Mengulik Kans Cristiano Ronaldo Pensiun Andai Portugal Kandas di 16 Besar Euro 2024 Hari Ini
Penyerang Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo tampil di Euro 2024. [PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP]
05:30
2 Juli 2024

Mengulik Kans Cristiano Ronaldo Pensiun Andai Portugal Kandas di 16 Besar Euro 2024 Hari Ini

Tak ada yang tak mungkin dalam sepak bola, termasuk Cristiano Ronaldo bisa saja pensiun dari level internasional andai langkah Timnas Portugal di Euro 2024 terhenti di babak 16 besar hari ini.

Penyerang gaek sekaligus kapten Timnas Portugal itu memang sudah sempat melempar kode siap gantung sepatu, setidaknya di sepak bola internasional setelah memperkuat negaranya sejak 2003 silam.

Cristiano Ronaldo baru-baru ini mengakui jika memang sudah tak muda lagi. Kebetulan, pemain berusia 39 tahun itu dan rekan-rekannya kini dihadapkan dengan laga knock-out di Euro 2024.

Portugal akan menantang Slovenia di pertandingan 16 besar Euro 2024 yang akan dihelat di Waldstadion, Frankfurt, Jerman, Senin (1/7/2024) malam waktu setempat atau Selasa (2/7/2024) dini hari nanti pukul 02.00 WIB.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Prancis vs Belgia, Duel Les Bleus vs Rode Duivels di 16 Besar Euro 2024

Secara kualitas pemain, Seleccao das Quinas --julukan Timnas Portugal--- tentu lebih dijagokan memenangkan pertandingan. Performa di fase grup Euro 2024 juga menunjukan Portugal lebih solid ketimbang Slovenia.

Namun, Portugal juga jangan terlalu jemawa. Pasalnya, belum lama ini di FIFA Matchday, Portugal takluk di kandang Slovenia pada pertandingan uji coba Maret lalu.

Menurunkan sejumlah pemain utamanya seperti Ronaldo, Pepe, Joao Cancelo, Vitinha, hingga Diogo Costa, Portugal kalah 0-2 dari Slovenia.

Nah, jika Portugal kalah lagi dari Slovenia dini hari nanti, apakah Ronaldo akan langsung pensiun dari tim nasional? Potensi itu sangat besar.

Penyerang Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo melakoni sesi latihan jelang pertandingan Euro 2024 melawan Turki di Signal Iduna Park, Dortmund, Jerman. [PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP]Penyerang Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo melakoni sesi latihan jelang pertandingan Euro 2024. [PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP]

Beberapa hari sebelum turnamen Euro 2024 dimulai, Ronaldo mengindikasikan jika dirinya siap berhenti dari sepak bola internasional. Ia memberi kode jika Piala Eropa kali ini adalah turnamen besar terakhirnya, dengan usianya kini sudah hampir menginjak 40 tahun.  

Baca Juga: Prediksi Prancis vs Belgia di 16 Besar Euro 2024: Preview, Skor, Link Live Streaming

"Saya tahu tidak punya waktu banyak lagi untuk bermain sepak bola. Saya kini berusia 39 tahun dan mencoba menikmati setiap menitnya, setiap detiknya. Saya mencoba menikmati untuk diri saya sendiri," kata Ronaldo seperti dikutip ESPN, pertengahan Juni lalu.

Membela panji Timnas Portugal sejak 2003 silam, Ronaldo sudah mencatatkan 210 caps bersama negara yang dicintainya dan mengoleksi 130 gol, top skor sepanjang masa sepak bola di level internasional.

Dua trofi utama telah berhasil dipersembahkan Ronaldo untuk Portugal, yakni Euro pada 2016 serta UEFA Nations League. Namun, CR7 belum bisa membawa negaranya berjaya di kancah Piala Dunia.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #mengulik #kans #cristiano #ronaldo #pensiun #andai #portugal #kandas #besar #euro #2024 #hari

KOMENTAR