Memulai Gaya Hidup dengan Konsumsi 10 Sayuran Kaya Protein untuk Ditambahkan ke dalam Menu Diet Anda
Ilustrasi sayur-sayuran yang kaya protein./Sumber Foto: (Freepik/jcomp)
12:36
6 April 2024

Memulai Gaya Hidup dengan Konsumsi 10 Sayuran Kaya Protein untuk Ditambahkan ke dalam Menu Diet Anda

 

– Menerapkan gaya hidup sehat dangan pola makan sehat melalui diet seimbang adalah kunci untuk mencapai tubuh yang ideal dan bugar. 

Salah satu aspek penting dalam diet seimbang adalah asupan protein yang cukup. Protein berperan penting memelihara massa otot, serta membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Namun, banyak orang beranggapan bahwa protein hanya dapat diperoleh dari sumber hewani seperti daging dan telur

Padahal, terdapat banyak pilihan sayuran kaya protein yang tak kalah bergizi dan bermanfaat untuk diet Anda. 

Sayuran kaya protein ini tidak hanya membantu Anda memenuhi kebutuhan protein, tetapi juga menyediakan berbagai vitamin, mineral, dan serat yang penting bagi kesehatan tubuh.

Inilah sepuluh sayuran terbaik kaya protein yang wajib Anda tambahkan ke dalam menu diet Anda, berdasarkan laman Good Housekeeping, Sabtu (6/4).

1. Kacang Edamame

Edamame, kedelai muda yang dimasak, menjadi juara protein di dunia sayuran. Setengah cangkir edamame mengandung sekitar 17 gram protein. 

Ini setara dengan tiga ons daging tanpa lemak. Selain itu, edamame juga tinggi serat dan folat, menjadikannya camilan atau lauk yang mengenyangkan dan bergizi.

2. Lentil

Lentil adalah sejenis kacang-kacangan yang berbentuk pipih dan berukuran kecil. Selain tinggi protein (18 gram per cangkir), lentil juga kaya akan serat dan zat besi. Lentil mudah dimasak dan dapat ditambahkan ke berbagai hidangan, seperti sup atau salad.

3. Kacang Hijau

Kacang hijau tinggi protein (14 gram per cangkir) dan serat. Kacang hijau mudah dimasak dan memiliki rasa yang netral, sehingga cocok ditambahkan ke berbagai hidangan tumis atau dijadikan isian untuk sup.

4. Jamur

Jamur, sumber vitamin D yang baik ini ternyata juga mengandung protein (tiga gram per porsi). Jamur dapat diolah menjadi berbagai hidangan lezat dan mudah dimasak.

5. Kentang

Kentang, sumber karbohidrat yang populer ini ternyata juga mengandung protein (dua gram per porsi). Kentang bisa diolah menjadi berbagai hidangan lezat dan mengenyangkan.

6. Brokoli

Brokoli tak hanya kaya akan vitamin C dan K, tetapi juga mengandung protein (dua gram per porsi). Brokoli bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang sedang mencari sayuran pelengkap yang mengenyangkan.

7. Asparagus

Asparagus, sayuran batangan hijau ini ternyata mengandung protein (empat gram per porsi) dan serat. Asparagus cocok dimasak dengan cara ditumis, dikukus, atau dipanggang.

2. Bayam

Bayam, sayuran hijau favorit banyak orang ini ternyata mengandung protein (dua gram per porsi) dan serat. Bayam mudah dimasak dan dapat ditambahkan ke berbagai hidangan, seperti sup, salad, atau dijadikan isian untuk omelet.

9. Kembang Kol

Kembang kol ternyata tak hanya enak dijadikan lalapan, tetapi juga mengandung protein (dua gram per porsi) dan serat. Kembang kol bisa dijadikan pengganti nasi atau pasta dalam menu diet rendah karbohidrat.

10. Jagung Manis

Jagung manis mungkin tidak juara dalam kandungan protein (empat gram per cup), namun tetap menjadi sumber protein nabati yang baik. 

Jagung manis bisa dinikmati langsung atau ditambahkan ke dalam berbagai hidangan, seperti sup atau salad.

Itulah sepuluh sayuran kaya protein untuk ditambahkan ke menu diet Anda.

Dengan menambahkan beberapa sayuran kaya protein ini ke dalam menu Anda, Anda dapat memenuhi kebutuhan protein harian dengan cara yang lebih sehat dan bervariasi.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #memulai #gaya #hidup #dengan #konsumsi #sayuran #kaya #protein #untuk #ditambahkan #dalam #menu #diet #anda

KOMENTAR