Puluhan Mercedes-Benz S-Class Disiapkan untuk Pelantikan Prabowo-Gibran, Ini Spesifikasi dan Harganya
Deretan Mercedes-Benz S-Class yang disiapkan untuk pelantikan Prabowo-Gibran besok (20/10). (Istimewa)
14:04
19 Oktober 2024

Puluhan Mercedes-Benz S-Class Disiapkan untuk Pelantikan Prabowo-Gibran, Ini Spesifikasi dan Harganya

– Mercedes-Benz, jenama mobil mewah asal Jerman menjadi merek yang selalu identik dengan kemewahan para pejabat penyelenggara negara.

Mobil tersebut tidak sekadar menjadi alat atau moda transportasi, melainkan juga sebagai simbol status sosial dan kekuasaan.

Nggak heran kalau Mercedes-Benz selalu dipakai sebagai kendaraan-kendaraan dinas dan kendaraan penting kenegaraan. Mayoritas kepala negara di dunia memilih Mercedes-Benz sebagai mobil dinas utama mereka.

Bahkan di Indonesia, Mulai dari era Presiden Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), hingga Joko Widodo (Jokowi), kendaraan dinas utamanya adalah Mercedes-Benz.

Untuk Jokowi, yang dipakai dan tampaknya akan diwariskan kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto adalah Mercedes-Benz s600 Guard.

Mobil tersebut merupakan versi pesanan khusus dari S-Class kebanyakan yang diproduksi massal. Sebagai kendaraan kepala negara, mobil tersebut dibekali fitur tambahan seperti antipeluru dan antiledakan.

Terkait Mercedes-Benz S-Class, simbol kemewahan tersebut juga akan hadir di acara pelantikan Prabowo-Gibran. Pada Minggu (20/10) besok, kemeriahan acara pelantikan Presiden Prabowo Subianto juga akan disertai dengan puluhan mobil Mercedes-Benz S-Class.

Kendaraan itu merupakan pinjaman dari Mercedes-Benz Indonesia, sebagai bagian dari acara kenegaraan yang prestisius ini.

Melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Mercedes-Benz memberikan dukungan berupa 60 unit Mercedes-Benz S-Class. Mobil-mobil ini nantinya akan digunakan sebagai kendaraan resmi para tamu negara dari seluruh dunia.

Keikutsertaan ini diklaim menegaskan peran Mercedes-Benz sebagai mitra terpercaya dalam menyediakan kendaraan mewah yang berstandar kenyamanan serta keamanan tinggi. Terutama  untuk berbagai acara penting kenegaraan, termasuk kendaraan kepresidenan.

"Pelantikan presiden merupakan momen yang bersejarah bagi bangsa Indonesia dan Mercedes-Benz bangga dapat kembali mendukung dan berpartisipasi dalam acara bersejarah ini. Apalagi bulan Oktober 2024 ini kami merayakan 54 tahun hadir di Indonesia,” ujar Roelof Lamberts, CEO PT Inchcape Indomobil Distribution Indonesia. 

Roelof menambahkan, dengan lebih dari lima dekade pengalaman, Mercedes-Benz selalu dipercaya sebagai penyedia kendaraan kepresidenan di Indonesia. Mulai dari era Presiden Soekarno hingga Presiden Jokowi. 

"Ini menunjukkan komitmen kami yang berkelanjutan terhadap keamanan dan kenyamanan para pemimpin bangsa. Kehadiran kami dalam acara pelantikan ini adalah bentuk nyata dari kontribusi kami untuk Indonesia,” tambahnya.

Sebagai informasi, Mercedes-Benz S-Class merupakan varian mobil mewah dari Mercedes-Benz. Jika ingin membeli secara pribadi, mobil tersebut saat ini dibanderol dengan harga dasar paling murah Rp 2,9 miliaran.

Adapun model yang dipakai adalah Mercedes-Benz S450. Melihat spesifikasinya, Mercedes-Benz S 450 dilengkapi dengan mesin enam silinder berkapasitas 2.999 cc dan transmisi otomatis 9G-Tronic.

Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 367 HP pada 5.500–6.100 rpm dan torsi 500 Nm antara 1.600 hingga 4.500 rpm. Rasio kompresinya adalah 10,5:1.

Untuk dimensi, mobil ini memiliki panjang 5.289 mm, lebar 1.954 mm, dan tinggi 1.503 mm. Tampilan Mercedes-Benz S-Class terlihat elegan dan mewah dengan warna obsidian black.

Mercedes-Benz S 450 tidak hanya dilengkapi dengan interior mewah, tapi juga berbagai fitur keselamatan. Seperti Active Line Keeping Assist, Pre-Safe impulse side, Sidebags di belakang, rear airbag, dan Adaptive Highbeam Assist Plus. 

Konsumsi bahan bakar mobil ini tercatat 9,6 liter per 100 kilometer dengan standar emisi Euro 6. Untuk akselerasi, Mercedes-Benz S 450 dapat melaju dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 5,1 detik, dengan kecepatan maksimum mencapai 250 km/jam.

Editor: Bayu Putra

Tag:  #puluhan #mercedes #benz #class #disiapkan #untuk #pelantikan #prabowo #gibran #spesifikasi #harganya

KOMENTAR