Benarkah Fakta Mengkonsumsi Vitamin B Kompleks Bisa Mencegah Infeksi dan Menambah Stamina? Begini Penjelasannya
Vitamin B Kompleks Ternyata Bisa Mencegah Infeksi dan Menambah Stamina (Nature Made)
07:48
24 Februari 2024

Benarkah Fakta Mengkonsumsi Vitamin B Kompleks Bisa Mencegah Infeksi dan Menambah Stamina? Begini Penjelasannya

 

Peran vitamin dalam tubuh sangatlah penting. Salah satunya vitamin B kompleks.

Untuk diketahui, vitamin B kompleks merupakan sekelompok vitamin B yang berperan dalam fungsi tubuh manusia.

Salah satu fungsinya yakni termasuk untuk kesehatan kardiovaskuler dan sel.

Kelompok vitamin B kompleks ini terdiri dari 8 vitamin yaitu B1( tiamin ), B2 (riboflavin), B3 (niasin), B5 (asam pantotenat), B6 (piridoksin), B7 (biotin), B9 (asam folat), B12 (cobalamin).

Masing-masing dari vitamin tersebut berkontribusi terhadap fungsi tubuh secara keseluruhan.

Selain fungsinya terhadap kesehatan kardiovaskuler dan sel, vitamin B kompleks juga berfungsi untuk menambah stamina, fungsi otak dan metabolisme sel.

Fungsi lain vitamin B komplek juga dapat mencegah infeksi dan membantu mendukung kesehatan sel.

Sumber makanan yang mengandung B komplek diantaranya susu, keju, telur, hati, daging ayam, ikan, kerang, sayuran hijau, alpukat dan lainnya.

Menurut laman Healthline (19/01) vitamin B kompleks memiliki berbagai fungsi di dalam tubuh yaitu mendukung kesehatan sel, pertumbuhan sel darah, penglihatan, pencernaan, dapat mendorong nafsu makan, dapat mendukung fungsi saraf dengan tepat, hormon dan produksi kolesterol, hingga dalam hal kesehatan jantung.

Vitamin B sangat penting bagi mereka yang sedang hamil atau menyusui. Vitamin ini membantu perkembangan otak janin, dan mengurangi resiko cacat lahir.

Bagi orang yang sedang hamil, vitamin B kompleks dapat membantu mengatur tingkat energi, meredakan mual, dan menurunkan resiko terjadinya preeklamsia .

Selain dalam bentuk makanan, vitamin B kompleks terkadang disertakan dalam suplemen peningkat testosteron dan dianggap meningkatkan kadar testosteron pada pria, yang secara alami menurun seiring bertambahnya usia. Namun, penelitian pada manusia yang mengkonfirmasi klaim ini masih kurang.

Meskipun kurangnya bukti mengenai efek peningkatan testosteron, karena vitamin B membantu dalam regulasi hormon, ada kemungkinan bahwa vitamin B dapat membantu mengatur hormon pria dan juga hormon wanita.

Penuhi kebutuhan vitamin B kompleks Anda dengan cukup setiap harinya, agar tubuh tidak mengalami kekurangan maupun kelebihan vitamin B kompleks.

Sebab jika seseorang kekurangan dapat menimbulkan berbagai penyakit, pun kelebihan seseorang juga akan mengalami hal yang serupa.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #benarkah #fakta #mengkonsumsi #vitamin #kompleks #bisa #mencegah #infeksi #menambah #stamina #begini #penjelasannya

KOMENTAR