal pisang kuning dan hijau.

Pisang merah sendiri mengandung sukrosa dan fruktosa. Jika sudah matang, buah ini rasanya manis seperti pisang kuning yang sering ditemui. Namun ada perbedaan rasa yang ada sentuhan ekstra manisnya raspberry.

Pisang ini memiliki kandungan antioksidan utama yaitu betakaroten dan vitamin C yang bermanfaat untuk tubuh Anda. Lantas apa saja manfaat yang bisa Anda dapat jika mengonsumsi pisang merah ini?

Dilansir dari laman Health Shots, Sabtu (11/5), terdapat beberapa manfaat pisang merah yang baik untuk kesehatan tubuh. Simak selengkapnya sebagai berikut.

  1. Mampu melancarkan pencernaan

Berdasarkan tabel Komposisi Makanan India (IFCT 2017), pisang merah yang sudah matang memiliki kandungan serat sekitar 2 gram per 100 gram.  Kandungan serat yang dimiliki buah ini termasuk tidak larut dalam air.

Sehingga mampu membantu pencernaan dan membantu mengurangi timbulnya sembelit. Pisang ini juga merupakan prebiotik yang mengandung frukto-oligosakarida yang bisa membantu meningkatkan kesehatan usus.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Pisang merah merupakan salah satu buah dengan sumber potasium sangat baik sehingga mampu membantu fungsi jantung. Ada banyak elektrolit yang membantu kesehatan jantung.

Jika kekurangan kadar kalium bisa menyebabkan hipertensi dan kelemahan otot jantung. Menurut para ahli mengungkapkan bahwa mengonsumsi pisang merah rata-rata mampu menyediakan 15 persen kebutuhan harian potasium.

  1. Membantu mengatur kadar gula darah

Pisang merah memiliki kandungan karbohidrat dengan jumlah 25 gram per 100 gram. Meskipun tidak langsung berhubungan dengan pengelolaan glukosa darah namun sangat aman dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Sebab, pisang ini memiliki indeks glikemik dan serat pangan yang rendah.

  1. Mendukung kesehatan mata

Menurut penelitian tahun 2020 yang diterbitkan jurnal Antioksidan, beta karoten adalah prekursor vitamin A yang membantu berfungsinya proses biologis termasuk penglihatan.

Pisang merah sendiri merupakan sumber beta karoten yang lutein yang baik sehingga sangat mendukung kesehatan mata. Terutama membantu mencegah degenerasi makula terkait usia.

  1. Sebagai sumber antioksidan

Menurut penelitian tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Food Chemistry, pisang merah mengandung karotenoid, vitamin C dan antosianin. Kandungan ini semua dikenal sebagai antioksidan.

Antioksidan sendiri merupakan senyawa yang membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Mulai dari dari kanker, penyakit jantung hingga diabetes.

  1. Membantu menjaga tekanan darah yang sehat

Manfaat terakhir pisang merah adalah bisa membantu menjaga tekanan darah yang sehat. Pisang merah memiliki 313 mg potasium per 100 gram. Kalium dan magnesium memiliki sifat vasodilatasi yang membantu merelaksasi pembuluh darah. ***

 

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #catat #manfaat #pisang #merah #untuk #kesehatan #tubuh #salah #satunya #mengatur #kadar #gula #darah

KOMENTAR