Bujuk Kaesang Temani Istri Kuliah di AS Timbang Gaduh di Tanah Air, Netizen: Masa Depan Kalian Cerah
Kaesang Pangarep dan sang istri Erina Gudono. 
00:56
23 Agustus 2024

Bujuk Kaesang Temani Istri Kuliah di AS Timbang Gaduh di Tanah Air, Netizen: Masa Depan Kalian Cerah

Kaesang Pangarep, anak bungsu Presiden Jokowi, dan sang istri,Erina Gudono berada di Amerika Serikat. Dan saat ini mereka jadi sorotan.

Sebagai suami, Kaesang menemani Erina yang dijadwalkan tahun ini mengikuti studi program S2 di University of Pennsylvania, Philadelphia, negara bagian Pennsylvania.

Mereka juga memanfaatkan momen tersebut untuk liburan dalam rangka babymoon mengingat Erina hamil tua.

Sementara suasana politik di Indonesia sedang gonjang-ganjing seiring. Berbagai elemen masyarakat, mulai dari mahasiswa, pelajar, hingga publik figur turun ke jalan.

Kaesang Pangarep dan  Erina Gudono jalan-jalannya di Amerika Serikat Kaesang Pangarep dan Erina Gudono jalan-jalannya di Amerika Serikat (Instagram @erinagudono)

Mereka unjuk rasa menolak upaya DPR merevisi UU Pilkada yang sudah menjadi putusan Mahkamah Konstitusi, dengan mengikuti keputusan Mahkamah Agung, berkait aturan syarat usia calon kepala daerah dalam revisi UU Pilkada.

Jika batas usia calon kepala daerah merujuk putusan MA, Kaesang dapat mencalonkan diri di Pilkada Serentak 2024 lantaran akan berusia 30 tahun apabila nantinya dinyatakan terpilih.

Konon Kaesang bakal maju di Pilkada Jawa Tengah sebagai calon gubernur.

Sementara jika mengikuti putusan MK, Kaesang tak bisa maju sebagai calon kepala daerah karena saat pendaftaran usianya belum genap 30 tahun.

Kaesang sendiri lahir pada 25 Desember 1994. Usianya masih 29 tahun. Sementara pendaftaran calon kepala daerah berlangsung pada 27 Agustus 2024 - 29 Agustus 2024.

Itulah yang membuat publik marah dan kecewa. Bahkan unjuk rasa sempat diwarnai kericuhan. Pagar gedung DPR dirobohkan.

Sebab, DPR seolah hendak memaksakan keputusan MA jadi syarat usia calon kepala daerah dalam UU Pilkada agar Kaesang bisa berkompetisi di pilkada.

Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda bersama Kaesang Pangarep dan Erina Gudono saat Kirab Kebangsaan Prabowo-Gibran di Simpang Lima Semarang, Jawa Tengah, akhir Januari 2024. Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda bersama Kaesang Pangarep dan Erina Gudono saat Kirab Kebangsaan Prabowo-Gibran di Simpang Lima Semarang, Jawa Tengah, akhir Januari 2024. (Instagram @kaesangp)

Kekecewaan publik itulah yang kemudian membuat Kaesang dan Erina Gudono jadi bulan-bulanan di media sosial.

Unggahan Erina mengenai keberadaannya bersama sang suami di Amerika Serikat, dinilai tidak pantas.

Pasalnya, di saat yang sama situasi di Jakarta dan beberapa kota di Indonesia memanas hanya karena aturan yang terkesan dipaksakan agar Kaesang bisa maju sebagai calon kepala daerah di Pilkada serentak 2024.

Tak sedikit netizen meninggalkan komentar negatif terhadap Kaesang di berbagai media sosial.

"UU diacak-acak buat anak ini yang lagi ke LA buat makan roti 400ribuan dan belanja perlengkapan bayi," tulis akun @cinnamongirlc di media sosial X.

Postingan Instagram Erina yang belakangan sudah dihapus namun sempat dicapture oleh netizen juga dinilai tidak sensitif dalam melihat situasi. Contohnya postingan saat mereka beli roti Rp 400 ribu.

"Sementara itu pasutri @kaesangp malah enak-enakan makan roti 400 ribu, rakyat repot gara2 lu an**ng. only god knows what i wished for you two," tulis akun @slausi****.

Postingan Erina yang lain yang menunjukkan dirinya belajar mengenai "practice and research social justice" tak luput dari sindiran netizen.

"Ironi bgt di saat keluarga dari pihak mertua dia mengacak-acak, plus melanggar sila ke lima, kok malah sok PAP belajar social justice, ambil case negara sendiri aja," tulis @monicre***.

"Mbak Erina ini cocoknya research tentang social validation. Haus bgt soalnya," tulis @sayoe***.

Pun demikian postingan Erina saat menunjukkan kegembiraan sekaligus kebanggaannya berhasil diterima studi program S2 diUniversity of Pennsylvania.

Namun, di antara berbagai komentar negatif, ada saja netizen yang menyarankan Kaesang untuk menemani Erina studi S2 di AS hingga lulus ketimbang terlibat hiruk-pikuk politik di Tanah Air.

Mereka meyakini masa depan Kaesang dan Erina bakal lebih baik di negara yang berjuluk Paman Sam tersebut.

Apalagi Erina punya sejarah di Pennsylvania. Ayahnya pernah studi dan bekerja di sana.

Bahkan Erina sendiri bersama empat saudaranya lahir di kota Philadelphia, Pennsylvania.

"Mas Kaesang ikut aja ke AS, temani mbak Erina. Mas Kaesang kerja di AS untuk cari new experience, tinggalkan Indonesia untuk sementara waktu, untuk masa depan yang jauh lebih terang," demikian tulis @rantirah*****.

"Mba bawalah suamimu ke Pennsylvania segeraaaa sekaraaaang, lahirkan dan besarkanlah anakmu di sana," tulis @belajarmen*****.

Bujukan netizen bisa jadi sangat baik buat Kaesang. Apalagi setelah DPR batal merevisi Undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada, seperti disampaikan Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad di gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (22/8/2024).

"Bahwa pada hari ini tanggal 22 Agustus Hari Kamis pada jam 10.00 setelah kemudian mengalami penundaan selama 30 menit, maka tadi sudah diketok bahwa revisi Undang-Undang Pilkada tidak dapat dilaksanakan."

"Artinya pada hari ini, revisi Undang-Undang Pilkada batal dilaksanakan," kata Dasco dikutip Kompas.com.

Editor: Willem Jonata

Tag:  #bujuk #kaesang #temani #istri #kuliah #timbang #gaduh #tanah #netizen #masa #depan #kalian #cerah

KOMENTAR