7 Manfaat Minyak Kedelai untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Atasi Kerontokan Rambut
Ilustrasi: Kedelai. (Pixabay)
12:40
11 September 2024

7 Manfaat Minyak Kedelai untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Atasi Kerontokan Rambut

 

Minyak kedelai merupakan salah satu minyak nabati yang dibuat dengan mengekstrak biji kacang kedelai. Minyak ini mengandung beragam nutrisi, seperti asam lemak omega-3, vitamin E, zat besi, dan lain-lainnya.   Berkat kandungan nutrisinya tersebut, minyak kedelai dinilai sebagai minyak paling menyehatkan dari sekian banyak minyak yang digunakan untuk memasak. Selain itu, minyak kedelai juga memiliki beragam manfaat baik untuk kesehatan tubuh.   Lalu, apa saja manfaat tersebut? Berikut adalah 7 manfaat minyak kedelai untuk kesehatan, dilansir dari laman Antara News, Rabu (11/9).   1. Menjaga kadar kolesterol   Keseimbangan asam lemak yang baik dalam minyak kedelai dapat membantu mengatur kadar kolesterol, yang secara signifikan dapat mengurangi risiko aterosklerosis dan masalah kardiovaskular lainnya, seperti serangan jantung dan stroke.   

  2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh   Tidak hanya menurunkan kadar kolesterol, kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat di minyak kedelai juga bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh.   3. Mencegah penuaan diri   Kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 di dalam minyak kedelai dapat meningkatkan produksi kolagen dan kelembutan kulit yang berguna untuk membantu mengurangi garis halus dan kerutan pada kulit.   4. Menjaga kesehatan kulit   Kandungan vitamin E yang tinggi dalam minyak kedelai dapat berfungsi sebagai antioksidan yang kuat dan bermanfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan, membantu mengurangi bekas jerawat, dan merangsang pembaharuan sel kulit.  

  5. Mengatasi rambut rontok   Kandungan Vitamin E dan asam lemak omega-3 dalam minyak kedelai juga dapat berfungi untuk membantu memperbaiki kesehatan rambut dan mencegah terjadinya kerontokan.   6. Antioksidan   Tingginya kandungan vitamin E pada minyak kedelai dapat melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.    7. Menjaga kesehatan tulang   Minyak kedelai juga memiliki kandungan vitamin K dan fitoestrogen yang penting untuk mengatur metabolisme tulang dan mensintesis protein, seperti osteocalcin, yang membantu pemeliharaan massa tulang, terutama bagi wanita pascamenopause.     ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #manfaat #minyak #kedelai #untuk #kesehatan #tubuh #salah #satunya #atasi #kerontokan #rambut

KOMENTAR