Penyebab Anak Rawan Terserang Diabetes, Gemar Konsumsi Makanan Tinggi Gula hingga Gaya Hidup Tidak Sehat
Ilustrasi Cek Kadar Gula Darah. (Freepik)
11:10
19 September 2024

Penyebab Anak Rawan Terserang Diabetes, Gemar Konsumsi Makanan Tinggi Gula hingga Gaya Hidup Tidak Sehat

– Makanan dan minuman manis, seperti permen dan es krim sudah melekat dengan identitas anak-anak. Berbagai macam warna, bentuk, dan rasa membuat daya pikat tersendiri di hati mereka.

Karena belum mampu mengendalikan rasa inginnya yang meledak-ledak, penting bagi orang terdekat untuk selalu memperhatikan konsumsi harian anak, terutama pada makanan atau minuman dengan kandungan gula yang tinggi.

Dilansir dari Emc healthcare, pada Kamis (19/09), berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan diabetes melitus tipe 2 pada usia muda:

1. Obesitas atau kelebihan berat badan

2. Kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji atau junk food

3. Gaya hidup tidak sehat

4. Sering mengonsumsi makanan atau minuman dengan kadar gula yang tinggi

5. Kurangnya aktivitas fisik karena terlalu sering duduk atau berbaring

6. Faktor genetik, yaitu memiliki anggota keluarga yang menderita diabetes

7. Riwayat diabetes gestasional

8. Kadar kolesterol tinggi

9. Pernah mengalami prediabetes

Pernah didiagnosis prediabetes bukan berarti seseorang sudah menderita diabetes, tetapi kadar gula darah mereka lebih tinggi dari orang normal. Jika tidak ditangani, kondisi ini dapat berkembang menjadi diabetes tipe 2.

Lebih lanjut, dilansir dari Medical news today, meskipun diabetes tipe 2 lebih jarang terjadi pada anak-anak, kondisi ini tetap bisa terjadi ketika insulin tidak berfungsi dengan baik. Ketika tubuh kekurangan insulin, glukosa dapat terakumulasi dalam aliran darah.

Walaupun risiko diabetes tipe 2 meningkat seiring bertambahnya usia, anak-anak juga dapat mengalaminya. Peningkatan diabetes tipe 2 pada anak-anak umumnya terjadi seiring dengan meningkatnya tingkat obesitas.

Memiliki orang tua atau saudara kandung dengan diabetes tipe 2 atau berada di lingkungan dengan gaya hidup kurang sehat juga akan meningkatkan risiko anak terkena kondisi yang sama.

Tidak hanya mengonsumi obat-obatan, diabetes tipe 2 ini juga dapat dikendalikan melalui hal-hal berikut:

1. Perubahan pola makan

2. Peningkatan aktivitas fisik

3. Menjaga berat badan

Diabetes tipe 2 pada anak cenderung akan berkembang lebih cepat dan membawa risiko komplikasi serius, seperti penyakit ginjal, mata, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi, dibandingkan dengan orang dewasa.

Obesitas menjadi salah satu faktor yang sering menyertai diabetes tipe 2 pada anak dan akan memperburuk kemampuan tubuh menggunakan insulin. Hal tersebut dapat menyebabkan kadar gula darah yang tidak normal.

Maka dari itu kenali tanda-tandanya sedini mungkin untuk mencegah komplikasi lebih lanjut. Langkah-langkah mudah seperti mengikuti pola makan sehat dan aktif secara fisik, dapat membantu mengontrol berat badan dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #penyebab #anak #rawan #terserang #diabetes #gemar #konsumsi #makanan #tinggi #gula #hingga #gaya #hidup #tidak #sehat

KOMENTAR