3 Tips untuk Mengobati Jerawat di Area Telinga, Jangan Khawatir untuk Menggunakannya
Ilustrasi mengobati jerawat di area telinga. (Freepik)
17:00
10 Oktober 2024

3 Tips untuk Mengobati Jerawat di Area Telinga, Jangan Khawatir untuk Menggunakannya

- Sering mengalami benjolan seperti jerawat di area sekitar telinga? Jangan khawatir, ada 3 tips untuk mengatasinya. Penyebab jerawat ternyata bisa diidentifikasi melalui letaknya, seperti jerawat yang muncul di dagu biasa disebabkan oleh fluktuasi hormon. Hal serupa juga berlaku pada jerawat di telinga.

Jerawat yang muncul pada daerah ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti: sering mengorek kuping dengan jari, menggunakan earbud/earphone yang jarang dibersihkan (kotor), bahkan karena tidak menjaga kebersihannya.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari laman healthline.com, telinga memiliki sel-sel rambut serta kelenjar penghasil minyak dan kotoran, sehingga membuatnya berpotensi untuk memproduksi sebum.

Minyak berlebih yang bercampur dengan sel kulit mati, kotoran, atau bakteri dapat memicu terjadinya jerawat akibat penyumbatan pori-pori.

Mengingat telinga merupakan salah satu alat indera manusia yang cukup sensitif, maka harus berhati-hati dalam mengobati masalah kulit yang terjadi padanya. Hindari memecahkan jerawat pada area ini, tunggu hingga jerawatnya benar-benar matang dan keluar dengan sendirinya.

Tipe acne yang muncul pada area ini terasa lebih sakit daripada tempat lain. Agar tidak merasakan hal serupa perlu dilakukan pencegahan, seperti :

- Rutin membersihkan kulit telinga
- Hindari penggunaan benda asing untuk membersihkannya
- Mengurangi penggunaan topi atau helm yang ketat
- Pastikan untuk menjaga kebersihan barang-barang yang bersentuhan langsung dengan bagian kulit telinga, misalnya earbud, anting, jilbab, topi, dan sebagainya

Namun, apabila jerawatnya sudah muncul di area telingamu, berikut ini beberapa tips untuk mengatasinya berdasarkan informasi yang dilansir pada laman halodoc.com:

Kompres air hangat

Efek panas yang dihasilkan oleh kompres air hangat berguna untuk membantu mempercepat proses pengempesan jerawat. Tetapi, perlu diperhatkan suhu air kompresan. Pastikan tidak terlalu panas ataupun sebaliknya.

Krim retinoid

Vitamin A sejak lama dipercaya mampu mengatasi jerawat secara efektif. Namun, kandungan ini dapat memicu beberapa iritasi, misalnya kemerahan dan pengelupasan pada kulit wajah.

Ketika menggunakan produk ini harus disertai dengan penggunaan sunscreen, setidaknya dengan kandungan SPF 30 dan meskti diulangi dalam waktu 2 sampai 3 jam.

Benzoil peroksida

Acne survivor pasti sudah sangat mengenal kandungan ini karena khasiatnya yang dapat mengobati dengan cara mengurangi peradangan serta membunuh bakteri penyebab jerawat.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #tips #untuk #mengobati #jerawat #area #telinga #jangan #khawatir #untuk #menggunakannya

KOMENTAR