Gangguan Stress Pasca Trauma, Kenali 5 Terapi Terbaik untuk Mengatasi PTSD dari Childhood Trauma
Ilustrasi PTSD akibat trauma masa kecil. (pexels/Kindel Media)
22:28
25 Maret 2024

Gangguan Stress Pasca Trauma, Kenali 5 Terapi Terbaik untuk Mengatasi PTSD dari Childhood Trauma

Trauma masa kecil menyebabkan beberapa dampak. Salah satunya mengalami gangguan stres pasca trauma atau sering dikenal dengan PTSD saat usia dewasa.

Berdasar penelitian yang dilansir di laman Charlie Health, sebanyak 15 persen anak perempuan dan 6 persen anak laki-laki mengalami PTSD setelah mengalami peristiwa trauma. PTSD akibat trauma masa kecil bisa ditangani secara efektif dengan psikoterapi, pengobatan atau kombinasi keduanya.  

Terdapat 5 jenis terapi terbaik yang dapat digunakan untuk menangani PTSD pada trauma masa anak-anak.

  1. Terapi perilaku kognitif (CBT)

Terapi CBT merupakan salah satu jenis psikoterapi yang digunakan untuk menangani gejala, kondisi, dan kekhawatiran kesehatan mental.

Dalam terapi ini, anak diajarkan tentang cara menantang pikiran negatif, mengatasi emosi yang menyusahkan, dan meningkatkan kepercayaan diri. 

  1. Terapi pemrosesan kognitif (CPT)

Menurut American Psychological Association, Terapi CPT merupakan pengobatan terapi manual dan juga cabang dari CBT. Terapi ini menggunakan alat CBT untuk membantu menyusun ulang pemikiran menyimpang yang berakar pada trauma.

Dalam terapi ini, anak diajarkan untuk menantang keyakinan yang tidak membantu. Hal ini bertujuan agar anak bisa mengubah perspektif sehingga trauma tidak selalu memberikan efek yang negatif. 

  1. Terapi perilaku kognitif yang berfokus pada trauma (TF-CBT)

Terapi TF-CBT merupakan salah satu jenis psikoterapi dengan pendekatan perawatan kolaboratif yang melibatkan anak atau remaja, orang tua, dan ahli kesehatan mental.

Dengan menggunakan pendekatan tersebut, terapi jenis ini mampu mendukung keluarga saat berupaya mengatasi dan memahami trauma beserta dampaknya. Hal ini bisa membantu anak memperbaiki gejala suasana hati, keterampilan sosial, masalah perilaku, pikiran yang negatif, dan gejala fisik.

  1. Paparan berkepanjangan (PE)

Terapi PE sering disebut pula dengan istilah terapi eksposur. Terapi ini menawarkan anak hingga dewasa, bertahap mengatasi ketakutan dalam lingkungan yang aman dan terkendali.

Berdasar penelitian, terapi PE adalah terapi yang efektif dalam mengurangi gejala depresi pada anak dan remaja dengan gangguan stres pasca trauma.

  1. Desensitisasi dan pemrosesan ulang gerakan mata (EMDR)

Terapi EMDR merupakan jenis terapi untuk membantu anak hingga remaja penderita PTSD dalam mengelola dan mengatasi trauma masa anak-anak.

Teknik terapi EMDR ini menggunakan gerakan mata seperti gerakan maju mundur. Bertujuan membantu orang dalam memproses ingatan, pikiran, dan perasaan, yang menyedihkan terkait dengan trauma masa kecil.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #gangguan #stress #pasca #trauma #kenali #terapi #terbaik #untuk #mengatasi #ptsd #dari #childhood #trauma

KOMENTAR