CEO Xiaomi Lei Jun bakal Alihkan Fokus ke EV, Tunjuk Pemimpin Baru untuk Tangani Smartphone
Founder dan CEO Xiaomi, Lei Jun mengumumkan kesiapan Xiaomi memasuki pasar EV (Beebom)
14:40
5 Februari 2024

CEO Xiaomi Lei Jun bakal Alihkan Fokus ke EV, Tunjuk Pemimpin Baru untuk Tangani Smartphone

  - Sebagai sebuah langkah yang menandakan ambisi Xiaomi yang semakin besar dalam industri otomotif, CEO Lei Jun telah mengumumkan restrukturisasi kepemimpinannya. Kini, Lei Jun yang juga merupakan pendiri Xiaomi itu akan fokus pada memperkuat bisnis kendaraan listrik.  

  “Xiaomi SU7 sedang menjalani uji jalan ekstensif di Tiongkok, dan kami sedang menyelesaikan persiapan peluncurannya,” kata Lei Jun di Weibo.   Lei Jun melanjutkan, dirinya akan lebih fokus pada kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) dan selanjutnya menunjuk Liu Weibing untuk menahkodai bisnis seluler.   "Untuk mendedikasikan lebih banyak perhatian pada bisnis otomotif, saya telah mendelegasikan manajemen umum merek Xiaomi kepada Liu Weibing. Saat ini, dia adalah Presiden Grup. Dia juga akan menjadi presenter di konferensi Xiaomi mendatang yang berfokus pada smartphone, dimulai dengan Xiaomi Mi 14 Ultra," imbuh Lei Jun.   Pergeseran ini diklaim menekankan komitmen perusahaan terhadap aspirasi kendaraan listriknya. Terlepas dari langkah strategis ini, Lei Jun meyakinkan para pemangku kepentingan agar tidak khawatir dengan langkah restrukturisasi yang dilakukan Xiaomi.    “Yakinlah, bisnis telepon seluler tetap menjadi inti Xiaomi, dan saya akan terus menginvestasikan energi yang signifikan di dalamnya," tegas Lei Jun.    Sebagai bagian dari pergantian kepemimpinan, Liu Weibing melakukan transisi dari Presiden Xiaomi Tiongkok untuk mengawasi seluruh divisi Seluler. Termasuk presentasi publik pada peluncuran besar ponsel pintar.    Dia mengundurkan diri sebagai pemimpin merek Redmi, menyerahkan tongkat estafet kepada Wang Teng Thomas. Wang memiliki pengalaman luas dalam jabatan tersebut, setelah sebelumnya menjabat sebagai Direktur Produk Xiaomi Baru dan memimpin kantor regional Tiongkok.   Keputusan Lei Jun mencerminkan investasi signifikan dan fokus yang ditempatkan Xiaomi dalam perjalanan otomotifnya. Meskipun perusahaan tetap berdedikasi pada akar ponsel pintarnya, perkembangan ini menggarisbawahi semakin pentingnya pasar kendaraan listrik dalam visi strategisnya.    Menarik untuk mengamati bagaimana perubahan kepemimpinan ini berdampak pada lintasan segmen kendaraan seluler dan listrik Xiaomi di tahun-tahun mendatang.  

  Intinya, penyesuaian manajerial ini menandakan penataan kembali strategis perusahaan untuk mendorong ambisi otomotifnya. Sambil memastikan pendekatan yang lancar dan terfokus pada bisnis inti telepon selulernya. Perusahaan bertujuan untuk memanfaatkan keahlian tim kepemimpinannya untuk mencapai kesuksesan di kedua bidang tersebut. (*)  

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #xiaomi #bakal #alihkan #fokus #tunjuk #pemimpin #baru #untuk #tangani #smartphone

KOMENTAR