Waktu Makan Jadi Pendek Saat Puasa, Ahli Gizi Bagikan Tips Biar Tetap Makan 5 Kali Sehari
Ahli Gizi, Dwikani Oklita Anggiruling membahas seputar gaya hidup sehat di bulan Ramadan dalam acara Takjil Gratis in Friday atau TGIF Suara.com, Jumat (22/3/2024). (Dini/Suara.com)
19:08
23 Maret 2024

Waktu Makan Jadi Pendek Saat Puasa, Ahli Gizi Bagikan Tips Biar Tetap Makan 5 Kali Sehari

Saat bulan Ramadan umat islam di Indonesia tidak makan dan minum lebih dari 12 jam. Alhasil tidak sedikit yang bingung cara jadwal makan saat puasa. Kira-kira berapa kali sehari ya?

Dalam acara Takjil Gratis in Friday atau TGIF Suara.com terdapat sesi talkshow yang secara khusus didampingi CEO dan Co-founder Eathink, Jaqualine Wijaya sebagai moderator dan langsung mendatangkan Ahli Gizi, Dwikani Oklita Anggiruling, S.Gz yang membahas seputar gaya hidup sehat di bulan Ramadan.

Nutritionist Dwikani mengingatkan meski waktu makan umat islam saat berpuasa cenderung lebih pendek, namun kata dia, penting untuk tetap memastikan waktu makan 5 kali sehari.

"Jadi saat puasa Ramadan, sebetulnya tidak ada yang berbeda ketika puasa dan tidak puasa, gizi dan nutrisi hariannya harus sama-sama dipenuhi, jadi harus pas atur makannya," ujar Dwikani di Aula Kompleks Perguruan Muhammadiyah Rawamangun, Jakarta Pusat, Jumat (22/3/2024).

Ilustrasi makan bersama saat lebaran (Freepik/rawpixel)Ilustrasi makan bersama saat lebaran (Freepik/rawpixel)

Adapun rincian 5 kali makan terdiri dari 3 waktu makan utama dan 2 waktu makan selingan sepetri snack atau camilan. Pembagiannya dibuka dengan mengonsumsi camilan di waktu buka puasa.

"Camilan buka puasa ini memiliki kontribusi 10 hingga 15 persen. Jadi setelah itu salat dulu baru makan utama pertama yang berkontribusi 25 hingga 35 persen," ujar Dwikani.

Setelah makan utama pertama, Dosen Gizi di STIKes Bogor Husada itu mengingatkan untuk salat tarawih untuk membakar kalori, dan akan memberikan kembali efek lapar. Setelah salat tarawih inilah bisa dilanjutkan waktu makan utama kedua.

"Tarawih itu kan membakar kalori juga, ketika sudah tarawih laper makan lagi, diusahakan tidak makan berat," jelasnya.

Ahli gizi yang juga Fasilitator Sahabat Gizi itu menambahkan waktu makan utama ketiga yaitu di waktu sahur. Ia menyarankan tidak terlalu mepet dengan azan subuh, ini karena setelah sahur menyantap makanan utama bisa ditutup dengan camilan.

"Jelang imsak makan camilan lagi, penutupnya kayak puding. Bisa juga siomay yang proteinnya tinggi itu oke banget, jadi kenyang lebih lama," pungkas Dwikani.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #waktu #makan #jadi #pendek #saat #puasa #ahli #gizi #bagikan #tips #biar #tetap #makan #kali #sehari

KOMENTAR