Menurut Penelitian, 7 Makanan Ini Dapat Membuat Anda Panjang Umur hingga 100 Tahun ke Atas, Apa Saja?
Ikan salmon dan ikan berlemak lainnya mengandung lemak omega-3, protein rendah lemak, vitamin B, selenium, dan zat besi yang memberikan manfaat kesehatan. (Freepik)
09:17
3 Oktober 2024

Menurut Penelitian, 7 Makanan Ini Dapat Membuat Anda Panjang Umur hingga 100 Tahun ke Atas, Apa Saja?

- Penambahan umur adalah hal yang pasti terjadi pada tiap manusia. Namun, tahukah Anda bahwa penuaan dapat "ditunda" dengan mengonsumsi beberapa hal yang akan dibahas dalam artikel ini?

Jawabannya, ya, bisa. Menurut penelitian, beberapa makanan ini diyakini dapat membuat seseorang panjang umur seperti kebanyakan orang di Zona Biru. Ada beberapa daerah yang termasuk dalam Zona Biru, yaitu Ikaria, Yunani; Okinawa, Jepang; Nicoya, Kosta Rika; dan Loma Linda, California.

Kebanyakan dari penduduk mereka adalah orang-orang yang awet muda dan panjang umur hingga 100 tahun lebih. Dikutip dari Eating Well, inilah 7 makanan yang dapat membuat seseorang punya umur panjang, menurut penelitian.

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan terkenal karena mengandung nutrisi yang menyehatkan. Mulai dari protein nabati hingga serat dan antioksidan. Sehingga, kacang-kacangan kecil yang sangat kaya ini memiliki banyak manfaat dalam hal nutrisi untuk hidup lebih panjang umur.

Data menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan nabati dapat membuat penurunan risiko kematian dini. Mengganti protein hewani berat dengan kacang-kacangan beberapa kali seminggu adalah pilihan yang bijaksana untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan,"

2. Sayuran Silangan

Brokoli, kembang kol, kubis brussel, kubis, dan sayuran silangan lainnya sering dibicarakan dalam kaitannya dengan sistem pencernaan. Padahal lebih dari itu, memakan sayuran renyah ini juga dapat membuat seseorang berumur panjang.

Sebab, sayuran ini kaya akan serat, antioksidan, dan vitamin A, C, dan K yang semuanya dikaitkan dengan penuaan yang sehat.

3. Buah beri

Buah beri memiliki efek pada kesehatan otak. Nurses Health Study yang diikuti oleh lebih dari 16.000 peserta berusia di atas 70 tahun menemukan bahwa asupan blueberry dan stroberi yang lebih banyak dikaitkan dengan penurunan kognitif yang lebih lambat.

Studi lain menunjukkan bahwa ekstrak blueberry sebenarnya dapat meningkatkan daya ingat. Hal ini membuat juga orang relatif lebih panjang umurnya.

4. Sayuran Hijau Tua

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi sayuran berdaun hijau tua telah mengungkap dapat menekan risiko kematian dini.

Satu meta-analisis dari 13 penelitian
menemukan bahwa konsumsi sayuran berdaun hijau secara teratur dikaitkan dengan risiko 15,8 persen lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular.

Penelitian lain menunjukkan manfaat seperti meningkatkan ketajaman mental hingga mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia (AMD).

5. Kacang kenari

Mengonsumsi kacang kenari terus dikaitkan dengan kesehatan jantung yang lebih baik, risiko kanker yang lebih rendah , peradangan yang berkurang , kontrol gula darah pada penderita diabetes tipe 2, dan kesehatan otak yang lebih baik .

Sebuah studi bahkan menunjukkan bahwa konsumsi kenari secara teratur dapat membantu Anda hidup lebih lama.

6. Minyak Zaitun

Selain lemak tak jenuh tunggal, minyak zaitun mengandung polifenol yang dikenal karena sifat anti-inflamasinya, di antara manfaat lainnya.

Satu studi yang mengevaluasi lebih dari 7.000 orang menunjukkan bahwa setiap peningkatan 10 gram dalam konsumsi minyak zaitun murni per hari dikaitkan dengan penurunan risiko kematian dini sebesar 7 persen.

7. Ikan salmon

Ikan salmon dan ikan berlemak lainnya mengandung lemak omega-3, protein rendah lemak, vitamin B, selenium, dan zat besi yang memberikan manfaat kesehatan seperti risiko penyakit jantung yang lebih rendah dan risiko kematian jantung mendadak yang 80-90 persen lebih rendah.

Diet yang kaya makanan laut juga dikaitkan dengan risiko depresi yang lebih rendah dan peningkatan daya ingat dan kognisi.

Satu analisis dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih dari 2 ons ikan per hari dikaitkan dengan risiko kematian akibat semua penyebab yang lebih rendah sebesar 12 persen.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #menurut #penelitian #makanan #dapat #membuat #anda #panjang #umur #hingga #tahun #atas #saja

KOMENTAR