Ibu Hamil dan Anak Jadi Kelompok Paling Rentan Terkena Dampak Polusi Udara Dalam Ruangan
Ilustrasi ibu dan anak (Unsplash/@andresr)
08:24
2 Mei 2024

Ibu Hamil dan Anak Jadi Kelompok Paling Rentan Terkena Dampak Polusi Udara Dalam Ruangan

Polusi udara seringkali dikaitkan dengan aktivitas luar ruangan seperti berasal kendaraan bermotor dan pabrik. Namun, kita seringkali tidak menyadari bahwa polusi udara di dalam ruangan, terutama di rumah, juga bisa membahayakan kesehatan, terutama bagi ibu hamil dan anak.

Ya, ibu hamil dan anak-anak cenderung menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan, terutama di rumah. Pada anak-anak, mereka juga masih dalam masa pertumbuhan dan perkembangan memiliki rentang usia yang sangat sensitif terhadap paparan polusi udara. 

Paparan polusi udara pada rentang usia ini dapat berdampak jangka panjang terhadap kesehatan fisik dan kognitif anak. Berikut dampak polusi udara dalam ruangan pada ibu hamil dan anak.

Komplikasi Kehamilan

Paparan polusi udara dalam ruangan dapat meningkatkan risiko ibu hamil mengalami komplikasi kehamilan, seperti preeklampsia, hipertensi gestasional, dan kelahiran prematur. Polusi udara juga dapat berkontribusi pada berat badan lahir rendah pada bayi.

Dampak Terhadap Janin

Janin dalam kandungan juga rentan terhadap dampak negatif polusi udara dalam ruangan. Paparan polusi udara dapat mengganggu perkembangan janin dan meningkatkan risiko gangguan perkembangan janin.

Gangguan Saluran Pernapasan pada Anak

Anak-anak yang terpapar polusi udara dalam ruangan memiliki risiko lebih tinggi mengalami gangguan saluran pernapasan, seperti infeksi saluran pernapasan atas, bronkitis, dan asma.

Gangguan Perkembangan Fisik dan Kognitif

Paparan polusi udara dalam ruangan pada masa perkembangan anak-anak dapat berdampak negatif pada perkembangan fisik dan kognitif mereka. Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang, seperti gangguan pertumbuhan dan perkembangan kognitif.

Efek Jangka Panjang Polusi Udara

Paparan polusi udara dalam ruangan pada masa awal kehidupan dapat meningkatkan risiko anak penyakit kronis, seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), kanker paru-paru, dan penyakit jantung.

Gangguan Fungsi Paru-Paru

Paparan polusi udara dalam ruangan juga dapat menyebabkan gangguan pada fungsi paru-paru anak-anak, yang dapat berdampak pada kesehatan pernapasan mereka secara keseluruhan.

Sumber Polusi Udara Dalam Ruangan

Polusi udara dalam ruangan dapat berasal dari berbagai sumber di dalam rumah yang sering tidak disadari. Asap rokok menjadi salah satu sumber utama polusi udara dalam ruangan yang dapat meracuni udara di sekitarnya. 

Penggunaan produk pembersih yang mengandung bahan kimia berbahaya juga dapat menyebabkan polusi udara dalam ruangan. Selain itu, penggunaan kompor gas tanpa ventilasi yang memadai dapat menghasilkan gas beracun yang mencemari udara di dalam rumah. Debu dan jamur yang terakumulasi di dalam rumah juga dapat menjadi sumber polusi udara dalam ruangan yang berpotensi menyebabkan masalah kesehatan.

Cara Mengurangi Polusi Udara Dalam Ruangan

Gunakan Ventilasi yang Baik

Pastikan rumah memiliki ventilasi yang cukup baik untuk mengalirkan udara segar dari luar. Buka jendela atau gunakan kipas angin untuk meningkatkan sirkulasi udara di dalam ruangan.

Menghindari Merokok di Dalam Rumah

Jangan merokok di dalam rumah, karena asap rokok mengandung berbagai zat berbahaya yang dapat mencemari udara di dalam ruangan.

Pemeliharaan dan Perawatan Peralatan Dapur

Pastikan penggunaan kompor gas dilengkapi dengan ventilasi yang baik dan perangkat dapur lainnya berfungsi dengan baik untuk menghindari asap dapur yang dapat mencemari udara di dalam ruangan.

Pemantauan Kualitas Udara

Gunakan alat pemantau kualitas udara di dalam ruangan untuk memantau tingkat polusi udara. Pengetahuan tingkat polusi udara memberi pertimbangan untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan jika terjadi peningkatan polusi udara.

Menggunakan Air Purifier di Rumah

Polusi udara yang semakin membahayakan dapat diatasi dengan penggunaan air purifier. Polutan dan kotoran yang berukuran sangat kecil dan tidak terlihat oleh mata telanjang dapat dengan mudah disaring menggunakan filter air purifier. Bagaimana filter yang baik sehingga ampuh menyaring semua polutan?

Filter HEPA H13 adalah jenis filter udara tingkat tinggi yang sering digunakan dalam sistem penyaringan udara untuk membersihkan udara dari partikel-partikel kecil, termasuk debu, serbuk sari, bulu hewan, dan kotoran lainnya. 

Filter HEPA H13 dapat menyaring partikel dengan efisiensi hingga 99,95%, sehingga sangat efektif dalam menjaga udara di dalam ruangan tetap bersih dan bebas dari alergen dan polusi. Penggunaan filter ini pada Levoit Air Purifier mendukung kinerja air purifier dalam membersihkan udara.

Apalagi air purifier ini juga memenuhi persyaratan sehingga bisa disebut perangkat elektronik yang berkualitas, antara lain mendapatkan sertifikasi FCC (Federal Communications Commission) yang memastikan kalau Levoit Air Purifier tidak menimbulkan gangguan elektromagnetik dan aman digunakan pengguna. 

Editor: Dinda Rachmawati

Tag:  #hamil #anak #jadi #kelompok #paling #rentan #terkena #dampak #polusi #udara #dalam #ruangan

KOMENTAR