Analisis Luis Milla: Spanyol vs Inggris, Butuh Faktor X untuk Jadi Juara Euro 2024
Pelatih Indonesia Luis Milla berteriak mengistruksikan pemainnya dari luar lapangan saat timnya berhasil menang telak 4-0 Indonesia pada pertandingan Grup A Asian Games ke-18 di Stadion Patriot, Bekasi Minggu (12/8). INASGOC/Charlie
19:54
14 Juli 2024

Analisis Luis Milla: Spanyol vs Inggris, Butuh Faktor X untuk Jadi Juara Euro 2024

Jelang partai final Euro 2024 antara Spanyol vs Inggris yang akan berlangsung Senin (15/7/2024) dinihari WIB, eks pelatih timnas Indonesia dan Persib, Luis Milla punya analisis tersendiri.

Luis Milla mengungkapkan bahwa kondisi sepak bola secara global telah berubah. Secara filosofi, kata Milla bahwa dasar dan taktik fisik serta permainan telah mengalami pergeseran lima atau 10 tahun ke belakang.

Luis Milla yang saat masih membela Spanyol kerap mengalami kutukan di partai perempat final Euro mengakui, La Furia Roja seperti sulit untuk bisa melangkah ke final dan menjadi juara.

"Sekarang Spanyol hampir selalu berada di posisi empat besar di sebuah turnamen. Hal ini tentu saja sangat memuaskan banyak pihak," kata Milla seperti dilansir dari Diario de Teruel, Minggu (14/7).

Baca Juga: Tiki Taka Out, Direct Football In: Revolusi Spanyol di Final Euro 2024: Inggris Bisa Apa?

Menurut Milla hal itu tentu saja dilatarbelakangi keinginan dari sepak bola untuk berubah, mengikuti perkembangan sepak bola kekinian.

Gelandang timnas Spanyol, Rodri merayakan kemenangan atas Prancis di semifinal Euro 2024. [Dok. AFP]Gelandang timnas Spanyol, Rodri merayakan kemenangan atas Prancis di semifinal Euro 2024. [Dok. AFP]

"Sekarang Spanyol beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan dalam sepak bola global dan itu jadi kesempatan untuk jadi pendorong tim menjadi lebih maju," sambunya.

Diakui oleh Milla, bahwa ia tak pernah memprediksi bahwa Spanyol bisa melangkah ke final Euro 2024. Apalagi jika melihat komposisi pemain muda yang belum punya jam terbang di kompetisi internasional.

"Saya tentu tidak menyangka bahwa kami bisa mencapai final. Tapi faktanya, kondisi sepak bola Spanyol sangat sehat dan baik. Konsep-konsep baru muncul dan dengan cepat diasimilasikan," jelas Milla.

"Bagi saya tim Spanyol menjadi tim terbaik di turnamen ini. Namun Anda selalu membutuhkan satu faktor lain untuk bisa meraih gelar di partai final," kata Milla.

Baca Juga: Nestapa Inggris, Satu-Satunya Juara Dunia yang Belum Pernah Menjadi Juara Piala Eropa

Final Euro 2024 Spanyol melawan Inggris (Antara)Final Euro 2024 Spanyol melawan Inggris (Antara)

Yang dimaksud Milla, satu faktor lain ialah bagaimana pemain bisa menentukan untuk mencetak gol serta faktor keberuntungan.

"Level yang sangat tinggi dan sedikit keberuntungan," ujar Milla.

"Saya berharap mereka terus berada di level itu dan dengan keberuntungan di pihak kami untuk bisa menambah koleksi satu piala Eropa," harap Luis Milla.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #analisis #luis #milla #spanyol #inggris #butuh #faktor #untuk #jadi #juara #euro #2024

KOMENTAR